Karpet Mobil Avanza : Beragam Karpet Mobil Avanza Bikin Kaki Kamu Nyaman

Mobil, Tips

Kalau kamu mengendarai mobil Avanza, maupun mobil merk lain, karpet mobil avanza adalah benda yang seharusnya selalu ada di dalam mobil. 

Karpet mobil adalah benda yang dirancang untuk melindungi karpet bawaan pabrik yang menempel pada kerangka mobil dari debu, cairan, kotoran, dan lain-lain. 

Karpet mobil Avanza rata – rata terbuat dari karet murni. Tapi, tidak jarang juga yang terbuat dari bahan suede atau beludru. Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar bahan baku karpet mobil Avanza yang wajib kamu ketahui : 

Karpet mobil avanza bahan karet murni atau asli 

Jenis ini terbuat dari karet murni. Bahan pertama yang paling sering digunakan untuk membuat karpet mobil adalah karet asli. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan penggunaan karpet mobil Avanza dari karet asli ini, beberapa di antaranya adalah mudah dibersihkan dan punya umur yang lama, alias tergolong awet.

karpet mobil avanza

Namun, dibalik kelebihannya itu, karpet mobil yang terbuat dari karet memiliki kekurangan, yakni harganya yang tergolong mahal. Meski begitu, hal tersebut sebanding dengan kualitas yang ditawarkannya.

Bahan beludru

Kamu yang menginginkan tampilan dan kenyamanan kabin khas mobil premium? Kamu perlu mempertimbangkan untuk membeli karpet mobil beludru. Tekstur bulu-bulu yang lembut akan memberikan tampilan doff eksklusif dan kesan nyaman yang akan kamu dapat seperti mobil premium.

Bahan sintetis 

Selain karet asli, ada juga yang terbuat dari bahan sintetis. Tak seperti bahan karet asli, karpet mobil dengan bahan utama sintetis lebih diminati di pasaran karena harganya yang cukup terjangkau dan  mudah dibersihkan. 

Selain itu yang dibuat dari bahan karet sintetis juga hadir di pasaran dalam bentuk yang beragam.

Bahan PVC atau Polivinil Klorida 

Karpet mobil yang dibuat dari bahan polivinil klorida PVC atau  bisa dengan mudah ditemukan dengan nama ‘karpet mie’. Karpet mobil Avanza dengan julukan karpet mobil mie cukup diminati para pemilik kendaraan di Indonesia. Sebab, karpet mie memiliki beberapa keunggulan yang ditawarkan, dibandingkan dengan jenis lainnya.

Pertama, lantaran bentuknya yang terlihat seperti gumpalan mie, karpet mobil yang dibuat dari bahan dasar PVC ini mampu memberikan banyak daya cengkram yang baik untuk kaki. Selain itu, memiliki tekstur fleksibel, karpet mie mudah untuk dipasang sekaligus nyaman di kaki penumpangnya.

Selain itu, bahan PVC dipercaya higienis sehingga membuat kabin mobil terhindar dari bau tidak sedap. Menariknya lagi, beberapa varian karpet mie memiliki teknologi antibakteri sehingga jamur tidak mudah tumbuh.

Model Karpet Mobil Avanza 

Karpet mobil Avanza ada beragam bentuk dan jenis bahan pembuatnya. Karena mobil Avanza memiliki banyak penggemar di Indonesia, maka banyak produsen yang membuat produknya dengan presisi. 

Berikut ini beberapa model dari beragam seri-nya. 

Model Karpet Avanza berbahan Karet

karpet mobil avanza
karpet mobil avanza
karpet mobil avanza

Pada dasarnya, model karpet mobil Avanza tidak akan berubah jauh dari desain pabrikan selama tidak ada perubahan bentuk mobil Avanza itu sendiri. 

Cara Membersihkan Karpet Mobil Avanza 

Persiapan untuk Membersihkan Karpet Mobil Avanza

1. Keluarkan karpet mobil, entah karpet karet atau kain, dari mobil, jika memungkinkan. Buka semua pintu mobil satu per satu dan keluarkan karpet mobil jika bisa dilepas. Jangan membersihkan karpet mobil saat masih terpasang di dalam mobil.

Keluarkan karpet untuk mencegah air merusak interior mobil. Selain itu, kamu harus mencegah produk yang mengandung bahan minyak atau busa bersentuhan dengan pedal gas, kopling, dan rem karena dapat membuatnya menjadi licin dan menyebabkan kaki tergelincir dari pedal saat berkendara. Hal itu bisa sangat membahayakan. 

