,

Pengaman Kaca Spion Mobil Anti Maling : Mobil Aman, Hati Tenang, Dompet Nyaman

pengaman kaca spion mobil anti maling

Pengaman kaca spion mobil anti maling dirasa tidak perlu apabila kamu merasa aman-aman saja dengan aksesoris kendaraan roda empat tersebut. Tapi, bagi yang pernah kehilangan spion, mereka kemungkinan was-was sesaat setelah memarkir mobil di luar ruangan.

Fungsi Spion Mobil dan Mengapa Ia Sangat Berharga

Sudah jelas, fungsi kaca spion adalah untuk membantu pengendara mobil mengetahui objek yang ada di belakang mobil.

Jenis-jenis Spion Mobil dan Kegunaannya

1. Spion Tambahan
Jenis kaca spion mobil ini digunakan sebagai pelengkap kaca spion mobil yang sudah ada. Spion ini biasanya diletakkan menempel dengan spion luar, berguna untuk objek yang ada di titik buta (blind spot) yang tidak tertangkap pada spion standar di mobil.

Spion tambahan ini, ada juga yang diletakkan di atas fender ban depan, yang berfungsi sebagai pengukur jarak roda dengan trotoar, got atau pembatas jalan lainnya.

2. Spion Dalam
Letak spion ini ada di bagian dalam mobil sebagai interior, pada umumnya menempel pada plafon mobil di bagian depan dekat kaca, namun ada juga beberapa produsen mobil yang meletakkan spion dalamnya menempel jadi satu dengan kaca depan.

Fungsi spion dalam ini adalah untuk membantu pengemudi melihat objek yang berada di sisi belakang mobil. Hal ini berguna ketika parkir mundur atau saat mengatur jarak dengan kendaraan yang berada di belakang mobil. Spion dalam ini diatur menggunakan cara manual.

3. Spion Luar

Seperti namanya, spion luar tugasnya jelas, letaknya juga berada di luar. Umumnya letak kaca ini menempel di sudut pintu depan kiri dan kanan.

Melalui kaca spion luar ini, pengendara dapat melihat ke bagian belakang mobil, lebih tepatnya pada sisi kiri belakang dan kanan belakang. Idealnya, kaca spion luar harus bisa merefleksikan seperempat bagian body mobil.

Spion luar ini bisa diatur secara elektrik, namun masih ada juga yang diatur secara manual. Dan spion luar ini jugalah yang sering jadi sasaran maling spion mobil.

Pengaman kaca spion mobil anti maling untuk spion tidak hanya penting, tapi sangat penting. Kami tidak ingin kamu membayangkan atau mengalami kejadian ini: setelah rapat panjang, deal belum terjadi, kamu ingin segera kembali dan mandi sore tapi tiba-tiba kamu melihat dua spion luar mobilmu raib ditelan angin.

Fungsi Lain Spion Mobil

Selain sebagai hiasan, spion mobil punya fungsi lain yang sangat penting. Fungsi itu antara lain :

  1. Mencegah terjadinya tindak kriminalitas

Untuk kamu yang sering berkendara malam atau melalui daerah yang rawan tindak kejahatan, spion dapat menjadi alat pemantau bagian belakang kendaraan yang membuat Anda dapat selalu awas terhadap gerak-gerik mencurigakan.

Pelaku kejahatan jalanan seperti pembegalan biasanya membuntuti korban sampai ke tempat sepi sebelum menjalankan aksinya. Karena itu jika ada kendaraan yang terus menerus mengikuti kamu atau membuntuti kendaraan kamu secara beriringan, kamu dapat coba menepi di tempat yang agak ramai atau segera meminta bantuan dari pihak yang berwajib.

2. Mengurangi Resiko Kecelakaan

Spion adalah salah satu alat bantu berkendara yang berperan sangat vital dalam mengurangi risiko kecelakaan.

Survei yang dilakukan oleh salah satu produsen kendaraan roda dua di Jepang menunjukkan bahwa kendaraan yang tidak dilengkapi spion memiliki risiko 78% lebih rentan mengalami kecelakaan di jalan daripada kendaraan yang memiliki spion lengkap.

3. Memetakan Posisi Kendaraan

Seirama dengan poin kedua, fungsi penting spion adalah untuk membantu pengendara memosisikan kendaraan di tempat parkir atau di jalan raya.

Beberapa model kendaraan roda empat saat ini memang sudah dilengkapi dengan fitur canggih seperti sensor pengaman dan kamera parkir yang menunjukkan bagian belakang mobil secara jelas. Tetapi, terlepas dari semua teknologi tersebut, spion tetaplah alat bantu terpenting untuk melakukan parkir pararel secara sempurna.

