Harga Mobil Kijang Bekas DIbawah 50 Juta yang Wajib Kamu Catet!

Feb 18, 2020 | Mobil, Tips | 0 comments

Sebelum Harga Mobil Kijang Bekas Dibawah 50 Juta, Begini Sejarah Singkat Kijang  di Indonesia

Nama mobil Kijang, produk dari Toyota Astra Motor dan Toyota Motor Corporation ini, adalah hasil sayembara dari konferensi internal. Konferensi internal itu mengatur pertemuan para distributor produk Toyota sebelum Toyota Astra Indonesia memunculkan varian mobil BUV atau Basic Utility Vehicle atau KBNS ( Kendaraan Bermotor Serbaguna ).

Varian mobil itu muncul karena pada saat itu, kisaran tahun 1977, Presiden Soeharto sedang mendorong pertumbuhan industri dalam negeri, salah satunya industri otomotif. Kendaraan yang beredar di Indonesia tidak boleh impor seutuhnya dari luar negri.

Maka, setelah diadakan sayembara nama varian mobil Daihatsu ini, muncullah dua nama hewan : Kancil dan Kijang. Karna Kancil memiliki konotasi negatif di kebudayaan Indonesia, maka dipilihlah Kijang.

Akronim Kijang

Rupanya kendaraan semi niaga ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Indonesia. Body-nya yang besar cocok untuk  mengangkut penumpang se-RT. Maksudnya, se-Rumah Tangga. Kepopulerannya menginspirasi perusahaan otomotif lain untuk membuat varian mobil yang juga menggunakan nama hewan seperti Panther (Isuzu) dan Kuda (Mitsubishi).

Nama “Kijang” sebenarnya memiliki kepanjangan Kerjasama Indonesia JepANG. Kerjasama yang dimaksud adalah berdirinya Toyota Kijang atas prakarsa Toyota Astra Motor dengan bantuan prinsipal Toyota Motor Corporation.

Setelah kerjasama itu, mobil Kijang adalah salah satu varian mobil Toyota yang paling laris sampai saat ini. Bahkan merk Kijang sudah berada di level evoke mind masyarakat Indonesia untuk kendaraan roda empat. Tidak mengherankan jika ada mobil Kijang dengan spesifikasi harga mobil kijang bekas dibawah 50 juta , akan menjadi incaran banyak orang.

Kelebihan Mobil Kijang dengan Spesifikasi Harga Mobil Kijang Bekas Dibawah 50 Juta

harga mobil kijang bekas dibawah 50 juta

Mobil Kijang telah menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Body-nya yang besar seperti menjawab keresahan masyarakat saat itu untuk memiliki kendaraan yang bisa membawa seluruh keluarga kemana-mana.

Apalagi Indonesia terkenal dengan kultur kekeluargaannya yang “ga ada loe, ga rame”.  Mobil Kijang dengan body mobil niaga tentu saja menjadi idaman pada saat ia diluncurkan.

Tapi, selain body besar, tentu ada kelebihan lain yang dimiliki mobil kijang yang membuat harga mobil kijang bekas dibawah 50 juta diburu pembeli sampai sekarang :

1. Multifungsi

Selain desain kendaraan yang memang mirip kendaraan niaga tapi peruntukkannya juga dapat difungsikan sebagai mobil keluarga. Meski desain mobil kijang generasi nenek moyang ini terbilang sangat sederhana jika dilihat dasri sudut pandang desain mobil keluarga saat ini, bahkan pihak Toyota Astra Motor pun sempat ragu karna pesaingnya, Mistsubishi Colt, juga sangat digandrungi saat itu, tapi antusiasme masyarakat Indonesia menjawab keraguan tersebut.

Semula mobil kijang generasi pertama ini hanya diproduksi dalam jumlah 1000-an, lalu meningkat 300-400%  pada tahun 1978. Dan sampai sekarang, mobil Kijang masih mendapat tempat di hati penduduk Indonesia.

2. Mudah Perawatannya

Selain desain yang menarik dan bisa muat banyak, tentu saja Toyota Astra Motor melengkapi varian Toyota Kijang dengan berbagai kemudahan, terutama kemudahan perawatan. Satu hal ini menjadi daya Tarik lain bagi calon pembeli mobil kijang, terutama mobil kijang dengan spesifikasi harga mobil kijang bekas dibawah 50 juta adalah perawatannya yang mudah.

Kalimat perawatannya yang mudah tentu saja berhubungan dengan berbagai aspek atau klausul alias prasyarat untuk mendukung kemudahan perawatan tersebut.