BACA LAGI  Tempat Jual Sarung Mobil Bekas di Indonesia

Bersihkan karpet di luar mobil. Kebanyakan karpet mobil bisa dilepas. Namun, terkadang karpet menjadi satu dengan interior mobil. Untuk urusan itu, kamu harus membersihkannya di dalam mobil.

2. Bersihkan karpet kain dengan penyedot debu terlebih dahulu. Gunakan penyedot debu untuk memastikan semua partikel debu dan residu lumpur dari karpet mobil sebelum Anda membersihkannya lebih lanjut.

Membersihkan karpet mobil yang basah mungkin sulit. Memang tergantung bahan karpet mobil Avanza – nya juga, sih.  Gunakan soda kue untuk menyerap kelembaban dan bau. Taburkan soda kue secara merata pada karpet dan biarkan selama 10-20 menit sebelum menggunakan penyedot debu.

Gunakan penyedot debu untuk membersihkan kedua sisi karpet mobil Avanza. Pastikan tidak ada remah-remah dan debu yang tertinggal.

3. Guncang-guncang atau pukul-pukul karpet untuk menyingkirkan kotoran. Cara ini akan melepaskan debu yang bersarang di karpet, baik yang terbuat dari karet atau kain. Lakukan di luar rumah. Atau, pukulkan karpet ke lantai beberapa kali untuk melepas debu.

Carilah permukaan keras yang bisa digunakan untuk memukulkan karpet. Trik ini cocok untuk karpet mobil Avanza dari bahan karet maupun kain. Kamu juga bisa menggunakan pengerik untuk melepaskan kotoran yang mengeras di atas karpet karet sebelum membersihkannya.

Cara Lain Mencuci Karpet Mobil Avanza

Mencuci Karpet Mobil Avanza Bahan Karet

  • Pilih karpet mobil karet yang berkualitas bagus. Kebanyakan karpet mobil terbuat dari karet, terutama di daerah yang sering dilanda hujan, karena dapat memberikan perlindungan yang baik terhadap kelembaan dan lebih cepat kering dibanding karpet kain.

    Pilih karpet karet berkualitas tinggi sehingga tidak mudah aus atau berlubang. Keberadaan lubang membuat air mengalir ke bawah karpet dan ke lantai mobil, yang dapat menyebabkan munculnya karat.

    Jika lantai interior mobil mulai berkarat, lama-kelamaan akan mengeluarkan bau tidak sedap.
  • Ambil selang air. Gunakan selang air untuk mencuci karpet, tetapi hanya sisi yang kotor. Jangan membasahi sisi karpet bagian bawah.

    Jika tidak ada selang air, gunakan seember air (meskipun tekanan air dari selang akan sangat membantu dalam melepaskan kotoran dari karpet). 
  • Gunakan sabun untuk setiap karpet. Campurkan sabun cuci, soda kue dan air. Campuran ini akan mengapungkan kotoran. Jika tidak ada soda kue, cukup gunakan sabun cair apa saja.

    Kamu bisa menggunakan semprotan sabun atau mengoleskan sabun dengan kain lembab. Sebenarnya, tidak sulit untuk membersihkan kotoran pada karpet mobil karet. Sabun dan air bisa menjadi solusi yang memadai.

    Tingkatkan tekanan selang air dan usahakan untuk mencuci karpet dengan baik dan menyeluruh. Anda juga bisa membersihkan karpet mobil karet dengan tisu basah dan cairan pembersih tangan.
  • Karpet harus benar-benar kering sebelum kamu  menaruhnya kembali di dalam mobil. Namun, jika mencucinya di tempat cuci mobil, mungkin Anda tidak punya waktu untuk menunggunya sampai kering.

    Dalam hal ini, letakkan semua karpet di tempat semula dan nyalakan pendingin udara dan kipas secara maksimal.

    Untuk mengeringkan karpet lebih cepat, arahkan pendingin udara ke kaki. Dengan cara ini, karpet mobil Avanza  akan lebih cepat kering.

Tips Menjaga Kebersihan

  1. Jangan makan di dalam mobil.
  2. Ketika akan masuk mobil dengan alas kaki penuh kotoran, lepaskan alas kaki tersebut dan masukkan ke dalam plastik sebelum kaki kamu menginjak karpet mobil Avanza. 
  3. Ingat, mobil kamu adalah kendaraan transportasi, bukan kamar pribadi beroda empat bermesin mutakhir. Perlakukan kendaraanmu sebaik mungkin.

Semoga bermanfaat dan membuat kendaraan kamu senyaman hati pasangan. Eh, maksudnya, senyaman rumah. Share ke teman-teman, ya…

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HUBUNGI KAMI


Ingin menanyakan produk Cover Super atau konfirmasi pembayaran? silahkan hubungi kami dengan menghubungi kontak di bawah ini :
WA / SMS : 081329052002