fbpx

Tak cukup dengan mencuci untuk merawat eksterior mobil supaya tetap bening. Bodi perlu dilindungi, terutama jika kendaraan sudah harus istirahat alias tidak dipakai dalam waktu yang lama. Caranya menutupi dengan car cover atau biasa disebut selimut mobil. Selimut ini di desain tak sekadar untuk menyelimuti. Fungsi utamanya, mengusir debu, embun (parkir tanpa atap), dan kotoran binatang yang menempel pada bodi.

Bagi Anda yang biasa memarkir mobilnya di tempat yang tidak beratap pasti sudah sangat familier dengan yang satu ini, yaitu selimut mobil atau cover mobil. Sarung mobil ini berguna untuk melindungi mobil bagian luar dari berbagai masalah seperti hujan dan panas. Untuk digunakan di parkir dalam ruangan, tidak sedikit orang yang menggunakan cover mobil.

Tetapi terkadang ada beberapa cover mobil bisa merusak bagian luar mobil karena bahan yang kurang bagus. Lalu bagaimana cara mengetahui bagus tidaknya suatu cover mobil? Berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih selimut mobil yang bagus yang tepat.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Tips Memilih Selimut Mobil Yang Bagus

Hindari Penggunaan Cover Mobil 100% Sintetis

Penggunaan cover mobil yang berbahan 100% sintetis dapat menjadikan bodi mobil bagian luar cepat terlihat ada gesekan-gesekan, begitulah yang diungkapkan Denny Yohannes yaitu Technical Support dari Meguiar’s Indonesia.

Biasanya mobil yang sudah terkena hal tersebut akan terlihat pola gesekan sarang laba-laba pada bodinya. Maka hindarilah bahan cover mobil yang berbahan licin di bagian luar dan dalamnya.

Gunakan Cover Mobil Breathable Fabric

Bahan cover mobil breathable fabric sebenarnya lebih cocok digunakan untuk mobil yang diparkir indoor. Tetapi, tidak ada salahnya untuk menggunakannya di luar ruangan. Bahan Kain fabric bagus dipakai untuk melembabkan mobil bagian luar. Bahan selimut mobil yang bagus ini biasanya berongga (Perfotated) sehingga ada sirkulasi udara di dalam cover mobil tersebut.

Beberapa orang tidak menggunakan bahan fabric ini di luar ruangan, karena Fabric lebih dominan ke cover mobil indoor atau dalam ruangan. Untuk Anda yang tidak ingin menggunakan bahan fabric untuk cover mobil outdoor, Anda dapat menggunakan bahan yang dilapisi coating sehingga air tidak menumpuk di cover mobil dan membuat rusak bagian luar mobil.

BACA LAGI  Ketahui Harga Sarung Mobil Agya

Bahan Cover Mobil Satin dan Poliester

Bahan selimut mobil beragam, mulai dari plastik satu lapisan (bahannya licin), parasut atau poliester dan bahkan ada yang mengklaim waterproof alias anti-air. Asal tahu, untuk cover yang licin, tak sepenuhnya bodi terlindungi. Apalagi jika ada pori-pori dari bahan yang terbuka, air begitu gampang masuk dan menyentuh permukaan mobil. Dampaknya, air yang menghinggap lama menimbulkan bekas noda.

Ciri Selimut Mobil Berkualitas

Selimut mobil yang bagus memiliki bahan yang terdiri dari beberapa lapisan. Biasanya terdiri dari 4 sampai 5 lapisan dan yang terluar merupakan bahan propylene yang anti-air. Selain itu, mampu menahan sinar ultraviolet. Lapisan kedua breathable dalam arti bisa “bernafas”. Fungsinya mengeluarkan uap-uap air yang kadang menempel, juga mengurangi genangan air yang bandel.

Lapisan ketiga berfungsi sebagai penguat dan proteksi, sedangkan lapisan paling dalam (menempel ke bodi) dengan bahan yang halus (mirip wool), tugasnya mengurangi gesekan dengan bodi mobil. Karena fitur-fitur yang lengkap, harganya cukup tinggi. Untuk merek seperti Prestige atau Softbond dibanderol di atas Rp 600.000 bahkan mencapai sekitar Rp 1 juta. Untuk pemakaian indoor atau kontes boleh menggunakan bahan satin.

Kombinasi 4 lapisan cover mobil yang terbaik

Cara untuk mengetahui selimut mobil yang bagus yaitu dilapisi coating atau tidaknya adalah dengan menyiramkan air ke cover tersebut. Cover tersebut baik digunakan untuk di luar ruangan apabila efeknya seperti air yang dijatuhkan ke daun talas.

Lapisan pertama berguna untuk menahan air hujan dan sinar matahari. Lapisan kedua untuk media bernafas yang memiliki pori-pori dalam menghindari embun ketika penguapan udara. Lapisan ketiga untuk penguat dan pelindung lapisan lain. Lapisan keempat meminimalisir terjadinya gesekan dan lecet ketika cover mobil di pasang atau dilepaskan.

Di pasaran aksesori otomotif, banyak sekali produk-produk selimut mobil yang bagus ditawarkan. Harganya beragam, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga satu juta-an. Semua tergantung bahan dan ukurannya. Namun, sebelum membeli dan memakainya, ada beberapa informasi penting cara penggunaan, juga memilih produk yang baik.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!