Akhir-akhir ini, sebagian besar wilayah Indonesia terasa lebih dingin dari biasanya. Orang Jawa menyebutnya mbedhidhing atau hawa yang membuat gigi gemerutuk.

Hawa dingin yang mampir di wilayah Indonesia rupanya berasal dari monsoon Australia yang membuat sebagian besar Jawa dan Nusa Tenggara terasa lebih dingin dari biasanya. Dan, membuat siapapun ingin berselimut lama-lama.

Kalau manusia saja merasa dingin, bagaimana dengan mobil?

Kabar baiknya, mobil tidak begitu merespon dingin selebay manusia, tetapi, tetap saja harus ada perlakuan khusus untuk kamu yang mengaku sayang dengan mobil:

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

#1 Selalu selimuti mobil kamu dengan cover mobil

cover mobil
cover mobil

Cover mobil tujuannya tidak hanya untuk mengindarkan mobil dari sengatan matahari, tetapi juga untuk menghindarkan mobil dari debu yang lebih banyak bertebaran di musim kemarau berhawa dingin seperti ini.

#2 Selalu panaskan mobil walaupun tidak dipakai

Hal ini dilakukan agar mesin tidak mengalami korosi karena karat pada mesin yang muncul akibat dari mobil yang lama tidak digunakan. Memanaskan mobil juga bertujuan supaya air ataupun embun yang ada di dalam mesin bisa menguap.

#3 Ganti oli dulu sebelum dipanaskan

Hal ini berlaku untuk mobil yang tidak digunakan selama lebih dari tiga bulan. Sebaiknya langsung dibengkelkan dulu sebelum dipakai berkendara.

Jangan lupa untuk mengecek segala fungsi tombol dan perhatikan lampu indikator masing-masing. Jangan sampai terlewat mengisi bensin, misalnya. Cek aki, kabel, dan kelistrikan lainnya. Gantilah kabel yang lecet atau rusak dengan segera.

#4 Cek karet wiper

Meskipun wiper sedikit lebih jarang digunakan pada musim kemarau, sebaiknya karet wiper tetap dicek dan diganti bila diperlukan. Tujuannya, supaya ketika akan digunakan, wiper tersebut dapat digunakan secara maksimal.

Perjalanan akan lebih nyaman dengan kaca depan yang bersih daripada yang berdebu.

#5 Bersihkan cabin dalam mobil dari benda-benda berbau tajam

Mobil adalah kendaraan tertutup dengan aliran udara tidak sebanyak kendaraan terbuka lainnya. Jika ada benda seperti kulit durian, sepatu yang belum dicuci, jok yang belum dibersihkan, segera bersihkan.

Hawa dingin di luar mobil membuat bau-bau tidak sedap itu bertahan lebih lama.

#6 Gunakan pengharum mobil yang memiliki efek hangat

Hal ini bukan berarti kamu harus menggunakan aroma balsam, minyak kapak, atau semacam itu. Gunakan pengharum mobil seperti citrus, kopi, cokelat, dan lain-lain. Tapi, pastikan kamu tidak merasa pusing dengan aroma tersebut.

Kalau ada orang selain kamu yang juga akan menumpang mobil kamu, pastikan dia tidak merasa pusing dengan aroma pilihan kamu. Atau, aroma tersebut bisa diganti sebentar dengan aroma netral atau umum seperti kopi, lavender, dan lain-lain.

Memilih pengharum mobil mungkin tampak sepele, tapi sebenarnya hal ini sangat penting. Kabin mobil terusun dari berbagai komponen yang membawa serta bau khas mereka, seperti cover jok mobil, plastik yang ada di dashboard, besi di tuas perseneling, dan lain-lain.

Atas dasar itu, memilih pengharum mobil adalah untuk menambah elemen lain yang dapat mengatasi keberagaman bau yang berpotensi menimbulkan ketidaknyaman dalam berkendara.

Pengharum mobil beragam bentuknya: ada yang berbentuk cairan ( pembeliannya harus dengan alatnya lalu pembelian selanjutnya tinggal beli refillnya saja), bentuk padat (memanfaatkan suhu di dalam kabin mobil.), dan ada juga yang hanya diberi kantong goni yang berisi padatan pengharum tersebut.

Pilihlah pengharum yang sesuai dengan selera kamu, yang mudah dibeli, dan bisa mengusir bakteri yang bertebaran di dalam kabin mobil.

#7 Mandikan kesayanganmu secara rutin

Musim kemarau seperti sekarang berpotensi membuat mobil lebih berdebu. Apalagi kalau ternyata rutinitasmu dengan mobil, membawamu ke tempat-tempat kering seperti hutan jati, lapangan sepakbola outdoor, lapangan pacuan kuda, dan segala macam tempat outdoor lainnya.

