Walaupun mobil akhir – akhir ini pertumbuhannya meningkat seiring kebutuhan, masih banyak orang yang tidak mengerti cara menyetir mobil.

Perubahan kebiasaan ini juga menjadi salah satu alasan para penjual mobil membuat berbagai promo menarik supaya lebih banyak orang membeli mobil.

Banyak orang memiliki kemampuan membeli mobil, tapi tidak semuanya bisa mengendarainya dengan baik. Selain perlu belajar, mengemudikan mobil juga perlu banyak dilatih supaya bisa menjadi pengemudi yang terampil.

Memiliki skill menyetir mobil menjadi salah satu hal yang penting di jaman sekarang ini. Nah, buat kamu yang sudah ngebet ingin bisa merasakan nikmatnya menggeber mobil, yuk baca pemaparan di bawah ini. Dijamin kamu nggak hanya bisa mengendarai mobil, tapi bisa sekeren Vin Diesel di film Too Fast Too Various.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Kenali, Hafalkan, Fahami, Istilah-Istilah Elemen pada Mobil.

Mengenal istilah-istilah pada mobil, terutama pada bagian kabin pengemudi sangat penting, karena istilah tersebut merujuk pada benda yang memiliki fungsi tertentu.

#1 Kemudi ( steering wheel )

Benda yang dipegang oleh pengemudi untuk mengemudikan atau mengendalikan roda mobil untuk belok kanan, kiri, berputar.

cara menyetir mobil dengan setir

Elemen lain yang biasanya ada di kisaran kemudi atau steering wheel adalah klakson, tombol sein kanan dan kiri, airbag, dan rata-rata adalah tempat kunci kontak ditancapkan sebelum menghidupkan mesin mobil.

Setiap produsen mobil biasanya akan bersaing meningkatkan fungsi kemudi ini. Tapi, intinya, kemudi adalah untuk mengendalikan arah dua roda depan supaya mobil berfungsi sebagaimana seharusnya.

#2 Pedal

Pedal adalah pijakan kaki di hadapan tempat duduk pengemudi. Mobil manual memiliki tiga pedal dengan fungsi berbeda: gas (kanan), rem (tengah), dan kopling atau clutch (kiri).

pedal mobil

Fungsi gas dan rem sudah jelas, untuk kopling, fungsi lainnya adalah untuk menahan laju mesin mobil setelah digas saat mobil akan berhenti. Menggunakan teknik ini dapat memperhalus laju mobil.

#3 Tuas Transmisi

Tuas ini ada di samping tempat duduk pengemudi. Fungsi tuas transmisi adalah untuk memindah gigi atau gear mobil. Standar mobil manual memiliki 6 transmisi: gigi 1-5 dan satu transmisi untuk memundurkan mobil. Setiap transmisi memiliki putaran mesin tertentu

tuas transmisi mobil

#4 Tuas Rem Tangan

Tuas ini ada di dekat tuas transmisi. Gunanya untuk membantu pengemudi menghentikan mobil di saat darurat atau membatu menstabilkan gerak mobil ketika mobil harus diparkir dipinggiran jalan menanjak.

Tuas rem tangan ini juga sangat membantu pengemudi supaya tidak menginjak pedal rem terlalu sering saat berhenti di perempatan dengan rentang waktu sampai semenit atau lebih.

Selanjutnya, cara menyetir mobil manual secara aman adalah sebagai berikut:

#1 Carilah lokasi dengan permukaan datar.

Carilah lokasi dengan permukaan datar seperti lapangan atau alun-alun, stadion, atau ruas jalan yang datar dan lumayan sepi.

#2 Atur Tempat duduk

Tuas pengatur tempat duduk biasanya ada di bagian bawah jok tempat duduk pengemudi. Tiap orang memiliki tinggi badan dan panjang kaki yang berbeda.

Mengatur posisi tempat duduk bertujuan supaya pengemudi nyaman dan perjalanan lancar. Untuk yang sedang belajar cara menyetir mobil , pada bagian ini bertujuan supaya pengemudi mudah menginjak pedal dan mengatur kontrol kaki pada pedal-pedal tersebut.

#3 Gunakan sabuk pengaman

Pada tempat duduk pengemudi, ada sabuk pengaman yang wajib digunakan pada setiap pengemudi akan mengemudikan mobil. Mobil jenis tertentu bahkan akan memberikan sinyal kepada pengemudi apabila sabuk ini belum terpasang dengan benar.

#4 Masukkan kunci ke lubang kunci, tapi jangan distarter dulu

Gunanya memasukkan kunci ke lubang kunci adalah supaya kamu tidak lupa bahwa kamu sudah membawa kunci.

#5 Masukkan Tuas transmisi atau perseneling pada posisi netral

Ciri posisi netral untuk tuas transmisi adalah kamu dapat menggeser tuas itu ke kanan dan ke kiri dengan mudah.

#6 Letakkan kaki kiri pada pedal kopling, kaki kanan pada pedal rem

Ada baiknya kamu beradaptasi dengan pijakan untuk melemaskan kaki dan mempermudah kontrol kaki pada pedal. Juga untuk memastikan bahwa pedal berfungsi dengan baik sebelum kamu menggunakannya.

Gunanya pedal kopling adalah memutus hubungan antara putaran roda dan putaran mesin. Jadi, ketika kamu menginjak pedal kopling, mesin mobil tetap hidup, mobil melaju dengan sisa energi  yang tidak terlalu besar.

