Harga Karbu PE 28 Tetep Incaran Motomaniac!

harga karbu pe 28 asli dan palsu

Harga karbu PE 28 tidak lantas meningkat gila-gilaan seperti harga masker ketika awal pandemi. Meskipun banyak yang naksir, harga karburator PE 28 ini tetep humble dan “merakyat”.

Apa Itu Karbu PE 28 ?

Buat yang belum mengetahui apa itu Karbu PE 28, tentu akan bingung mengapa karburator ini sangat diminati para pencinta motor.

Karburator PE 28 adalah karburator asli bawaan motor Honda NSR SP 2-tak. Karburator ini memiliki nama lain PE 28mm karena memiliki ukuran venturi 28mm.

Karbu PE 28 ini memiliki ciri khas bentuk pada setting stationer yang menyerupai bintang dan memiliki warna kuning.

Menilik dari tren pencarian pencinta motor atas karbu PE 28 ini, sepenting apa sih peran karburator untuk sebuah motor?

Karburator : Sejarah dan Cara Kerja

harga karbu pe 28

Sebelum mengetahui berapa harga karbu PE 28, mungkin perlu diketahui sejarah ditemukannya benda ini.

Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz tahun 1885 dan dipatenkan 1886. Tahun 1893, insinyur kebangsaan Hungaria, Janos Csonka dan Donat Banki juga mendesain alat serupa karburator Benz.

Di Inggris, Frederick William Lanchester adalah orang pertama yang bereksperimen menggunakan karburator mobil.

Harga Karburator PE 28 , Definisi Karburator

Menurut Wikipedia, karburator adalah alat di motor yang mencapur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator digunakan di motor dan mobil lama.

Cara kerja karburator, seperti pada definisinya, adalah dengan cara menciptakan kabut dari gerak naik-turun piston dalam mesin pembakan dalam.

Pada dasarnya karburator bekerja menggunakan Prinsip Bernoulli: semakin cepat udara bergerak maka semakin kecil tekanan statis-nya namun makin tinggi tekanan dinamis-nya.

Pengelompokkan jenis Karburator

Karburator dapat dikelompokan menurut arah aliran udara, barel dan tipe venturi. Tiap-tiap karburator mengkombinasikan ketiganya dalam desainnya.

Arah aliran udara
Aliran turun (downdraft), udara masuk dari bagian atas karburator lalu keluar melalui bagian bawah karburator.
Aliran datar (sidedraft), udara masuk dari sisi samping dan mengalir dengan arah mendatar lalu keluar lewat sisi sebelahnya.
Aliran naik (updraft), kebalikan dari aliran turun, udara masuk dari bawah lalu keluar melalui bagian atas.

Barel

Sebuah karburator bertenaga tinggi dengan 4 barrel.
Barel adalah saluran udara yang di dalamnya terdapat venturi.

Single barel, hanya memiliki satu barel. Umumnya digunakan pada sepeda motor atau mobil dengan kapasitas mesin kecil.

Pada tipe ini semua kebutuhan bahan bakar pada berbagai putaran mesin dilayani oleh satu barel. Pada putaran mesin rendah, diameter venturi yang cenderung lebih besar dari tipe multi barel akan lebih lambat menghasilkan tenaga.

Multi barel, memimiliki lebih dari satu barel (umumnya dua atau empat barel), untuk memenuhi kebutuhan akan aliran udara yang lebih besar terutama untuk mesin dengan kapasitas mesin yang besar. Kecepatan aliran maksimal pada venturi karburator multi barel lebih kecil sehingga kerugian gesekannya pun lebih kecil.

Venturi


Venturi Tetap, pada tipe ini ukuran venturi selalu tetap. Pedal gas mengatur katup udara yang menentukan besarnya aliran udara yang melewati venturi sehigga menentukan besarnya tekanan untuk menarik bahan bakar.

Venturi bergerak, pada tipe ini pedal gas mengatur besarnya venturi dengan menggunakan piston yang dapat naik-turun sehingga membentuk celah venturi yang dapat berubah-ubah.

Naik-turunnya piston venturi ini disertai dengan naik-turunnya needle jet yang mengatur besarnya bahan bakar yang dapat tertarik serta dengan aliran udara. Tipe ini disebut juga “tekanan tetap” karena tekanan udara sebelum memasuki venturi selalu sama.

Merk Karburator: Kelebihan dan Kelemahannya

harga karbu pe 28

Kelebihan Harga Karbu PE 28

Kelebihan karburator PE 28 yang pertama yaitu memiliki desain yang terbilang cukup dinamis lengkap dengan skep yang dibentuk membulat dan umumnya berlapis chrome. Performa yang dimiliki karburator PE 28 ini sangat baik karena memiliki tarikan karburator yang cukup baik dan mudah diatur.

Harga Karbu PE 28 yang relatif murah dibandingkan manfaatnya yang bisa membuat kendaraan kamu melaju sekencang angin puting beliung.

