Jok Mobil Sofa : Kenyamanan Rumah di Dalam Mobil Kamu

Feb 27, 2020 | Mobil, Tips | 0 comments

Jok mobil sofa adalah salah satu jenis jok mobil yang sebaiknya kamu coba di mobil kamu. 

Apa itu Jok Mobil Sofa ? 

Jok mobil sofa adalah jok mobil model sofa. Model jok yang diadaptasi dari sofa ini menonjolkan ketebalan busa pada jok mobil yang seringkali flat dan cenderung keras. 

jok mobil sofa

Jok mobil sofa, dilihat sekilas pun, sudah dapat dirasakan bahwa jok tersebut sangat empuk dan nyaman untuk diduduki. 

Jok model sofa ini sangat cocok untuk kendaraan roda empat yang sering digunakan untuk bepergian jauh atau traveling.  Misalnya, touring antar-negara atau antar benua. Kenyamanan jok mobil sofa sangat mendukung perjalanan jadi lebih menyenangkan. 

Ciri utama jok mobil sofa adalah ketebalan busanya mirip sofa rumahan. Selain itu, meskipun relatif, ada juga yang memiliki banyak kerutan seperti sofa rumahan pada umumnya, 

Mobil Apa Saja yang Bisa?

Semua jenis mobil sebenarnya sangat cocok diberi jok mobil sofa ini. Tergantung dari pembuatan model atau desain yang disesuaikan dengan luas ruang interior supaya tidak terkesan sempit atau sesak. 

jok mobil sofa

Bahan yang Cocok Untuk Jok Mobil Sofa 

Tentang bahan yang cocok, kembali pada selera masing-masing. Apakah lebih menyukai bahan kulit sintetis, suede, corduroy , bulu hewan sintetis, dan lain-lain. Sesuaikan dengan interior mobil supaya lebih nyaman dipandang mata. 

Selain kain jok yang tepat atau sesuai selera, bahan lain yang tidak kalah penting adalah busa. 

Busa atau foam merupakan hasil reaksi oksidasi dari bahan-bahan kimia seperti polyol.  Polyol selanjutnya dipotong sesuai kebutuhan yang diinginkan dan bisa didesain mengikuti tren dan model.

Busa atau poliyol ini biasa digunakan untuk bantal maupun landasan jok mobil. Bahan busa jok mobil yang berkualitas baik bisa dilihat dari busa yang digunakan. Busa yang berkualitas baik sering dipakai untuk busa jok mobil yang tidak mudah kempes. Pilihlah busa yang memiliki tiga bagian pada mobil, yaitu untuk sandaran kepala dan dua lagi untuk alas tempat duduk. Ini menjadi hal yang harus diperhatikan karena sangat mempengaruhi kenyamanan saat mengendarai mobil kesayangan.

Busa jok mobil atau lapisan dinding mobil sangat berguna untuk kendaraan maupun si pengendaranya. Bahan busa ini dapat dibeli dengan harga yang relatif  tidak terlalu mahal namun dengan kualitas yang baik dengan pelindung yang menggunakan bahan sintetis untuk memberikan perlindungan pada busa jok mobil. 

Kelebihan bahan sintetis pada busa akan membuat bahan busa jok mobil sofa tidak mudah robek. Inilah yang menjadikan busa sebagai primadona karena memberikan efek yang bagus untuk mobil dan si pemakainya.

Keunggulan busa yang berkualitas baik dapat memberikan rasa empuk dan nyaman saat mobil melintasi jalan yang tidak rata atau rusak. Maka, jangan menyepelekan bahan busa jok mobil karena ini merupakan hal penting saat berkendaraan. 

Jadi, pilihlah jok mobil yang empuk dan nyaman supaya tidak terlalu merasa pegal saat perjalanan.

Cara Perawatan Jok Mobil Sofa 

Untuk perawatan jok mobil model sofa ini cukup mudah. Perhatikan bahan dasarnya dulu. Jika bahan jok mobil sofa terbuat dari kulit sintetis, gunakan pembersih khusus jok kulit sintetis. 

Dibandingkan dengan bahan jok yang lain, jok mobil sofa berbahan kulit membutuhkan perhatian ekstra untuk membuatnya tetap terlihat bersih. Bagaimana langkah-langkah untuk membersihkan jok mobil yang terbuat dari bahan kulit?

Pertama, bersihkan jok menggunakan vacuum cleaner.

