,

Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi : Begini Triknya Biar Ga Dinyinyirin Tetangga!

cara merawat mobil tanpa garasi

Cara merawat mobil tanpa garasi memang perlu beberapa teknik penting yang harus kamu kuasai. Terlebih kalau kamu tinggal di lingkungan yang notabenenya bukan komplek perumahan, alias lingkungan urban kota, urban desa, dan lain-lain.

Kendaraan Pribadi dan Kesadaran Hidup Berdampingan dengan Orang Lain

Pernah dengar kalimat : “Kalau kamu ingin membeli properti, cek dulu siapa yang akan jadi tetangga kamu.” . Kalimat tersebut memang menjadi bagian dari narasi iklan perusahaan properti di Indonesia. Kalimat tersebut mengandung realita yang sebagian besar lupa kita sadari bahwa tetangga kita adalah saudara terdekat kita.

Mungkin tetangga kita sudah baik dan pengertian, ternyata, kitalah yang menjadi sumber bencana bagi mereka. Gimana dong?

Saat Memiliki Kendaraan Pribadi, Kamu Wajib Punya Garasi Walaupun Terbuka atau Carport.

Penting memiliki visi desain tempat tinggal yang memperhitungkan garasi kendaraan atau minimal carport.

Perkembangan zaman menuntut setiap individu untuk adaptif, berubah seiring kebutuhan zaman. Semakin lama, setiap orang menginginkan untuk memiliki kendaraan pribadi. Entah motor, entah mobil.

Selain demi kenyamanan bersama alias tidak mengganggu kenyamanan bersama karena tidak memiliki garasi atau carport,

Fungsi Garasi Meskipun Kamu Belum Memiliki Kendaraan Roda Empat

Garasi, menurut Wikipedia, adalah tempat untuk menyimpan mobil agar terhindar dari pencurian atau pun untuk melindungi mobil dari cuaca terik matahari atau pun oleh hujan. Garasi juga melindungi kendaraan dari embun malam hari sehingga mesin kendaraan roda empat tersebut terjaga dengan baik.

Ukuran garasi tergantung kepada besar kecilnya kendaraan, untuk kendaraan kecil seperti untuk Kia Picanto, Suzuki Karimun atau kendaraan sejenis lainnya cukup garasi dengan ukuran 2,4 m x 4,8 m, tetapi untuk kendaraan yang lebih besar harus mempunyai garasi dengan ukuran 3 m x 6 m.

Cara merawat mobil tanpa garasi memang tricky, tapi kamu perlu mengetahui kenapa kamu wajib memiliki garasi kelau kamu memiliki mobil:

  1. Supaya tidak menggunakan jalan umum sebagai lokasi tempat parkir
  2. Terlindung dari perubahan cuaca ekstrem
  3. terlindung dari nyinyiran tetangga
  4. Sejauh ini, garasi tertutup dianggap lebih aman dibanding carport
  5. Bisa untuk menyimpan barang
  6. Bisa untuk memulai usaha (ingat, banyak brand besar lahir atau bermula dari garasi).

Lalu, bagaimana cara merawat mobil tanpa garasi?

Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi Plus Kebal Nyinyiran Tetangga

cara merawat mobil tanpa garasi

Pertumbuhan jumlah kendaraan roda empat di Indonesia, ironisnya tidak diiringi pertumbuhan lahan. Maksudnya bukan membabat hutan untuk dijadikan perumahan atau apartemen, lho, lebih cenderung tidak membuat pulau buatan untuk menampung pertumbuhan penduduk dan asesorisnya.

Pertumbuhan manusia dan asesoris kehidupannya juga berdampak pada tumbuhnya perekonomian (begitulah yang kterjadi sebelum masa pandemi). Maka, tidak mengherankan jika tidak sedikit penduduk Indonesia mulai banyak yang memiliki unit roda empat alias mobil.

Mulai dari mobil bekas 15 jutaan, mobil bekas di bawah 50 jutaan, sampai mobil milyaran atau yang cuma diproduksi beberapa biji aja di dunia ini.

So, buat kamu yang sudah memiliki mobil, tapi mobil, tapi belum memiliki garasi , berikut ini beberapa cara merawat mobil tanpa garasi yang pastinya tidak akan menimbulkan prahara bertetangga:

  1. Cuci mobil minimal sekali dalam seminggu
  2. Gunakan paint protection film
  3. Rutin memeriksa kondisi mesin
  4. Gunakan cover mobil atau sarung mobil
  5. Gunakan sarung jok mobil
  6. Keluarkan barang-barang penting dan berharga dari dalam kabin
  7. Rajin cek tekanan ban
  8. Jangan menggunakan rem tangan
  9. Pastikan tangki bensin selalu full
  10. Periksa mesin kendaraan dari kebocoran
  11. Buka kaca jendela 0.5-1 cm saja untuk mengurangi suhu mobil supaya tidak terlalu panas
  12. Gunakan kunci ganda
  13. Gunakan wax
  14. Cari tempat parkir yang teduh
  15. Jangan lupa untuk minta izin pada pak RT dan pak RW untuk sementara waktu memarkirkan mobil di luar garasi. Ingat, sementara, ya..

