Cara Membuat Mobil Dengan Tanganmu Sendiri : Awas, Kamu Bisa Jadi Milyarder Gara-Gara Ini

Feb 18, 2020 | Mobil | 0 comments

Cara membuat mobil rasa-rasanya jarang ingin kita ulik, ya? Padahal, kalau ditelusuri, dan ditelateni, ternyata bisa, lho.

 Memang boleh membuat mobil sendiri? Boleh, asal sebelum dijalankan di jalan umum, telah lolos uji dari syarat-syarat yang diperlukan.

Kamu pasti bosen dengan mobil yang itu-itu aja, kan? Atau, kamu ingin punya mobil hasil rakitanmu sendiri? Bisa. Nah, baca artikel ini sampai selesai lalu praktikkan cara membuat mobil ini dengan seksama.

cara membuat mobil

Step Cara Membuat Mobil

1. Tentukan tujuan atau fungsi dibuatnya mobil tersebut.

Tujuan ini akan berpengaruh pada komponen apa saja yang akan dipakai di mobil tersebut.  Dengan menetapkan tujuan pembuatan mobil juga akan berpengaruh pada beban pada frame dan dapat mengurangi beban yang tidak perlu pada frame mobil dan membuat mobil lebih ringan dan bisa melaju lebih cepat.

2. Pertimbangkan komponen apa saja yang akan digunakan pada mobil buatanmu ini.

Beda komponen, beda desainnya. Contoh, jika kamu ingin membuat mobil dengan komponen mesin Honda Civic tahun 2000, tentu bagian kabin depan akan berbeda ketika kamu akan mendesain mobil dengan menggunakan mesin Tesla 2015.

 Pertimbangan awal ini harus segera diselesaikan sebelum membuat desain. Jadi, karna tidak ada apapun yang sempurna saat pertama kali dibuat, maka jangan terlalu lama membuat pertimbangan sebelum desain. Nanti mobilnya nggak jadi-jadi, Gaes…

 2. Buat desain frame mobil yang akan dibuat

Cara membuat mobil pada step ini adalah menggunakan 3DSMax  untuk merancang desain mobil tersebut. Desain coretan tangan boleh saja, tapi tetap gunakan software semacam 3DSMax untuk mendesain lebih rapid an lebih akurat.

cara membuat mobil

Karna dibuat dengan tangan, maksudnya tanpa bantuan robot, maka jangan terlalu stress dengan detail berapa micro mili jarak baut satu dengan lainnya. Yang perlu dicamkan adalah, kamu harus tahu standar peletakkan mesin, perkabelan atau wiring, tuas-tuas biar nggak senggolan, dan lain-lain.

 Berikan cukup space per komponen mobil supaya bisa beroperasi dengan maksimal dan frame mobil pun bisa direalisasikan dengan baik.

 Pastikan kamu bisa memahami karakter mesin yang akan kamu gunakan sehingga mesin itu bisa diletakkan di depan atau di belakang kemudi. Hal ini berhubungan dengan axle yang nantinya akan mengoperasikan mesin tersebut. Tentu akan berbeda lokasi axle-nya jika mesin tersebut di depan atau di belakang kemudi.

Dalam pembuatan desain frame ini, pastikan frame tersebut juga cukup kuat untuk menanggung eksekusi dari tujuan dibuatnya.

 3.  Cari bahan frame yang cocok dengan desain mobil kamu

Cara membuat mobil pada step ini , kamu sebaiknya sudah memiliki gambaran, bahan apa saja yang akan digunakan untuk membuat frame, jok, kemudi, dan sebagainya. Jika belum, kamu bisa menggunakan besi hot bound yang ringan dan tahan panas.  Tapi, jika punya dana lebih, gunakan besi Chromoly.

cara membuat mobil

4. Eksekusi bahan frame

Eksekusi pembuatan frame cara membuat mobil sendiri ini akan sangat bagus jika bisa presisi. Tentu tidak akan dibandingkan dengan presisinya mesin. Tapi, jika bisa mendekati presisinya potongan mesin pembuat mobil yang biasanya dengan menggunakan CNC, hasil akan sangat baik.

Setelah besi dipotong dan dibentuk sesuai desain, besi disambung dengan cara disolder per bagiannya. Setelah besi disolder, berbentuk kerangka tau frame, pasang mesin di bagian rumah mesin untuk memastikan posisi mesin bisa tepat dan tidak goyang ketika mobil dijalankan.

 Setelah posisi mesin di rumah mesin tepat, mesin dilepas lagi lalu frame dicat.