Selain itu, perform yang dimiliki karburator PE 28 sangat baik. Karbu ini memiliki tarikan cukup baik dan mudah diatur. Sehingga sangat cocok bagi pencinta road race maupun drag race. Hal tersebut menjadi salah satu kelebihan karburator PE 28 yang menjadi pertimbangan banyak penggunanya.

Untuk penggunaan sehari-hari, karburator PE 28 ini sudah sangat cukup. Keihin PE28 jadi top of mind karena terpasang di motor “kencang” Honda NSR150 SP, jadi performanya tidak diragukan, setingnya juga tidak rumit.

Dengan alternatif jetting banyak di karbu lokal sperti karbu GL-Pro, Supra dll jadi tidak sulit mencarinya. Harga Keihin PE 28 juga tidak semahal tipe lainnya seperti PWK atau karbu khusus balap seperti Keihin FCR atau Mikuni TM

Kekurangan Karburator PE 28

Dilansir dari semisena.com, berikut ini beberapa kekurangan karburator PE 28 yang perlu kamu ketahui:

  1. Cenderung boros. Hal itu merupakan salah satu kekurangan karburator PE 28 ini, terutama ketika kapasitas mesinnya tidak lebih dari 130 cc. Bahkan, pada tipe karburator 2 tak dengan jarum skep yang sangat mudah mengecil.

2. Pengaturan spuyer yang tak sesuai juga sering dikeluhkan para penggunanya, apalagi untuk mesin di bawah 130 cc. Pasalnya, apabila menggunakan tipe karburator PE 28 ini, umumnya akan menemui kesulitan pada pengaturan jetting karburasinya. Meskipun demikian kekurangan karburator PE 28 tersebut tak membuat penggunanya surut.

Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Ganti Karbu PE 28?

harga karbu pe 28 semi sena

Kalau dihitung-hitung, karbu PE 28 termasuk karburator motor balap yang memang dirancang untuk motor balap lintasan.

Rancangan karburator tersebut tentu sudah sesuai dengan part lain yang juga terpasang di motor balap. Tujuannya untuk membuat kendaraan semacam NSR bisa melesat kencang di lintasan. Kalau motor kamu adalah motor bebek dan ingin memasang karbu PE 28, sebaiknya perhatikan hal berikut ini:

  1. Konsultasi dengan mekanik
  2. Sampaikan apa yang kamu inginkan dengan kendaraan kamu
  3. Proses pemasangan karbu “besar” ini akan memerlukan beberapa proses lain seperti porting polish
  4. Ubah saluran pembuangan supaya tenaga dorong juga besar

Daftar Harga Karbu PE 28

  1. Goyo PE 28 Karburator Rp 95.000
  2. Nagoya PE 28 Karnurator Motor Rp 149.000
  3. KNZ Karburator Honda NSR PE 28 Rp 110.000
  4. TDR PE 28 Karburator Rp 888.000
  5. Scarlet Racing PE 28 Racing Karburator Rp 255.000

Spesifikasi Harga Karbu PE 28 Per Merk Komersil yang Beredar di Indonesia

Daftar Harga Karbu PE 28 Terbaru :

Karburator PE 28 JAPAN (SUDCO) / PE 28 Racing
Tipe karburator pertama adalah Karburator PE 28 Japan (SUDCO) / PE 28 Racing. Seperti namanya, karburator ini merupakan produksi Jepang yang juga familiar di kalangan mekanik dengan sebutan karburator racing.

Karburator PE 28 JAPAN (SUDCO)

Bentuk fisik PE 28 Japan terlihat lebih halus dan rapih dengan sentuhan warna redup dan terdapat tulisan timbul dengan kata Keihin berukuran cukup besar yang tertera pada bagian botol skep.

Ada juga tulisan timbul lainnya dengan huruf PE pada bagian skep pendek dengan sudco jarum skep kuning emas dan warna putih pada tutup pj/mj, warna hitam pada pelampung yang bisa disetel, nosel buta, mangkok karbu dengan baut persegi 6, serta terdapat lubang sebagai sandaran selang napas.

Ciri lain pada PE 28 Japan adalah terdapat tulisan made in Japan dan memiliki choke yang menempel pada karbu (persis seperti karbu RX King) dan terdapat tutup baut berukuran besar pada bagian mangkuk karbu yang bisa dimanfaatkan untuk bolongan ketika mengganti pj/mj.

Dengan adanya bolongan ini anda tidak perlu membuka mangkuk karburator ketika melakukan bongkar pasang.

Spesifikasi Karburator PE 28 Japan (SUDCO) / PE 28 Racing

Bodi : Rapih dan halus dengan tampilan warna redup
Size PJ : 50
Size MJ : 150
Jarum skep berwarna : Kuning emas
Pelampung berwarna : Hitam, bisa di setting
Harga Karburator PE 28 japan (SUDCO) / PE 28 Racing

Bandrolan harga karbu pe 28 murah terbaru yang ditawarkan untuk setiap unit karburator PE 28 Japan orsinil berkisar antara 1.6 juta sampai 1.9 jutaan.