BACA LAGI  Daftar Cat Mobil Terbaik Untuk Jenis Mobil Apapun

Kopling juga akan sering diinjak ketika kamu ingin mengubah gear satu ke gear lainnya.

#7 Hidupkan atau starter mobil perlahan

Pada step ini, kamu disarankan untuk membuka jendela dekat tempat dudukmu supaya kamu dapat mendengar suara mesin mobil yang nantinya akan menderu.

#8 Injak pedal gas perlahan, kaki kiri masih berada di pedal kopling

Dengarkan suara laju mesin tersebut. Kamu harus mulai beradaptasi dengan sensitifitas pedal gas yang kamu injak. Ada pedal gas yang sensitif yaitu ketika ditimpa sandal atau sepatu tanpa diberi beban dari kaki kananmu, mobil tetap bisa melaju.

Pedal seperti ini harus diwaspadai oleh para pembelajar mobil pemula karna biasanya mereka belum terbiasa dengan pedal sensitif.

Setelah mengetahui sensitivitas pedal gas, ikuti langkah selanjutnya.

  • Masukkan tuas perseneling ke gear 1 atau gigi 1
  • Angkat kaki kiri dari pedal kopling, injak pedal gas perlahan.

Pada tahap ini, mobil akan melaju. Gerakkan steering wheel atau kemudi ke arah bebas rintangan atau halangan.

  1. Injak pedal gas sedikti lebih dalam supaya mobil melaju lebih cepat.
  2. Selamat, kamu sudah bisa mengendarai mobil.

Hal yang harus sangat diperhatikan oleh para pembelajar mobil pemula:

Ingin Cepat Cara Menyetir Mobil? Wajib konsentrasi

Pertama kali duduk di kursi pengemudi sering membuat siapapun gugup dan telapak tangan berkeringat dingin. Semua orang mungkin mengalami hal tersebut.

Karna semua hal yang bersifat pertama kali selalu membuat gugup dan was-was. Perasan gugup dan was-was inilah yang harus diatasi.

Jangan Pernah melepas kaki kiri dari pedal kopling.

Hal ini sangat penting karena meskipun mesin masih hidup, paling tidak pedal inilah yang dapat memutus putaran mesin dan gear. Mobil masih tetap melaju tapi perlahan dan mengurangi kemungkinan cidera karena berhenti mendadak.

Ga usah selfi!

Mentang-mentang pertama kali belajar cara menyetir mobil manual , lantas kamu ingin pamer ke mana-mana. Nanti saja kalau kamu sudah secanggih pembalap Formula One, pamerlah sepuasmu.

selfie di dalam mobil

Ingatlah, konsentrasi itu penting. Mobil itu berbeda dengan kendaraan lain. Selain bentuknya yang besar juga memiliki kecepatan yang lebih cepat dari kendaraan lain. Kalau kamu teledor lalu salah injak pedal, kan bahaya.

Pakailah Jasa Mentor

Jangan karena saking ngebetnya ingin bisa mengendarai mobil dan mendapatkan cara mengendarai mobil manual dari internet lantas kamu coba-coba sambal. Maksudnya, kalau pas belajar dan tidak terjadi apa-apa, selamat. Kalau pas belajar lalu menabrak pohon cabe, kan gawat.

memilih cover jok mobil

Lalu kamu tidak kapok karena masih penasaran belum bisa mengendari mobil manual demi pamer ke teman-teman. Please, jangan lakukan hal itu. Sayangi mobil kamu.

Relakan sekian ratus ribu saja untuk les privat mobil. Carilah LPK ( Lembaga Pelatihan Keterampilan ) yang bisa membantumu sekalian mendapatkan SIM A. Jasa seperti itu sekarang sudah sangat banyak dan tersebar di seluruh Indonesia.

Menggunakan jasa LPK juga akan mengantisipasi kejadian tidak menyenangkan terjadi pada mobil kamu nan mulus. Mungkin nanti akan terasa berbeda dari belajar mengendarai mobil menggunakan mobil LPK dengan menggunakan mobil pribadi.

Tapi perbedaan itu akan cepat terkuasai kalau kamu sudah benar-benar mahir menggunakan mobil. Kamu akan lebih mudah beradaptasi menggunakan mobil apapun.

Berlatihlah mengendarai mobil pada track lurus

Setelah terbiasa menggunakan kopling, gas, rem, tuas perseneling, berlatihlah di jalan lurus. Pastikan jalan itu sepi dari lalu-lalang kendaraan supaya kamu tidak grogi.

Kadang ada mentor yang langsung membawa kamu ke jalan yang sempit dan banyak aktivitas kendaraan lain. Tujuannya tidak lain agar kamu segera terbiasa menggunakan mobil.

Mentor seperti ini biasanya sudah sangat terlatih dalam melatih dan menguasai medan dengan sangat baik.

Jangan bermain-manin dengan Perseneling

Kecuali jam terbang mengemudimu sudah sebanding dengan sopir truk ikan dari pelabuhan, kamu bolehlah berlagak seperti pembalap professional yang dengan mudah menginjak pedal rem, gas, kopling secara cepat dan tangkas.

Kalau kamu masih unyu-unyu, pegang kemudi mobil saja tanganmu bergetar, simpan dulu keinginan sok keren itu.

Berlatihlah dengan baik dan sesuai prosedur dulu. Kalau sudah mahir, silakan berimprovisasi dengan kopling, gas, rem, tuas perseneling, dan slalom-lah sesuka hati asal aman dan bertanggung jawab.

Nah, selamat mencoba. Selamat berlatih cara menyetir mobil manual. Ingat, stay safe drive.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!