fbpx

Tak hanya interior, perawatan eksterior sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Salah satu bagian yang sering luput dari perhatian adalah panel plastik hitam di eksterior, yang terdapat pada pegangan pintu, lis bodi, bumper, dan trim di sekitar wiper. Biasanya bagian-bagian ini terkena sampo mobil yang sudah mengering sehingga meninggalkan residu di atasnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kebersihan mobil. Anda pun perlu melakukan beberapa perawatan lainnya. Tidak perlu mahal, yang terpenting kendaraan tetap terlihat mewah dan elegan. Berikut tips merawat eksterior mobil dengan mudah dan praktis.

Cara merawat eksterior mobil dengan mudah

Menjaga mobil dari cuaca yang ekstrim

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Tips merawat cat mobil baru yang pertama adalah tidak memarkir mobil di bawah terik matahari secara langsung. Usahakan memilih lokasi parkir di gedung atau bawah pohon. Jika sulit menemukan, tidak ada salahnya untuk menutup dengan cover mobil yang bagus.

Usahakan mobil tidak terlalu lama terkena air hujan. Jika terpaksa berkendara saat hujan, lakukan sedikit perawatan sesampainya di rumah. Segera basuh air hujan dengan air bersih. Jangan sampai mobil terlalu sering terkena embun di malam hari. Air hujan dan embun bisa mengakibatkan mobil lebih cepat berkarat. Solusi cara merawat cat mobil terbaik adalah menutupnya dengan cover mobil yang berkualitas.

Mencuci mobil pada waktu yang tepat

Sangat disarankan untuk tidak mencuci mobil di bawah paparan terik matahari. Dikarenakan cat mobil akan lebih cepat pudar. Sebaiknya cucilah mobil di pagi hari dan pastikan mesin dalam kondisi dingin.

Anda bisa menyemprotkan bagian yang kotor dengan air tawar. Sejumlah bagian eksterior mobil yang harus selalu dibersihkan adalah shock absorber belakang dan depan, kaca mobil dan inquiry mobil.

Jangan gunakan detergen untuk mencuci mobil

Setiap jenis sabun tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tidak terkecuali sabun yang digunakan untuk mencuci mobil. Jangan sekali-sekali mencuci dengan sabun yang mengandung detergen. Sudah banyak berbagai merek sampo mobil yang beredar di pasaran. Namun jika Anda tetap kesulitan menemukannya, Anda bisa menggunakan sabun atau sampo biasa dengan catatan tidak mengandung detergen.

Carilah produk-produk sampo yang dapat menghemat penggunaan air serta ramah lingkungan. Oleh karena itu, sampo dengan busa lembut merupakan pilihan yang pas. Cukup menuangkan cairan pada spons basah. Lalu, bilas dengan air ke seluruh bodi. Jangan lupa keringkan mobil sehabis mencuci untuk mencegah bercak di permukaan cat dan kaca.

BACA LAGI  Miliki Sarung Mobil yang Bagus Untuk Keamanan Mobil

Aturlah kekuatan keluaran air dari selang

Dengan arus air yang kencang, kotoran mobil yang membandel memang lebih mudah dibersihkan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ini juga membahayakan cat mobil. Jangan sampai air yang keluar terlalu deras. Tekanan air ini bisa saja merusak susunan cat hingga akhirnya menimbulkan bekas. Akan sangat buruk terlihat jika ada bekas di bagian-bagian tertentu.

Ketika mencuci, cukup gunakan air dengan kekuatan menengah. Selain menyemprot dengan selang, bisa juga dilakukan dengan cara mengguyur. Hal ini tentu saja lebih aman karena bodi mobil tidak akan mendapatkan desakan.

Perhatikan cara mengelap dan bahan lap

Untuk mengelap mobil tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah mengenai bahan lap. Pilihlah bahan yang terbuat dari kulit agar air lebih cepat terserap. Bahan ini juga dapat menghindarkan mobil Anda dari goresan. Jangan gunakan lap dari bahan katun karena sering menyimpan partikel kecil. Partikel kecil ini bisa membahayakan cat mobil Anda.

Segera keringkan mobil setelah selesai mencuci

Ketika dirasa seluruh bagian mobil sudah bersih, segera keringkan mobil. Ini juga merupakan salah satu cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap. Jangan biarkan air terlalu lama membasahi bodi mobil. Jangan mengandalkan sinar matahari untuk mengeringkannya, karena bisa menyebabkan bodi mobil membekas di bagian yang terkena air. Bersihkan secepat mungkin agar tidak ada bercak di cat mobil Anda.

Gunakan wax agar cat mobil mengkilap

Bagi sebagian orang, mobil yang bersih saja dirasa belum cukup. Ada beberapa cara merawat cat mobil agar semakin mengkilap. Wax, obat poles, busa, dan kain katun lembut atau jika ada microfiber adalah bahan-bahan pengilap. Cara merawat cat mobil agar semakin mengkilap adalah dengan teknik waxing.

Waxing adalah melapisi cat mobil dengan bahan seperti lilin. Cara ini paling ampuh untuk membuat cat mobil seperti baru kembali. Cukup ratakan dan jika sudah terlapisi semua bagian, bersihkan sisa wax dengan microfiber. Lakukan langkah-langkah tadi agar cat mobil selalu nampak bersinar.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!