Bisa dibayangkan, kan, betapa ngerinya kalau spion luar mobil sampai hilang digondol pencuri?

Beragam Cara Pengaman Kaca Spion Mobil Anti Maling

Ada beberapa faktor mengapa ada banyak kasus pencurian spion mobil, terutama di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Beberapa faktor tersebut ada campur tangan dari eksternal maupun internal. Tentu saja, faktor eksternal sulit dihandle.

Pengaman Kaca Spion Mobil Anti Maling : Perlu Adanya Perbaikan Ekonomi

Apalagi yang membuat seseorang mencuri spion mobil selain faktor ekonomi. Entah karena terdorong kebutuhan primer atau karena gaya hidup yang menjadi kebutuhan. Yang pasti, kebutuhan ekonomi juga mendorong seseorang melakukan hal yang melukai hukum.

Faktor Internal Sang Pencuri

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pencuri selalu memiliki motif ketika mencuri. Pada dasarnya, menurut teori Common Man Theft Syndrom, menyebutkan bahwa latar belakang seseorang mencuri adalah faktor kebutuhan.

Artinya, seorang melakukan pencurian didasari alasan karena ia butuh uang untuk keperluan dirinya. Kebutuhan yang dimaksud pada teori ini biasanya mendesak dan mungkin harus dilunasi.

Atau, bisa juga untuk memenuhi gaya hidup. Bisa jadi, seorang pencuri punya gaya hidup glamor tapi kebutuhan hidupnya ditopang dengan uang hasil penjualan barang curian.

Menindak Para Penadah Barang Curian

pengaman kaca spion mobil anti maling

Tidak ada asap kalau tidak ada api. Meskipun pengaman kaca spion anti maling sudah secanggih mobil presiden, tapi kalau masih ada rangkaian pencuri, pendadah, dan pembeli, maka maling spion akan sulit ditumpas.

Pengaman Kaca Spion Mobil Anti Maling

Sebagai alat bantu yang berfungsi untuk membantu pandangan pengendara ke bagian kiri dan kanan kendaraan. Bagian kendaraan ini harus selalu ada di kendaraan meskipun hanya satu. Itupun harus bagian kanan.

Karena bagian ini penting, kamu harus cari cara sebagai pengaman kaca spion mobil anti maling.

Pengaman Kaca Spion Mobil Anti Maling: Menggrafir Spion dengan Nomor Polisi

Cara ini disebut sebagai cara yang sangat murah: cukup menandai spion dengan nomor polisi kendaraan roda empat kamu. Tapi, efek samping dari cara ini adalah, kalau kamu berniat menjual lagi mobil yang pernah kamu kendarai, harganya bisa turun.

Kalaupun harga jual kembali (buyback) mobil tidak turun, tetap harus ganti spion supaya bisa dinaikkan harganya.

Pengaman Kaca Spion Mobil Anti Maling : Pasang Alarm Mobil

Di tengah wabah Corona seperti sekarang ini, mengamankan mobil dengan cara memasang alarm adalah hal wajib. Meskipun tidak sedikit pencuri yang berhasil mengakali sistem alarm ini, namun masih efektif memperlambat aksi pencurian spion mobil.

Gunakan Cover Mobil CoverSuper

Dari semua cara pengaman kaca spion mobil anti maling, cara ini adalah yang paling mudah dan tetap menjaga harga jual kembali mobil kamu: yup! betul banget. Gunakan cover mobil setiap kali mobil kamu diparkir di luar garasi.

Sarung mobil ini, selain mengurangi kemungkinan pencurian kaca spion mobil, juga mengurangi debu dan kotoran menempel pada body kendaraan roda empat kamu. Jadi dapet dua keuntungan sekakaligus, dong?

Gunakan cover mobil yang memiliki kualitas anti air 99%, lembut dan tidak menggores permukaan cat mobil, permukaan tetap slim namun memberikan ruang untuk udara supaya ketika mobil ditutup cover, tidak pengap.

Semoga artikel pengaman kaca spion mobil anti maling ini bermanfaat. Jangan lupa share ke temen-temen, ya…

Baca Juga: Maling Spion Mobil Paling Ngincer Ini! Kaca Spion Mobil Kamu, Amanin, Gih!

One response to “Pengaman Kaca Spion Mobil Anti Maling : Mobil Aman, Hati Tenang, Dompet Nyaman”

  1. […] punya paru-paru, jadi dia tidak bisa batuk. Maaf, bercanda. Yang pasti, baca juga Pengamanan Spion Mobil Dengan Cara Ini, Dompet Tenang, Hati […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 20 =