Bagaimana Detailnya Cara Merawat Mobil Tanpa Garasi ?

Merawat mobil tanpa garasi memang butuh ketelatenan. Bukan berarti merepotkan, tapi tetap bisa dilakukan di rumah di kala senggang atau memang sengaja diluangkan waktu. Semua tentang prioritas, bukan?

  1. Mencuci mobil, meskipun terlihat rajin, ternyata ada efek sampingnya

Cara merawat mobil tanpa garasi yang paling umum adalah dengan mencuci mobil minimal seminggu sekali. Tapi tahukah kamu bahwa hal tersebut dapat membahayakan eskterior kendaraan roda empat kamu?

Mencuci mobil terlalu sering dapat merusak permukaan cat mobil. Terlebih kalau kamu membersihkan mobil tersebut dengan beragam merk sabun mobil yang tidak konsisten kadar atau kandungannya.

2. Paint Protection Film, apa efek sampingnya?

cara merawat mobil tanpa garasi

Salah satu pilihan lain untuk merawat mobil adalah dengan cara menggunakan paint protection film. Hal ini tentu sangat mudah dan praktis untuk kamu yang belum memiliki garasi di rumah.

Efek samping menggunakan lapisan ini adalah kamu harus menemukan jenis atau paint protection film yang cocok dengan iklim Indonesia.

3. Gunakan Sarung atau Cover Mobil

Cara merawat mobil tanpa garasi selanjutnya adalah menggunakan cover mobil. Sejauh ini, inilah cara paling praktis untuk melindungi keseluruhan mobil kamu dari serangan kotoran hewan, debu bahkan bisa menghangatkan kendaraan dari dinginnya udara malam.

Eits, tapi tidak semua cover mobil bisa melakukan hal itu, lho.

Nyatanya, merk-merk tertentu pas dipasang sesuai jenis kendaraan, masih kebesaran. Dipakai sepuluh kali, langsung longgar, atau warnanya itu-itu aja. Selain itu, tidak anti air. Kalau anti air pun, bikin kendaraan panas. Serba salah deh.

Maka, gunakanlah cover mobil dengan material lembut dan dengan ukuran slim fit. Sarung motor seperti itu dapat memberikan perlindungan maksimal kepada kendaraan roda empat kamu, di manapun kamu memarkirnya.

Harganya mungkin sedikit lebih tinggi dibandiing cover mobil merk lain, tapi dengan memiliki cover mobil ini, dijamin, unit roda empat miliki kamu akan terlihat paling beda, menonjol, dan ganteng abis. Ga ada obat pokoknya.

Manfaat Memiliki Cover Mobil Untuk Merawat Mobil Tanpa Garasi

Dengan tidak menghilangkan semua elemen perawatan mesin, interior, eksterior, memiliki sarung atau cover mobil memang sangatlah efektif.

Bisa kamu bayangkan berapa banyak waktu yang bisa kamu hemat saat kamu memiliki cover mobil? Paling tidak kamu bisa mengalokasikan satu sampai dua jam sehari untuk hal lain karena kendaraan roda empat kamu sudah ditutup dengan cover mobil.

Kamu masih tetap harus membersihkan kendaraan kamu setiap hari, tapi tidak perlu lama-lama. Cukup tiga puluh menit sehari untuk menghilangkan debu yang mungkin menempel saat kamu menutup mobil dengan cover mobil.

Selain mempersingkat waktu perawatan , memiliki cover mobil juga bisa melindungi kendaraan kamu dari resiko pencurian kendaraan bermotor alias curanmor.

Meskipun tidak ada yang mengharapkan hal tersebut terjadi, tapi ada baiknya kalau kita berjaga-jaga. Bukan berjaga-jaga supaya dicuri, tapi mengamankan mobil tentu lebih mudah daripada mengurusnya karena dicuri seseorang.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Jangan lupa untuk membaca artikel lain, misalnya yang ini nih:

Ada 12 Cara Merawat Mobil Ayla di musim pandemi. Wajib baca buat kamu yang punya mobil Ayla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + seventeen =