Karburator PE 28 TDR
Brand ternama untuk urusan otomotif ini memang jawaranya. Terbukti TDR telah memproduksi berbagai sparepart motor dengan kualitas yang jempolan.

Artikel Terkait : Poros Engkol Motor
karburator pe 28 TDR

Sementara pada luncuran karburator PE 28-nya, TDR memberikan identitas khusus supaya dapat dibedakan dengan produk abal-abal yaitu usungan warna redup pada tampilan karburator.

Tanpa adanya kata keihin pada botol skep, ukuran skep yang cukup panjang, tipe racing pada jarup skep dan dapat distel, warna putih pada pelampung serta tak bisa disetel, ada brand TDR di bagian mangkuk karburator dengan sentuhan emboss serta terdapat terdapat stiker hologramnya, dan ketrikan dari kode part.

Spesifikasi Karburator PE 28 TDR

Bodi : Rapih, halus dan berwarna redup
Size PJ : 42
Size MJ : 152
Jarum Skep berwarna : –
Pelampung berwarna : putih dan tidak bisa di setting
Harga Karburator PE 28 TDR

Mahar yang ditawarkan untuk setiap unit karburator PE 28 TDR teranyarnya berkisar antara 1 – 1.4 jutaan.

Karburator PE 28 KAWAHARA

Merek yang satu ini juga sudah familiar dikalangan pelaku modifikasi motor. Karakter pada karburator PE 28 Kawahara terlihat pada pelampungnya yang dipoles dengan warna putih tetapi tak bisa disetel.

Sementara jarum skepnya dikreasikan dengan tipe racing dan bisa disetel. Adapun mangkuk karburatornya ditandai dengan logo Kawahara dan terdapat ketrikan kode partnya.

Spesifikasi Karburator PE 28 KAWAHARA

Bodi : Rapih, halus dan berwarna redup
Size PJ : 42
Size MJ : 152
Jarum skep berwarna : –
Pelampung berwarna : Putih dan tidak bisa di setting
Harga Karburator PE 28 KAWAHARA

Dibanding beberapa merk sebelumnya, harga karbu PE 28 ori Kawahara diperkirakan mencapai 650 ribu sampai 850 ribu rupiah atau kurang dari sejutaan saja.

Dengan adanya informasi mengenai harga karbu PE 28 dari berbagai merk tersebut, semoga bisa menjadi pertimbangan untuk kamu sebelum memutuskan mengganti atau tidak mengganti karburator. Tentu ada konsekuensi desain dan finansial kalau kamu memutuskan mengganti karburator.

Kamu juga bisa membaca artikel lain tentang motor Starter, bagian motor yang harus kenali kalau kamu punya motor.

9 responses to “Harga Karbu PE 28 Tetep Incaran Motomaniac!”

  1. Joshua Santalucia Avatar

    Good day! I could have sworn I’ve been to this site before but after checking through some of the post I realized it’s new to me. Anyways, I’m definitely delighted I found it and I’ll be bookmarking and checking back often!

  2. An Birthwright Avatar

    Whats up! I simply would like to give a huge thumbs up for the nice information you have got here on this post. I will likely be coming again to your weblog for extra soon.

  3. Nathan Taniguchi Avatar

    I delight in, cause I discovered exactly what I was taking a look for. You’ve ended my 4 day long hunt! God Bless you man. Have a nice day. Bye

  4. puccio construction management new jersey Avatar

    I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you create this website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz respond as I’m looking to construct my own blog and would like to find out where u got this from. thanks

  5. Ashly Rattana Avatar

    Merci pour les bons écrire . Je arrivé recherche ce sujet pour un jour. Les articles et caractéristiques que vous montrez , je n’étais pas au courant . Je serai suivant votre site Web maintenant et idéalement vous ferez plus Idées et idées.

  6. Aron Salvador Avatar

    Vielen Dank für Die Guten Beitrag. Ich war recherchieren dieses Thema für irgendwann . Die Produkte und Besonderheiten Sie angeben, ich war nicht bewusst. Ich könnte sein nächste Ihre Website jetzt und idealerweise Sie können mehr Ansichten und Einsichten.

  7. Chang Kavanah Avatar

    I am glad for writing to let you be aware of what a useful discovery my wife’s girl obtained reading through your webblog. She mastered too many issues, not to mention what it’s like to possess an excellent giving character to make a number of people without hassle master specific complex subject areas. You undoubtedly did more than her expected results. Thanks for imparting those helpful, safe, explanatory not to mention fun tips about that topic to Ethel.

  8. Chong Pepka Avatar

    Merci pour les beaux écrire . Je suis recherche ce sujet pour un jour . Les objets et caractéristiques que vous montrez , je n’étais pas au courant . Je pourrait être suivant votre site Web maintenant et J’espère vous ferez en plus sentiments et idées.

  9. Kaitlin Ensey Avatar

    Cool blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere? A theme like yours with a few simple tweeks would really make my blog jump out. Please let me know where you got your design. Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =