Ciri-ciri Mobil Matic yang Mulai Bermasalah

Saat ini, jenis mobil matic memang banyak diminati oleh para pecinta dunia otomotif, terkhusus untuk jenis mobil. Ada beberapa alasan yang mendasari pemilihan jenis mobil yang satu ini. Salah satunya adalah kemudahan dan kenyamanan yang dianggap lebih bisa didapatkan untuk tipe mobil seperti ini. Apalagi untuk kondisi jalanan yang macet serta si pengemudi adalah seorang wanita.

Di samping itu, tentu ada kekurangan lain yang sampai saat ini masih dirasakan oleh para penggunanya. Salah satunya adalah urusan perawatan yang masih dianggap cukup merepotkan. Tentu tidak semudah pemikiran kebanyakan orang yang menganggap menggunakan cover mobil di bagian luar sudahlah cukup. Lebih dari itu, ada banyak hal yang memang harus diperhatikan dengan teliti.

Transmisi yang sudah otomatis dan tidak menggunakan sistem elektronik lagi, menjadikannya butuh perawatan ekstra demi  menjaga performa baik dari si mobil yang bersangkutan. Satu-satunya cara demi menjaga performa mobil matic milik Anda adalah melakukan perawatan secara rutin. Meski demikian, Anda tetaplah harus tanggap terhadap ciri-ciri kerusakan yang bisa saja sedang terjadi.

Beberapa Ciri-ciri Mobil Matic yang Mulai Bermasalah

Hentakan Saat Melakukan Pemindahan Gigi

Sistem perpindahan gigi yang dimiliki oleh mobil matic sekarang memang terbilang cukup halus. Jika Anda masih merasa bahwa segi perpindahan  kurang, hal ini masih bisa dimaklumi. Namun sebaliknya yang perlu diwaspadai adalah, pada saat memindahkan gigi awal, Anda mulai merasakan adanya sebuah hentakan yang berakibat pada mobil seperti terdorong secara mendadak.

Hal ini perlu diwaspadai karena merupakan salah satu tanda adanya masalah yang sedang pada sistem transmisi mobil matic Anda. kebanyakan, kerusakan seperti ini bisa terjadi karena adanya  masalah pada sistem elektronis dan juga sistem mekanis.  Untuk mengeceknya sendiri, Anda bisa gunakan socket OBD.

Umumnya, kerusakan yang seperti ini merupakan akibat adanya kebocoran yang terjadi pada bagian selenoid pressure. Sehingga akhirnya oli transmisi pun tidak bisa mengontrol terjadinya perpindahan gigi.

Terjadinya Slip atau Ngelos

Adapun ciri-ciri selanjutnya yang bisa menunjukkan bahwa mobil matic Anda sedang dalam tidak baik adalah terjadinya slip atau ngelos.  Hal ini terjadi pada mobil matic  disebabkan oleh transmisi matic jenis step AT atau gearbox planetary gear set yang umumnya akan terjadi ketika pemindahan  gigi yakni dari gigi 1 ke gigi 2.

Perlu Anda ingat bahwa untuk jenis mobil matic continuously variable transmission, adanya tanda-tanda berupa slip atau ngelos ini juga sering timbul di saat mobil mulai bergerak. Jadi untuk melihat apakah mobil matic Anda mengalami slip atau ngelos, bisa Anda  lakukan dengan menjalankan mobil pada posisi tuas di D setelahnya injak pedal gas.

Saat perpindahan gigi terjadi, mobil akan terasa seperti mengayun.  Namun,  bila slip atau ngelos maka perpindahan gigi tidak bisa berjalan dengan baik seperti saat pindah dari gigi 1 ke gigi 2.  Akibatnya, mobil akan kehilangan kekuatan ataupun powernya serta  suara yang keluar dari mesin akan terdengar seperti meraung.

Tersangkut Pada Gigi Paling Atas

Adapun ciri yang selanjutnya ialah transmisi yang tidak dapat bergerak dari posisi gigi yang tertinggi, tidak bisa naik maupun turun. Akan terjadi seperti adanya peristiwa tersangkut pada angka teratas. Kejadian seperti ini dinamakan safe mode atau limp mode.

Adapun penyebab hal Ini bisa terjadi ialah dikarenakan fitur TCM pada sistem transmisi mendeteksi adanya kesalahan pada sensor yang bisa berakibat merusak semua sistem hingga TCM mengirim perintah agar transmisi tetap berada pada posisi yang netral.

Bila hal ini sempat terjadi pada Anda, maka Anda akan menerima sinyal engine check di bagian instrument panel. Untuk bisa segera memperbaikinya, Anda perlu membawanya ke bagian ahli yaitu bengkel kepercayaan Anda.

Cairan Transmisi Mengalami Kebocoran

Adapun permasalahan  mobil matic yang cukup untuk mudah diidentifikasi ialah cairan adanya kebocoran pada cairan transmisi. Cairan ini pada mobil matic sangatlah penting. Kemampuan bertukarnya gear tentu menyebabkan masalah yang serius. Adapun warna cairan transmisi sendiri pada mobil matic ialah merah cerah. Aromanya sedikit manis dan bersih.

29 responses to “Ciri-ciri Mobil Matic yang Mulai Bermasalah”

  1. […] mobil bekas. Jangan hanya dilihat dari tampilan luar atau harganya saja. Bisa jadi itu adalah mobil bekas murah dan juga masih termasuk keluaran baru. Namun hal tersebut tidak menandakan bahwa mobil […]

  2. Anatomia Człowieka Avatar

    Due to reading your blog, I decided to write my own. I had never been thinking about keeping a blog until I saw how fun yours was, i quickly was inspired!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + two =