Dibanding asesoris mobil yang lain, asesoris mobil yang satu ini tampak remeh karena posisinya yang sering terinjak kaki. Yes, asesoris itu adalah karpet mobil. Kehadiran asesoris tersebut tidak hanya mempercantik kabin  dalam mobil tetapi juga memiliki fungsi lain yang ternyata sering terabaikan oleh kita sebagai pemilik karena posisinya yang menjadi alas kaki tersebut.

Berikut ini beberapa fungsi dari karpet mobil:

#1 Karpet Mobil Pelindung Serbaguna

Melindungi dasar atau lapisan lantai mobil dari berbagai benda cair, benda berbau tajam, dan kotoran yang berpotensi membuat lapisan dasar atau lantai kabin mobil berubah warna dan bentuk.

fungsi karpet mobil

Bagi pemilik mobil yang memiliki anak yang masih kecil, kehadiran pelindung ini wajib hukumnya terlebih apabila kondisi mobilnya baru saja keluar dari showroom mobil, alias mobil baru.  

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Bagi pemilik rental mobil, tambahan asesoris mobil seperti ini juga terhitung wajib. Mobil rental yang sering lepas kunci, memiliki kecenderungan untuk tidak diperlakukan sebaik mungkin karena penyewa mobil merasa telah membayar uang sewa mobil yang menurut mereka telah termasuk biaya pembersihan kabin mobil.

#2 Karpet Mobil Melindungi lantai dasar mobil dari goresan kerikil

Untuk pemilik mobil yang sering traveling menggunakan mobilnya, tentu sepatu atau alas kakinya  akan membawa benda lain yang dapat menggores permukaan dasar lantai kabin mobil.

karpet mobil pelindung kerikil

Semua orang yang sedang berjalan, terutama yang menggunakan alas kaki baik sepatu maupun sandal, tentu tidak akan merasakan bahwa alas kaki mereka membawa benda lain seperti kerikil, pecahan kaca, dan lain-lain.

Benda-benda kecil seperti ini sebenarnya mudah dibersihkan. Cukup gunakan sapu khusus karpet atau gunakan vacuum cleaner khusus mobil. Yang sulit dibersihkan adalah jika alas kaki yang digunakan, menginjak kerikil dan benda agak cair lainnya.  

#3 Karpet Mobil Membantu menjaga kesehatan kabin dalam mobil

Pengendara mobil dan penumpang adalah dua komponen yang dapat merasakan bagaimana nyaman dan tidak nyamannya kabin mobil.

Rasa nyaman itu bisa hilang jika di lantai dasar mobil menyimpan bau-bau yang mengundang lalat masuk dan berkembang biak di dalam mobil.

cover jok mobil tesla

Saat kita duduk di dalam mobil, entah sebagai pengendara atau penumpang, kita sering tidak menyadari bahwa terkadang kita melepas alas kaki dan menggesek – gesekkan telapak kaki pada karpet mobil yang kita injak.

Kendaraan ruang tertutup seperti mobil kadang membuat penumpang  tertentu merasa tidak nyaman lalu mencari alternatif  rasa nyaman tersebut dengan cara menggerak – gerakkan telapak kaki pada karpet mobil.

BACA LAGI  Harga Selimut Mobil Terbaru 2018

Apabila lantai dasar pada mobil tidak diberi alas seperti karpet mobil sehingga lantai tersebut sulit dan jarang dibersihkan, dikahawatirkan kuman-kuman yang menempel pada lokasi tersebut masuk ke tubuh manusia melalui pori-pori telapak kaki lalu menyebar di dalam tubuh.

Tidak mau hal itu terjadi, bukan?

#4 Menjaga nilai jual kembali

Setiap mobil selalu dilengkapi karpet bawaan pabrik yang melekat pada bodi dalam atau kabin, seperti beludru, dan cenderung susah dibersihkan bila ketumpahan cairan.  

bengkel mobil

Apabila karpet tersebut tidak diberi lapisan tambahan di atasnya seperti karpet mobil, maka kualitas karpet bawaan pabrik akan menurun dan kadang menurunkan minat beli  siapapun calon pembeli yang melihatnya.

Mungkin kalimat tersebut terkesan mengada-ada dan lebay. Tapi, dapat dibuktikan dengan cara sering-sering melihat bazar mobil dan membandingkan kabin – kabin mobil yang dipajang pada acara tersebut.  Karena mobil yang “apik” terlihat dari kondisi kabinnya .

Calon pembeli memiliki kecenderungan untuk memilih mobil dengan keseluruhan detail yang baik karena mereka merasa mengeluarkan uang untuk mendapatkan sesuatu sehingga mereka merasa memiliki hak untuk mendapatkan sesuatu yang baik.

Hal tersebut juga berlaku untuk mobil. Apabila ada noda yang menempel pada karpet bawaan pabrik yang sulit dilepas, maka noda itu akan menempel pada karpet bawaan pabrik, selamanya. Noda tersebut mungkin bisa disamarkan dengan berbagai cara, meski tetap meninggalkan bekas.

Tentu akan terlihat “buruk rupa” apabila membersihkan karpet bawaan pabrik dengan cara memotongnya secara serampangan. Dan terlalu menguras dompet  apabila mengganti keseluruhan karpet bawaan hanya karena ketumpahan kopi, misalnya.

Memberikan pelapis di atas karpet bawaan pabrik akan sangat memudahkan pemilik mobil dalam perawatan mobil kesayangan mereka.

#5 Sebagai peredam dalam mobil

Fungsi ini dapat dirasakan manfaatnya saat pengendara atau penumpang menyalakan lagi dari mp4 mobil. Suara dari dalam mobil dapat teredam dengan baik karena keberadaan karpet pelindung dasar kabin mobil dan karpet mobil tambahan.

Beberapa hal yang tersebut di atas adalah beberapa fungsi karpet mobil yang perlu disadari pengguna mobil sebagai kendaraan sehari-hari. Tentu saja fungsi tersebut bertujuan untuk  meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna mobil.

Karna fungsi karpet mobil di atas, sebaiknya para pemilik mobil, baik mobil second atau mobil baru, yang baru saja memiliki mobil tersebut, segera ke toko asesoris kendaraan untuk membeli karpet meteran dan melapisi bagian dasar lantai kabin mobil menggunakan karpet.

Selalu gunakan prinsip lebih baik mengeluarkan sedikit biaya ekstra untuk membeli karpet mobil daripada harus membiarkan karpet bawaan pabrik terkena cairan-cairan yang tidak sengaja tertumpah karena ketidaksengajaan siapapun yang sedang menumpang mobil kita. 

Demikian ulasan mengenai asesoris karpet yang sebaiknya segera dipertimbangkan oleh para pemilik mobil untuk segera membeli barang tersebut.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!