BACA LAGI  Keunggulan Cover Mobil Tahan Air Dan Panas

Dengan rutinitas seperti itu, wajib hukumnya untuk memandikan kendaraan secara rutin. Debu yang menempel di badan mobil, apabila tidak dibersihkan secara rutin, akan menempel, menebal dan akhirnya merusak cat mobil. Sayang, kan?

Jadi, lebih murah dibersihkan secara rutin atau mengecat ulang body mobil?

#8 Ganti cover jok dengan tone warna hangat

THR-an nya masih ada, kan? Nah, interior mobil juga dapat menunjukkan kadar kasih sayang kamu terhadap mobil kamu. Musim kemarau dengan hawa dingin seperti ini, sangat cocok untuk mengganti cover jok mobil dengan tone warna hangat seperti teal, biru langit, peach, dan lain-lain.

cover jok mobil

Mengganti cover jok mobil tidak hanya berefek pada suasana interior mobil, tetapi juga psikologis penggunanya. Untuk penggunaan mobil dengan frekuensi tinggi, warna baru pada interior mobil yang digunakan dapat membuat suasana menjadi lebih relaks atau santai.

Bahan cover jok mobil juga perlu diperhatikan. Pastikan bahan tersebut terbuat dari bahan yang sesuai dengan harganya. Maksudnya, apabila penjual menawarkan bahan berlabel kulit asli dengan harga kulit asli, pastikan bahwa bahan tersebut memang kulit asli.

Jangan sampai kamu membayar bahan kulit asli, tapi ternyata yang kamu dapatkan adalah kulit sintetis kelas tiga. Sesuaikan dengan dana yang kamu miliki dan pastikan juga kamu bisa nyaman dengan aroma cover jok tersebut. Kenapa? Karena pengendaralah yang merasakan kenyamanan dari penggunaan cover jok mobil tersebut.

(cek juga tips membedakan cover jok asli dan sintetis)

Cover jok kulit semi kulit sangat disarankan untuk digunakan. Selain karena lebih dingin alias tidak menyerap panas, juga mudah perawatannya. Kalau basah, ketumpahan air mata, misalnya, tinggal dilap. Kalau kotor  terkena muka yang berminyak, cukup dilap. Intinya, rajin-rajinlah mengelap.

Kalau kamu setuju untuk merawat kesayanganmu dengan mengubah cover jok mobil, carilah penyedia jasa pengganti cover jok mobil yang bisa dipercaya, yang bisa memahami tebal-tipisnya kantong kamu, dan kamu bisa memesan sesuai desain yang kamu inginkan.

Setelah yakin akan mengubah cover jok mobil, carilah info di dunia maya, merek cover jok dari berbagai tingkatan. Paling tidak, ketika berada di tempat pembuatan cover jok, kamu memiliki sedikit product knowledge.

Merek-merek bahan cover jok mobil yang beredar di Indonesia bervariasi. Mulai dari Mastrotto, MB Tech, Autoleder, Lederlux, Oriileder, Star Hides, Total Syntethic Leather, dan lain-lain. Harganya pun bervariasi. Semakin bisa terlihat mewah, semakin mahal harganya.

Tapi, tentu saja, cover jok kulit asli selalu lebih mahal dari cover jok kulit sintetis dan varian warnanya tidak seberagam warna cover jok kulit sintetis.

Perawatan seperti ini layaknya kamu mencarikan dokter untuk pacar, anak, atau pasangan hidup: jangan sembarangan dan kalau bisa spesialis pada bidang tersebut. Perhatikan second opinions dari berbagai pihak lalu jatuhkan pilihan, maka itulah yang terbaik.

Penyedia jasa cover jok mobil yang memiliki integritas akan memberikan informasi lengkap mengenai bahan terutama tentang kekurangan dan kelebihan bahan, sehingga pelanggan tidak akan merasa kecewa dan merasa tertipu atas jasa tersebut.

Apabila mobil tersebut sering digunakan untuk perjalanan jauh seperti  traveling, entah disewakan atau digunakan sendiri, perubahan cover jok mobil dapat menambah semangat penggunanya. Suasana baru, semangat baru.

#9 Pukul body mobil sebelum digunakan

Nah, setelah perawatan standar dilakukan, ditambah dengan cover jok baru, jangan lupa untuk selalu memukul mobil sebelum dikendarai. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk pemilik mobil yang memarkir kendaraannya di ruang terbuka seperti carport, di halaman rumah, di depan rumah, dan lain-lain.

Musim dingin seperti sekarang ini sangat memungkinkan hewan seperti kucing liar dan tikus untuk mencari tempat hangat seperti di bawah atau bahkan menyelinap, semampu mereka, menerobos masuk ke dalam ruang kosong dekat mesin yang hangat.

Demikian tips untuk merawat mobil kesayanganmu supaya lebih awet dan cantik. Bagikan tips ini supaya lebih banyak car owner merasakan manfaatnya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!