 4. Pengecatan frame mobil

Fungsi cat pada frame mobil ini adalah untuk melindungi mobil dari bahaya korosi dan pengerposan besi karna cairan dan kelembaban udara sekitar. Cara membuat mobil pada fase pengecatan ini dilakukan dua kali.

BACA LAGI  Jual Cover Mobil Outdoor Anti Air dan Sinar Matahari

Fase pertama, gunakan basic paint, biasanya berwarna putih atau cerah. Lalu, lapisan kedua, biasanya memiliki warna yang berbeda dengan lapisan pertama.

Sebelum pengecatan, pastikan bahwa semua bagian frame telah terpasang dengan tepat dan sesuai desain. Karna jika harus ada yang diubah, maka hal itu akan mengganggu penampilan mobil buatan kamu.

5. Pemasangan mesin, poros ban, per-kabelan atau wiring, kemudi, dan layar panel

Kalau kamu pernah merakit mobil Tamiya mainan, cara membuat mobil sendiri pun tidak begitu jauh dari proses seperti itu. Bedanya, merakit mobil sendiri seperti ini sama dengan merakit mobil Tamiya dengan skala besar dengan berbagai penyesuaian.  

 Pada tahap ini, kadang kala, kabel dipasang dulu baru mesin, atau sebaliknya. Tergantung mesinnya. Posisi kemudi pun sebenarnya bergantung pada mesin yang digunakan. Jika mesin yang digukan adalah mesin untuk mobil dengan kemudi di bagian kanan, tentu perlu penyelarasan tuas dan perkabelan jika kemudi akan dipindah di tengah atau kiri.

 Posisi wiring, persenelling, driving, dsb, sudah harus didesain sejak awal. Jangan sampai ketika kendaraan roda empatmu telah didesain untuk dikemudikan di posisi kiri, dengan posisi mesin di depan, lalu tiba-tiba, kamu mengubah haluan jadi stir di tengah lalu mesin dipindah belakang jok. Bisa, tapi ambyar. Mending-mending kalau cuma pindah wiring. Kalau harus potong frame gimana?

 6. Pemasangan Jok

Setelah perkabelan dan tuas-tuas yang diperlukan selesai dipasang, cara membuat mobil tahap selanjutnya adalah memasang jok.

 7. Pemasangan body

Bagian body atau tubuh pelindung frame dan mesin ini terbuat dari alumunium yang dibentuk. Kalau mau bentuk kotak persegi panjang saja, bisa sih, tapi nanti mirip kardus mie dikasih mesin, dong.

Ada baiknya saat membuat desain, buatlah desain mobil yang memiliki aerodinamik yang baik. Memang, mobil buatanmu mungkin masih jauh dari sempurna karna minim peralatan yang  mendukung. Tapi, untuk karya pertama, bolehlah dicoba untuk membuat kendaraan roda empat dengan aerodinamik yang ciamik.  

8. Pengecatan body

Setelah semua terpasang dengan baik, sisa solderan telah dihaluskan, mobil sudah bisa menyala dan bisa dikendarai dengan nyaman, waktunya mengecat body mobil kamu, jika hal itu kamu perlukan. Apabila tidak ingin mengecat body mobil pun tidak apa-apa.

Gimana? Mudah, bukan? Saatnya test drive di jalanan sepi, lapangan, atau halaman pabrik. Atau tempat-tempat luas yang bisa digunakan untuk memacu mobil buatan tanganmu sendiri itu. Selain karena belum berizin, jika terjadi sesuatu, tidak membahayakan pihak lain.

 Itu dia cara membuat mobil step per step. Percayalah, kalau kamu mau, kamu bisa membuat mobilmu sendiri. Rata-rata pembuatan mobil dengan tangan atau handmade ini memerlukan waktu kurang lebih 4 bulan. Rasanya itu cukup worthed mengingat kamu akan merasa sangat puas bisa membuktikan bahwa kamu pun bisa merakit mobil beneran, bukan lagi mobil Tamiya seperti waktu sekolah SD dulu.

Setelah mobil itu selesai dibuat, finishing oke, jangan lupa untuk tetap memelihara mobil itu. Walaupun mungkin tidak bisa sering-sering dikendarai di jalanan umum, palin tidak bisa buat pajangan indah di rumah. Bahkan bisa jadi portofolio jika di waktu yang akan datang, kamu akan membuat usaha otomotif sendiri. Who knows.

Semoga artikel in bermanfaat. Jangan lupa share, ya…

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Harga Gran Max : 2020 Ganti Long Wheel ? Boleh.. - Cover Super - […] juga sangat cocok untuk niaga. Jadi, tidak heran jika Daihatsu Gran Max sangat diterima di kalangan pengguna mobil di…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *