fbpx

Mobil memiliki dua bagian yang harus di perhatikan, yaitu sisi interior dan eksterior. Banyak orang yang hanya merawat bagian luar saja tanpa memperhatikan dalamnya. Untuk itu Kami akan menjelaskan bagaimana  cara membersihkan kaca mobil dan merawat bagian luar serta bagian dalam mobil Anda agar tetap bersih dan wangi.

Tips Merawat Interior Mobil Dengan Mudah

Bersihkan dashboard

Tips merawat interior mobil yang pertama adalah merawat dashboard. Bagian dashboard mobil adalah sisi yang paling terlihat ketika masuk ke mobil. Dahsboard juga menjadi sasaran sinar matahari karena posisinya yang ada di depan. Untuk membuatnya tetap bersih, Anda bisa menggunakan kemoceng atau kuas yang berguna menyingkirkan debu-debu.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Pilih karpet mobil yang mudah dibersihkan

Untuk mengantisipasi agar karpet mobil mudah dibersihkan pilih yang terbuat dari bahan karet sintetis. Sehingga saat Anda mau membersihkan kotoran seperti pasir, tanah, sampai noda yang menempel di karpet tinggal mencucinya menggunakan sabun mobil lalu dijemur.

Pasang pengharum ruangan

Mobil Anda juga harus menyebarkan aroma wangi agar tetap nyaman dibawa berkendara. Apabila bau apek dan tak sedap menyelimuti isi mobil maka mudah mengganggu konsentrasi Anda saat mengemudi. Anda bisa memilih pengharum ruangan mobil yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Gunakan lap basah untuk membersihkan langit-langit mobil

Bagian langit-langit mobil juga kerap terlupakan untuk dieksekusi saat membersihkan interior mobil. Padahal sisi atas bagian dalam mobil ini cenderung menyimpan debu.  Nah, tips mudah merawat interior dimulai dengan cara membersihkan langit-langit mobil.

Untuk langit-langit sebaiknya gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air dan sabun cuci khusus. Usahakan lap jangan terlalu basah, karena akan membuat langit-langit mobil menjadi lembap dan menimbulkan bau tak sedap. Setelah itu baru menuntaskannya dengan lap kering untuk meresap sisa-sisa air dan kotoran yang masih menempel.

Merawat jok mobil

Bisa dikatakan penghuni interior mobil yang satu ini memerlukan perawatan yang cukup rumit. Tetapi, Anda tidak perlu repot membawa ke salon mobil untuk membersihkannya. Cara praktis untuk membersihkan jok mobil adalah dengan lap kering, sikat gigi yang tidak terpakai, penyedot debu khusus kendaraan dan cairan pembersih jok mobil.

BACA LAGI  Kelebihan Cover Mobil Avanza Anti Air

Untuk ini, Anda harus merawat jok mobil yang bisa dikatakan perawatan yang sedikit rumit. Akan tetapi lagi-lagi Anda tidak perlu repot membawa ke tempat perawatan mobil. Bersihkan jok mobil secara berkala,untuk menjaganya agar selalu terawat serta tidak licin ketika diduduki.

Pakailah Karpet

Anda bisa memilih karpet mobil yang mudah dibersihkan. Seperti karpet yang terbuat dari karet sintetis. Karena di saat kotoran seperti pasir,tanah sampai noda yang menempel di karpet tersebut dengan mudah tunas friends bersihkan dengan cara hanya mencucinya menggunakan sabun cuci mobil lalu menjemurnya saja.

Bagian Penting untuk eksterior

Mencuci mobil secara keseluruhan

Jika Anda memiliki kesempatan dan waktu untuk mencuci mobil, maka pastikan Anda mencuci dan membersihkan dan tentunya tahu cara membersihkan kaca mobil, serta semua komponen yang dapat di lihat secara visual. Bersihkan bagian atas mobil terlebih dahulu, kemudian turun ke bagian kap mesin, sisi-sisi mobil, cermin, kisi-kisi, dan roda.

Salah satu bagian penting yang harus di bersihkan adalah bagian bawah mobil terutama bagian sasis. Bagian-bagian ini biasanya mengalami kontak langsung dengan debu, kotoran dan air. Lama kelamaan, kotoran akan melekat pada bagian bawah mobil, dan mengakibatkan munculnya korosi alias karat.

Karat akan membuat bagian bawah mobil keropos. Oleh karena itu, jangan biarkan kotoran mengendap di bagian-bagian bawah mobil.

Jangan di biarkan “diam” dalam waktu lama

Mobil yang di biarkan begitu saja di dalam garasi juga akan mengalami degradasi kinerja, meskipun prosesnya lama. Bisa saja mobil akan menjadi sulit untuk di starter atau tidak responsif saat dikendarai.

Pastikan Anda memanaskan mesin setiap hari agar seluruh komponen mesin dapat bekerja dengan baik. Selain itu, proses warming up mesin juga bermanfaat untuk memastikan komponen internal mesin mendapatkan pelumasan secara merata.

Cabut aki mobil jika Anda berencana untuk tidak menggunakan mobil kesayangan dalam rentang waktu yang lama agar tidak terjadi masalah dengan sistem kelistrikan dan aki menjadi lebih awet.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!