Setelah itu, bersihkan jok dengan sabun deterjen cair khusus, pakailah kain bersih & lembut untuk mengusap setiap bagian jok. Bilas jok untuk menghilangkan residu detergennya. 

BACA LAGI  5 Jenis Bahan Cover Mobil Anti Air, yang Wajib di Ketahui!

Terakhir, usapkan kondisioner pada jok mobil agar bahannya senantiasa terawat dan tidak cepat rusak.

Cara kedua ini khusus untuk jok mobil yang terbuat dari bahan tenun. Daripada membawa kendaraan ke salon mobil atau membeli cairan pembersih khusus yang harganya cukup lumayan, kamu bisa membuatnya sendiri. Berikut cara lengkapnya:

Pertama campurkan air dengan cairan pencuci piring ke dalam ember. Kemudian, masukkan ke dalam botol penyemprot bekas yang sudah tidak terpakai.

Setelah itu, semprotkan cairan tersebut ke jok mobil dengan radius 15-20 cm dari jok, dan gosok permukaan jok menggunakan sikat berbulu halus.

Lalu, bilas bagian jok yang terkena noda dengan lap bersih yang terlebih dahulu direndam di air hangat. 

Untuk hasil maksimal, lakukan pembilasan ini sesering mungkin. Gunakan kain berserat atau kanebo untuk mengeringkan permukaan yang telah dibersihkan.

Apabila jok model sofa tersebut terbuat dari kain seperti corduroy, suede, denim, dan sebagainya, gunakan penyedot debu terlebih dahulu. Kalau bisa gunakan penyedot debu khusus sofa supaya bakteri dan debu yang menempel lalu menyelinap di dalam jok, bisa terangkat tuntas. 

Jika ada noda yang menempel, gunakan pembersih berupa air yang dicampur deterjen lalu disemprotkan ke bagian jok yang terkena noda, perlahan. Setelah disemprotkan, bersihkan bagian yang terkena noda pelan-pelan supaya serat kain tidak rusak. 

Di mana bisa Ganti ?  

Banyak tempat yang menyediakan jasa pemasangan jok mobil sofa. Tapi, pastikan bahwa bekleed yang kamu pilih selain memang terpercaya juga konsisten menjaga kualitas produk dan jasanya. 

Produsen Mana Saja yang memproduksi Jok Mobil Sofa ?

Banyak produsen yang dapat memproduksi jok mobil sofa. Bahkan, jika kamu mau, kamu juga bisa menjadi produsennya. Tinggal cari pabrik pembuat kulit sintetis yang bisa diajak kerjasama. 

Namun, ada beberapa nama pemain di bidang aksesoris mobil dan menjadi salah satu barometer kualitas jok mobil. Sebut saja MBTech, Oscar, Ferrari dan Cover Super. Jika MBtech telah melayani aksesoris mobil sejak tahun 2002, Cover Super mulai kisaran tahun 2012an. 

Meskipun terbilang baru, namun Cover Super telah menjual ratusan ribu produk yang berhubungan aksesoris kendaraan bermotor. Reseller-nya pun telah menginjak angka ratusan di seluruh pelosok Indonesia. 

Mengenai perbandingan produk dan mana yang cocok digunakan untuk jok mobil sofa, tentu kamu harus berkonsultasi langsung dengan pengrajin jok mobil yang mengerjakan project tersebut. 

Syarat utama bahan yang bisa digunakan untuk jok mobil sofa adalah kain atau kulit dengan kelenturan tertentu dan ketebalan tertentu supaya mudah dibentuk dan sebagai tempat melekat busa. 

Dari produsen bahan jok, Oscar dan Ferrari, rata-rata memiliki bahan kulit yang tebal. Bahan Oscar cocok digunakan untuk jok mobil niaga seperti pick-up, truk, dan sebagainya. 

Produsen MBtech menyediakan bahan yang cocok dengan syarat utama pembuatan jok mobil sofa, tapi jangan komplain soal harganya yang relatif mahal, ya.  

Jika memang akan mengutamakan rasa nyaman dan kualitas jok mobil sofa, maka tidak wajib menggunakan merk – merk dari produsen yang telah disebutkan. Kamu bisa memesan di Cover Super dan akan diberikan harga menarik dengan kualitas sama baiknya dengan produsen lain yang telah mapan.

Semoga info ini bermanfaat. Share ke temen-temen kamu ya..

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *