Harga Kredit Honda Brio 2020 : Nyicil Apa Cash Aja? Kelebihan dan Kekurangan Kredit Kendaraan di Musim Pandemi

harga kredit honda brio

Harga kredit Honda Brio tahun 2020 ini bisa bikin ketar-ketir dompet kamu. Di satu sisi, kamu memerlukan mobil untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Terlbih saat pandemi, kendaraan roda empat pribadi, menjadi pilihan terbaik sebagai moda transportasi yang dianggap aman dari Covid-19.

Beragam Promo

Dealer mobil, sebagai penyedia kendaraan roda empat, tentu harus memutar otak. Adanya pandemi, penjualan mobil pada merek tertentu turun drastis. Selain karena faktor luar atau geopilitik, antara China dan Amerika, yang berimbas langsung kepada bisnis otomotif Indonesia, ada juga yang penjualannya meningkat drastis.

Pihak penyedia kendaraan tidak bisa serta merta menurunkan down payment (DP) untuk mengabulkan permohonan kredit karena pandemi. Yang ada, mayoritas justru menaikkan DP di tengah situasi yang tidak bersahabat itu.

Gairah Perkreditan Mobil Meningkat di Juni 2020

Setelah mengalami penurunan penjualan signifikan karena pandemi Covid-19 dan kebijakan meningkatkan downpayment untuk menghindari resiko kredit macet, semangat mengkredit kendaraan roda empat ini mulai meningkat bulan Juni 2020.

Peningkatan ini terjadi setelah adanya penurunan minimal DP untuk memiliki sebuah mobil. Pihak dealer tentu saja bisa memastikan bahwa minimal DP diturunkan untuk menarik minat pembeli supaya bisa membeli mobil di saat seperti ini.

Harga Kredit Honda Brio

Membeli secara kredit ata dicicil sekarang menjadi pilihan wajar bagi hampir sebagian besar orang Indonesia. Keterbatasan dana karena perbedaan ekspektasi kendaraan dengan budget yang dimiliki menjadi faktor terbesar mengapa masih banyak yang meilirik membeli mobil secara kredit.

Fasilitas DP dari dealer termasuk bagian dari relaksasi pemulihan ekonomi karena dampak Covid-19. Seperti yang diketahui, bermula dari perang dagang China Amerika, adanya pandemi Covid-19, semua sektor industri hampir terkena imbasnya,kecuali sektor kesehatan.

Dari harga kredit Honda Brio yang naik 45-50% menjadi 20-25%, salah satu alasannya untuk meningkatkan sektor industri otomotif yang terpuruk akibat Covid-19.

Simulasi Harga Kredit Honda Brio tahun 2020

Simulasi kredit adalah memperagakan pembayaran kredit oleh debitur selama jangka waktu yang ditentukan. Peragaan ini dimaksudkan supaya debitur memahami dan mengerti berapa banyak biaya yang harus dipersiapkan untuk mengangsur kendaraan tersebut.

Sebelum memutuskan untuk kredit kendaraan roda empat seperti Honda Brio di tahun 2020 ini, alangkah bijaknya untuk melihat simulasi kredit terlebih dahulu. Setelah itu, pertimbangkan dengan pihak lain seperti keluarga atau pasangan supaya ada pandangan lain terhadap kredit tersebut.

Berikut ini contoh Simulasi Harga Kredit Honda Brio dinukil dari salah satu web otomotif terpercaya.

harga kredit honda brio 2020
oto.com

Dari gambar di atas, dapat dilihat komponen harga kredit Honda Brio melilputi harga Honda Brio di wilayah tertentu, jumlah DP, tenor, dan jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulan.

harga kredit honda brio 2020 1
cermati.com

Setiap dealer akan memberikan kebijakan berbeda atas jumlah DP yang wajib disetorkan untuk mendapatkan fasilitas cicilan tersebut.

Persyaratan Pengajuan Kredit Mobil Honda Brio

Kredit mobil adalah salah satu cara yang kerap digunakan sebagian orang untuk bisa memiliki kendaraan roda empat tersebut.

Setelah mengetahui simulasi harga kredit Honda Brio di atas, sebaiknya kamu mengetahui mekanisme kredit mobil terlebih dahulu.

Mekanisme ini berkaitan dengan perencanaan keuangan yang kamu miliki, syarat, dan lamanya (tenor) masa kredit yang akan berlangsung. Jangan sampai, hanya karena ingin memiliki mobil, sampai harus memberatkan neraca keuangan kamu dan defisit.

Ini persyaratannya :

  1. WNI
  2. Usia 21-60 th
  3. Berdomisilli di Indonesia
  4. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki
  5. Siapkan dokumen pribadi
  6. Pilih leasing terpercaya
  7. Sediakan Downpayment atau uang muka
  8. Tentukan masa kredit

Dokumen yang dibutuhkan untuk kredit mobil:

  1. Kartu Identitas (KTP/SIM/Passport) beserta fotokopi
  2. Slip gaji
  3. Kartu Keluarga (KK/C4) beserta fotokopi
  4. Bukti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau rekening listrik/PDAM
  5. NPWP
  6. Tagihan Kartu Kredit 3 bulan terakhir (jika memiliki) beserta fotokopi
  7. Keterangan Izin Praktek (Untuk praktisi seperti Pengacara, Dokter, dan profesional lainnya)
  8. Akta Pendirian Perusahaan dan SIUP (Bagi Pengusaha atau perusahaan) beserta fotokopi

Besaran Downpayment atau DP

Uang muka atau isitlah kerennya adalah DP/ downpayment adalah sejumlah biaya yang wajib dibayarkan sebelum dilaksanakan kredit. Hal ini juga berlaku dalam dunia leasing atau perkreditan mmobil.

Besaran downpayment diatur dan ditetapkan oleh Bank Indonesia melalui peraturan nomor 17/10/PBI/2015 mengenai rasio Loan to Value (LVI) untuk pembiayaan kendaraan bermotor ditetapkan bahwa uang muka yang harus dibayarkan untuk kredit mobil berkisar 20-25%.

DP tersebut tidak termasuk biaya administrasi, asuransi, dan bunga kredit. Besaran DP ini akan menentukan besaran cicilan yang akan dibayarkan di bulan berikutnya. Semakin besar DP, semakin ringan cicilannya. Begitupula sebaliknya.

Tips Supaya Kredit Mobil Kamu Disetujui

Setelah membaca harga kredit Honda Brio, besaran downpayment, dan persyaratannya, kamu masih harus dag-dig dug menunggu keputusan dealer menyetujui proposal pengajuan tersebut.

Untuk itu, sebelum kamu benar-benar memilih untuk kredit kendaraan bermotor, sebaiknya kamu perhatikan beberapa point di bawah ini:

  1. Memiliki catatan rekening pribadi yang baik
  2. Hubungi dealer terdekat dengan tempat kamu tinggal atau domisili
  3. Atau, hubungi teman kamu yang bekerja di dealer mobil
  4. Pilih kendaraan dengan harga terjangkau

Kenapa kamu harus memiliki catatan rekening pribadi yang baik? Karena ini menyangkut 5 C, yaitu Character, Collateral, Capital, Condition, dan Capacity. 5C tersebut dijadikan penentu oleh pihak Dealer untuk memberikan kamu kredit mobil atau tidak.

Jadi, walaupun kamu sudah DP besar di awal, persyaratan lain oke, tapi ditemukan bahwa kamu memiliki Character yang buruk terhadap pinjaman, maka pihak Dealer tidak akan segan menolak permohonan kredit yang kamu ajukan.

Atau, secara karakter sudah baik, persyaratan dan dokumen lain aman, tapi dari rekening pribadi kamu tidak menunjukkan kalau kamu memiliki capacity untuk membayar angsuran, maka Dealer pun bisa menolak kamu.

Kelebihan Harga Kredit Honda Brio

Kelebihan Membeli Kendaraan Secara Kredit

Sebagai salah satu benda yang bisa dijadikan aset (tergantung bagaimana kamu akan menggunakan kendaraan tersebut), mobil sudah pasti dapat menunjang kegiatan sehari-hari manusia.

Kelebihan mutlak tersebut membuat mobil memiliki nilai tinggi di masyarakat. Namun, dengan harga yang masih kurang terjangkau, membuat penduduk Indonesia tidak seluruhnya memiliki kendaraan roda empat ini.

Untuk mengatasi kesenjangan itulah, hadir leasing untuk membantu sebagian masyarakat yang sangat memerlukan mobil sebagai alat transportasi keseharian mereka.

Berikut ini keuntungan membeli mobil secara kredit:

  1. Proses cepat
  2. Bisa menentukan cicilan bulanan
  3. Mendapat perlindungan asuransi
  4. Bila digunakan sebagai aset produktif seperti penyewaan mobil, bisa menambah perputaran modal.
  5. Kemungkinan lunas lebih besar (relatif)

Kekurangan Harga Kredit Honda Brio

Kekurangan Membeli Mobil Secara Kredit

Selain kelebihan kredit mobil, membeli kendaraan roda empat secara kredit ternyata juga memiliki kekurangan. Berikut ini kekurangan membeli mobil dengan sistem kredit:

  1. Kamu perlu menyiapkan dana dalam jumlah besar untuk DP
  2. Apabila kendaraan mobil tersebut hanya digunakan sebagai moda transportasi sehari-hari, kredit mobil bisa menambah beban pengeluaran bulanan.
  3. Menambah utang (itu pasti)
  4. Apabila bunga kredit ternyata tinggi, dan keadaan sosial politik tidak menentu, maka akan menjadi beban yang dapat menganggu psikis kamu.
  5. Jika dihitung-hitung, membeli mobil secara kredit akan jauh lebih mahal dibanding membeli secara cash.

Jadi, Gimana? Cash atau Kredit, nih?

Semua kembali kepada kemampuan finasial yang kamu miliki, Sobat. Kalau kamu memiliki cukup dana simpanan untuk kebutuhan sehari-hari hingga 7 tahun kedepan, dan masih ada uang lebih untuk membeli mobil secara cash, maka belilah kendaraan secara cash.

Kalau kamu belum memiliki cukup dana sisa untuk membeli kendaraan secara cash, sebaiknya ditunda dahulu.

Lebih baik, rawat dulu kendaraan yang dimiliki sekarang. Kalau sudah punya mobil, jangan lupa dibelikan cover mobil di Cover Super. Kalau punyanya baru motor, belikan cover motor. Yang penting, jangan sampai kamu harus jual organ tubuh demi kendaraan yang “kamu inginkan” tapi tidak kamu butuhkan.

Semoga info harga kredit Honda Brio ini bermanfaat, ya.. teteap jaga kesehatan dan kebahagiaan.

BAca juga Harga Kredit Motor R15 Ini Bikin Kamu Pengen Ganti Motor!

3 responses to “Harga Kredit Honda Brio 2020 : Nyicil Apa Cash Aja? Kelebihan dan Kekurangan Kredit Kendaraan di Musim Pandemi”

  1. […] juga tips Kredit Mobil Honda Brio Ini kalau kamu kepikiran mau kredit mobil sebelum membeli mesin […]

  2. […] juga : Harga Kredit Mobil Honda Brio Ini Bikin Kamu […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =