,

Cara Merawat Mobil Ala Pro : Anti Ribet Tetep Slamet

cara merawat mobil

Cara merawat mobil ala profesional ini wajib kamu baca sampai habis. Selain banyak tips yang bisa kamu ambil, manfaat lainnya bisa kamu gunakan untuk pedekate kalau-kalau gebetan kamu bingung gimana caranya merawat mobilnya supaya tetap prima tapi irit.

Sejarah Mobil dan Cara Merawat Mobil dari Beragam Situasi dan Kondisi

Sejarah Mobil

Siapa yang menyangka kalau mobil berasal dari bahasa Belanda ‘automobiel’ yang artinya kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupkan mesinnya.

Pertama kali didesain oleh Ferdinan Verbiest sekitar tahun 1672, cara merawat mobil kala itu bisa jadi lebih simpel dari sekarang karena selain desainnya juga masih sederhana, mesinnya juga tidak begitu rumit. Namun, desain pertama mobil yang dibuat oleh Ferdinan ini ternyata adalah desain mainan kendaraan untuk kerajaan Cina.

Kendaraan yang mirip mobil pertama kali mungkin dibuat oleh Nicolas Joseph Cugnot tahun 1769. Kendaraan beroda tiga dengan mesin uap itu sukses dipamerkan.

Tahun-tahun selanjutnya seperti tahun 1886 di Jerman melahirkan nama yang pasti fans otomotif mengenalnya : Karl Benz, Gottlieb Daimler, dan Wilhelm Maybach yang menemukan mobil dengan mesin pembakaran dalam pertama.

Pengembangan mobil selanjutnya adalah untuk mengurangi resiko kecelakaan mobil akibat kurangnya kontrol saat pengereman mendekati setengah gravitasi.

Meskipun perkembangan otomotif ini mempengaruhi berkurangnya korban akibat kecelakaan, akan tetapi, korban akibat kecelakaan mobil masihlah tinggi. Jadi, salah mobilnya atau pengendaranya, nih?

Beragam Cara Merawat Mobil Ala Pro, Pilih Sesuai Mobil Kamu, Bro

Kenapa bisa terjadi banyak kecelakaan di jalan? Salah satunya karena human eror. Hal lainnya tentu saja: vehicle error. Human eror bisa ditanggulangi dari sisi kita: aku dan kamu. Dari sisi “mereka”, hanya Tuhan yang bisa mengurusnya.

Untuk sisi vehicle error, bisa dikurangi atau diminimalisir dengan cara merawat mobil sebaik mungkin.

Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

cara merawat mobil
web/liputan 6

Sultan bener deh kalau kamu sampai ada mobil kamu yang jarang kamu pakai di rumah. Oke, bersyukur. Dan salah satu cara mensyukuri hal tersebut adalah dengan cara merawat mobil yang jarang dipakai melalui perlakukan sebagai berikut:

  1. Pastikan kondisi kendaraan tetap bersih. Mungkin kamu tidak sengaja akan menelantarkan mobil kamu dalam waktu lama. Selain karena pandemi yang membatasi gerak makhluk hidup bernama manusia, jalanan rusak, macet, dan dan segudang alasan lain membuat kita tidak sempat menyentuh kendaraan roda empat tersebut in a proper way. Jadi, pastikan kalau kendaraan kamu selalu bersih meskipun masa pandemi seperti ini.
  2. Tutuplah mobil dengan cover mobil. Ini cara paling mudah saat kamu menyadari akan menghadapi kondisi seperti pandemi seperti sekarang ini. Gunakan cover mobil untuk melindungi kendaraan kamu dari beragam hal yang tidak diinginkan.
  3. Buat kamu yang masih belum memiliki garasi atau masih menggunakan garasi terbuka, pastikan kamu memiliki sarung mobil. Atau, bersihkan kendaraan kamu dari debu dan kotoran, dan air hujan. Nah, daripada repot, mending banget kan kalau punya cover mobil. Pilih cover mobil yang anti air mendekati 100%. Di Indonesia ada kok pabrik cover mobil yang khusus memproduksi cover mobil tersebut.
  4. Panaskan mobil setiap hari. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memanaskan mobil sekarang: pandemi. Mari kita akui bersama bahwa pandemi mengubah rute ttraveling kita dari kamar ke kamar mandi ke ruang tamu ke dapur balik lagi ke kamar atau ke ruang keluarga dan seterusnya. Mobilnya pasti akan lebih sering nganggur, to?
  5. Periksa oli mesin, bensin, tekanan angin ban. Standarlah…

Cara Merawat Mobil Manual

Perbandingan pemilik mobil manual : mobil matic, mungkin lebih banyak mobil manual. Mungkin. Data pastinya tentu ada di dinas yang mengurusi hal tersebut. Nah, buat kamu yang memiliki mobil matic, berikut ini beberapa cara merawat mobil matic yang bisa kamu jadikan pedoman:

  1. Cek starter mobil. Kalau ada yang tidak beres dengan starter mobil kamu yang seharusnya bisa bikin nyala tapi malah terdengar seperti orang menahan batuk karna takut dikira kena Covid-19, maka sebaiknya kamu segera mengecek kondisi bahan bakar alias bensin. Selain itu, bisa juga ada masalah di saringan atau filternya.
  2. Ganti oli dan cairan lain yang dibutuhkan mobil secara rutin.
  3. Membersihkan filter karburasi
  4. Mengecek Timing Belt
  5. Periksa kondisi knalpot
  6. Ganti spare part dengan yang original
  7. Sesekali, tarik gas mobil kuat-kuat supaya kerak-kerak dalam mobil dapat keluar melalui knalpot.
  8. Lakukan tune up secara rutin.
  9. Penuhi tangki bensin supaya mesin tidak masuk angin.
  10. Beli cover mobil untuk melindungi keseluruhan mobil dari hal-hal tidak terduga. Selain itu, menutup mobil dengan sarung mobil atau cover mobil dapat melindungi kendaraan dari kotoran secara simpel, mudah, irit, dan bergengsi. Apalagi kalau cover mobilnya bagus, ya kan…

Perawatan Mobil Paling Simpel, Cocok Buat Kamu yang Sibuk dan Jadwalnya Padat

Rata-rata perawatan mobil selalu dititik-beratkan pada masalah mesin dan performa mesin mobil. Tidak salah, sih, tapi sebaiknya seimbang. Sayang dong kalau punya mobil mewah tapi penampilannya tidak terjaga dengan baik dan disiplin?

Untuk jadi disiplin merawat eksterior kendaraan seperti mengelap, mencuci mobil, memang perlu alokasi waktu khusus yang biasanya bisa molor dari yang dijadwalkan. Hal ini bisa gawat kalau kamu punya kebiasaan memadatkan kegiatan dan janji dalam agenda sehari-hari.

So, ada baiknya kamu memiliki cover mobil atau sarung mobil atau penutup mobil yang berkualitas. Tidak perlu yang mahal-mahal, tapi pilihlah yang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Misalnya, kalau kamu masih belum punya garasi di rumah, atau mungkin masih menggunakan car port, ada baiknya menggunakan cover mobil tipe extreme ooutdoor untuk menjaga kendaraan roda empat kesayangan kamu dari segala macam marabahaya.

Selain bisa mengamankan kendaraan, sarung mobil juga bisa menghemat waktu membersihkan mobil. Jadi, akan sangat bermanfaat apabila kamu memiliki sarung mobil tersebut. Selain itu, bentuk cover mobil yang slim fit, pas body mobil, bisa membuat kendaraan kamu tampak sangat menarik walaupun ditutup cover.

Jadi, daripada kamu nyesel nanti, mending buruan milikin cover mobil itu sekarang.

Manfaat Merawat Mobil dengan Baik

Tidak ada yang sia-sia dengan segala step yang dipaparkan dalam cara merawat mobil. Jika kita merawat mobil dengan baik dan telaten, hal itu akan memberikan dampak positif untuk kendaraan kamu.

Manfaat lainnya dari rutin melakukan perawatan mobil adalah menghemat biaya pengeluaran untuk perbaikan. Logikanya, proses perawatan kendaraan akan menjadi komponen-komponen kendaraan tidak mudah rusak.

Jika pun ada komponen yang mesti diganti, biasanya itu dikarenakan masa pakainya telah melebihi batas. Dengan begitu seharusnya mobil dapat beroperasi tanpa gangguan sehari-harinya dan kamu bisa menghemat biaya perbaikan karena terhindar terjadinya kerusakan secara tiba-tiba.

Manfaat selanjutnya dari rutin merawat mobil ialah keselamatan dan kenyamanan berkendara. Komponen mobil yang kondisinya terjaga memastikan fungsi-fungsi mobil beroperasi dengan baik sehingga memastikan keselamatan selama kamu menggunakannya di perjalanan.

Manfaat terakhir yang bisa kamu rasakan dari rutin merawat mobil ialah harga jual mobil yang terjaga. Terlepas dari apakah kamu memiliki rencana untuk menjualnya atau tidak, tapi pastinya semua pemilik mobil ingin kendaraannya memiliki harga jual kembali yang tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Jangan lupa baca trik perawatan mobil tanpa Garasi Anti Nyinyiran tetangga!

14 responses to “Cara Merawat Mobil Ala Pro : Anti Ribet Tetep Slamet”

  1. […] nambah referensi cara merawat mobil, baca juga : Cara merawat mobil ala Pro […]

  2. […] Juga Cara Merawat Mobil Ala Pro Anti Ribet Tetep […]

  3. Leke kremı Avatar

    It’s remarkable to pay a visit this website and reading the views of all colleagues
    on the topic of this article, while I am also zealous of getting experience.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 5 =