Dari sisi produsen, Toyota Astra Motor, tentu saja mendistribusikan suku cadang ke seluruh Indonesia. Karna ‘pemain lama’ hal tersebut mungkin lebih mudah dilakukan oleh Toyota dalam meberikan servis terbaik dan aftersales care kepada para pembeli mobil Kijang Toyota sehingga sampai sekarang masih ada peminat dan buyback-nya tetap terjaga.

BACA LAGI  Keuntungan Membeli Cover Mobil Jogja

Dari pihak pemilik, tentu saja pemilik yang akan menjual mobil Kijang dengan harga maksimal 50 juta , harus rasjin-rajin merawat mobil tersebut. Selain karna sudah banyak part mobil yang tua, saingan mobil bekas lain juga tidak sedikit.  

Cara Merawat Mobil Kijang Bekas Dibawah 50 Juta

Harga Mobil Kijang Bekas Dibawah 50 Juta memang menggiurkan. Dengan dana maksimal 50 juta saja (tergantung hasil nego) bisa membawa pulang kendaraan roda empat yang lumayan bagus. Kalau beruntung, mungkin dapat yang sangat bagus yaitu terawatt dan fungsinya masih sangat baik.

Jika Anda memiliki mobil Kijang generasi lama dan ingin merawatnya supaya buyback-nya tinggi, lakukan hal ini :

1. Selalu rutin mengganti oli dan menjaga kestabilan cairan lain yang diperlukan kendaraan Anda

2. Selalu gunakan bahan bakar berkualitas supaya mesin terjaga

3. Bersihkan eksterior mobil dengan rutin sehingga tampilan mobil Kijang Anda terlihat terawat

4. Jika punya dana lebih, ganti bagian interior mobil Kijang Anda  yang kurang baik, dengan barang baru. Kalau perlu, jok mobilnya juga diganti baru supaya terasa nuansa dan semangat yang baru.

Jika Anda pemilik mobil Kijang bekas dibawah 50 juta atau baru saja memilikinya, lakukan beberapa hal ini :

1. Selalu rutin mengganti oli dan mencukupi kebutuhan cairan yang diperlukan mobil

2. jika punya dana lebih, akan sangat bagus jika mobil Kijang bekas itu dimodifikasi : per-nya diganti, daya listriknya ditambah, dipasang AC, jok mobil ganti warna, ganti warna cat mobil, dll.

3. Cek rutin kesehatan mesin supaya emisi karbonnya terjaga.

Untuk daftar harga mobil Kijang bekas dibawah 50 juta yang sebaiknya Anda catat lalu diburu adalah sebagai berikut :

 Tipe Mobil Bekas         Tahun   Harga

1. Kijang Super G          1996   Rp 45 Jutaan

2. Toyota Kijang Grand Extra 1.8 1995 Rp 47. 000. 000

3. Kijang KF 50 Tahun 1991 Rp 26. 000. 000

4. Toyota Kijang 1.8 LGX MPV 2004  Rp 45. 000 .000

5. Toyota Kijang 1.5 MPV Minivans 1992 Rp. 30. 000. 000

6. Toyota Kijang 1.5 MPV Minivans 1993  Rp 34. 000. 000

7. Toyota Kijang 1.5 MPV Minivans 1988  Rp 32. 000. 000

8. Toyota Kijang 1.5 MPV Minivans 1987  Rp 31.000.000

9. Toyota Kijang 1.5 MPV Minivans 1988  Rp 34.000.000

10. Toyota Kijang 1.8 MPV Minivans 1996  Rp 40. 000. 000

Nah, dari daftar harga mobil kijang bekas dibawah 50 juta ternyata berada di kisaran atau rerata 30 Juta-an. Sebenarnya hal ini masih cukup terjangkau untuk masyarakat Indonesia yang ingin memiliki kendaraan roda empat untuk usaha maupun untuk memboyong keluarga dan sanak saudara.

Tapi, memang, kendaraan roda empat seharga dibawah 50 juta itu hanya yang beruntung yang bisa dapat yang berkualitas. Karna rata-rata usia kendaraan telah lebih dari sepuluh tahun, spare part yang ada di kendaraan tersebut harus dicek secara teliti dan mendalam.

Demikian artikel harga mobil kijang bekas dibawah 50 juta yang dapat kami sampaikan. Semoga Anda segera menemukan mobil KIjang bekas sesuai ekspektasi dan budget-isasi sehingga Anda nyaman dompet Anda pun aman.

Jangan lupa untuk selalu merawat kendaraan Anda dengan baik, salah satunya dengan cara membelikan cover mobil atau sarung mobil untuk menjaga tampilan eksterior kendaraan Anda makin menawan.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *