Harga Pom Mini : Bentuk Mini, Cuan Maxi

Harga pom mini atau replika pom bensin atau bahan bakar ini cukup terjangkau. Mengapa cukup terjangkau? Sebagai benda yang digunakan sebagai perlengkapan kerja, pom mini ini memiliki banyak benefit.

Pertamini Tidak Sama Dengan Pertamina Mini

Pom Mini adalah stasiun pengisian bahan bakar mini yang menjual bahan bakar eceran yang menggunakan alat pompa manual atau bahkan dispenser laiknya SPBU.

Pom tiruan SPBU ini sudah ada di Indonesia sejak 2012 dan marak sejak 2014. Keberadaan Pompa bensin mini menjadi alternatif terbaik bagi kendaraan yang kehabisan bahan bakar dan jarak SPBU masih jauh.

Dianggap Ilegal Oleh Pertamina

Kehadiran Pertamini rupanya dianggap ilegal oleh PT. Pertamina. Alasanya, sebagai salah satu penyalur resmi bahan baka dan gas, Pertamini–kata yang sering disematkan di tiruan mesin SPBU– itu bukan bagian dari PT. Pertamina.

Selain itu, dari segi keamanan, menurut Kemendag –Kementrian Perdagangan Republik Indonesia– menyatakan bahwa aspek keamanan pom mini atau Pertamini ini masih sangat kurang.

Sudah Ada SPBU Pertamini

Keberadaan Pertamini yang dianggap ilegal oleh PT. Pertamina karena tidak sesuai BPH Migas Nomor 6 Tahun 2015 dan juga Undang-Undang Migas Nomor 22 Tahun 2001 pasal 55 yang menyebutkan bahwa semua perdagangan migas yang tidak memiliki izin usaha dapat dikenai hukuman atau denda.

Munculnya SPBU Pertamini adalah sub-SPBU alternatif yang diberikan PT.Pertamina yang bekrjasama dengan UMKM Jawa Timur untuk memperluas margin SPBU dengan investasi kisaran 75-100 juta rupiah.

Lebih Memilih Pom Mini Karena Harga Pom Mini Lebih Murah

harga pom mini 1

Dibandingkan dengan harga pom mini yang mulai di kisaran 6,5 juta sampai 25 juta, SPBU mini tentu membutuhkan lebih banyak modal. Selain itu, margin yang diberikan Pertamina untuk SPBU Pertamini pun maksimal Rp 500,- per liter. Kalau kapasitas SPBU mini hanya 200 liter, berapa margin yang diperoleh sebulan?

Dengan besarnya modal yang dikeluarkan dan margin yang tipis, para pemilik kios yang ingin menjual bahan bakar seperti minyak dan gas tentu saja lebih memilih pom mini. Harga pom mini lebih terjangkau dan mereka bisa mengambil untung lebih banyak.

Dari sudut pandang aturan Metrologi Legal yang terkandung dalam UU Nomor 2 Tahun 1981, menjual bahan bakar tidak sesuai takaran atau mencurangi takaran adalah bentuk pelanggaran.

Harga Pom Mini dan Spesifikasi Pompa Bensin Mini Tersebut

Ketika Masih Botolan, Kadang Hilang Sebotol-Botolnya

Kalau teman-teman melihat penjual bensin eceran di pinggir jalan, sebagian besar penjualnya selalu membuat kotak khusus untuk meletakkan botol-botol berisi bensin di dalam kotak tersebut.

Kenapa sampai harus dibuatkan kotak untuk menyimpan botol segala? Karena menjual bensin eceran di pinggir jalan dengan botol rawan pencurian. Bisa dibayangkan, laba cuma lima ratus perak, harus rugi botol dan bensin yang harganya bisa sepuluh ribu sendiri.

Munculnya pompa bensin mini yang mirip dengan mesin SPBU sebenarnya memberikan alternatif keamanan bagi para penjual bensin eceran pinggir jalan supaya barang dagangannya aman.

Lebih Dipercaya Pembeli

Sebagian besar pembeli bensin di Pertamini sebenarnya sudah menyadari perbedaan harga yang akan dipatok penjual bensin eceran. Dan mereka tidak bermasalah dengan hal itu karena kepepet, bensinnya habis.

Secara alam bawah sadar pun, dengan menggunakan pompa bensin seperti SPBU, pembeli bensin merasa lebih nyaman karena sudah terbiasa dengan hal tersebut.

Spesifikasi Pom Mini (non SPBU) yang Direkomendasikan

harga pom mini

Pom mini merupakan alat penjualan bensin rumahan yang sekarang sedang hangat dibicarakan di tengah masyarakat.

Spek mesin sangat berpengaruh terhadap harga pom mini yang akan digunakan. Berikut ini spek pom mini yang dinukil dari pertaminiku.com :

  1. Casing berbahan plat besi tebal
  2. sUkuran casing atau box 195 cm x 95 cm x 40 cm untuk mesin satu (1) dan dua (2) nozzle sistem tanam
  3. ukuran 195 cm x 95 cm x 75 cm untuk 1 nozzle portable kapasitas 200 liter
  4. ukuran 195 cm x 110 cm x 75 cm untuk 2 nozzle portable dengan kapasitas 200 liter
  5. Ukuran 195 cm x 125 cm x 80 cm untuk mesin 2 nozzle portable kapasitas 400 liter
  6. Ukuran 195 cm x 110 cm x 40 cm untuk mesin 3 nozzle sistem tanam
  7. Cat duco dengan kombinasi cat top colour, efoksi katina, thiner balck cobra, dan clear lux sebagai finishing
  8. Elektronik controller/ CPU HDM dual kalibrasi dengan display LCD dan atau segmen tergantung pesanan
  9. Cover Window Custom, Boat Nozel Swift Custom, Sign Glass Oil indicator
  10. Alat ukur menggunakan flow Aichi Sensor dan menggunakan alat ukur assymeter/ E meter Tatsuno atau tergantung pesanan
  11. Selenoid Dual Valve berfungsi sebagai pengatur kecepatan minyak laju akhir
  12. Pompa hisap gearpump atau dengan dengan sentrifugal dengan mmodifikasi sirkulasi yang dirancang khusus untuk minyak atau bensin.
  13. Instalasi pipa Galfanis ukuran 3/4 inch dan selang baja standar mesin SPBU
  14. Hose Swifle 4 meter
  15. Nozzle gun standar HIT, OPW, TJA, OPN, dan lain-lain.
  16. Pengoperasian mesin mudah seperti mesin pompa SPBU
  17. Ada histori penjualan yang dilengkapi password sehingga aman apabila pemilik pertamini akan meng-hire karyawan.

Dengan spesifikasi selengkap itu, pihak pertaminiku.com menawarkan harga pom mini ini kisaran 25-60 juta-an. Harga pom mini dengan spek seperti itu diklaim worth dengan harga yang dibayarkan mengingat fungsinya sangat mirip dengan mesin pompa bensi SPBU.

Jadi, Sebaiknya Pakai Pom Mini atau Tetap Botolan Saja?

Harga Pom Mini yang Direkomendasikan Masih tetap Tinggi

Pertanyaan ini wajib dijawab dengan jujur. Terutama melihat keadaan atau kondisi ekonomi keuangan kamu. Apakah kamu sanggup untukmengeluarkan biaya kisaran 30-60 juta untuk memboyong mesin tersebut? Apakah kamu siap untuk tidak merokok di dekat mesin selama menunggu orang datang membeli?

Perhatikan dan pertimbangkan beberapa hal ini sebelum kamu membeli pompa bensin mini:

  1. Lokasi : Pastikan lokasi tempat kamu berjualan nantinya adalah lokasi yang dekat jalur utama dan berada di persimpangan menuju jalur kota. Atau, kamu memiliki lokasi menuju pusat perbelanjaan, pasar, atau mall. Kalau tidak ada, lokasi menuju sekolahan, kampus, perkantoran, atau lokasi jalan menuju perumahan.
  2. Gunakan pompa bensin dengan spek yang bisa dipertanggungjawabkan. Harga pom mini yang murah bisa jadi banyak spek yang tidak disediakan oleh penjual. Padahal, spek berhubungan erat dengan keamanan: penjual, pembeli, dan lingkungan sekitar tempat berjualan bahan bakar tersebut.
  3. Jangan terburu-buru meraup untung dengan cara mengurangi takaran. Cukup sampaikan pada pembeli bahwa kamu mengambil untung 1000/liter (atau 2000,dst), dan pembeli akan maklum dengan hal itu.
  4. Sudah adakah SPBU di dekat tempat kamu akan mendirikan pertamini? Kalau sudah ada, sebaiknya jangan menggunakan pompa bensin, cukup dengan botolan saja. Kenapa? biasanya hanya yang kehabisan bensin dan capek mendorong kendaraan lah yang akan membeli bensin eceran.
  5. Apakah kamu ikut-ikutan saja? Membuka usaha memang perlu keberanian, tapi merawatnya perlu ilmu. Kalau kamu hanya ikut-ikutan saja, mending ga usah, deh. Botolan saja.

Semoga artikel harga pom ini membantu kamu menentukan usaha yang akan kamu jalani. Yang terpenting, kalau kamu punya kendaraan seperti motor atau mobil, jangan lupa untuk membeli cover motor atau cover mobil di produsen cover terbaik Indonesia : Cover Super, ya…

Baca juga tips Kredit Mobil Honda Brio Ini kalau kamu kepikiran mau kredit mobil sebelum membeli mesin pertamini!