fbpx

Bulatan dengan tiga garis, rata-rata berukuran besar, mengilap di permukaan kap depan yang lebar. Semoga kalimat pembuka ini bisa membawa imajinasi siapapun setuju bahwa Mercy atau Mercedes sangat popular di Indonesia.

Masih dengan bulatan. Kali ini bulatan tersebut terbagi oleh empat garis berwarna putih dan biru. Ya, itu adalah BMW. BMW , singkatan dari Bayerische Motoren Werke , adalah perusahaan otomotif Jerman yang memproduksi motor dan mobil. Didirikan pada tahun 1916, perusahaan otomotif ini masih langgeng sampai sekarang.

Dua merek mobil produksi Jerman ini, sangat popular di Indonesia karena mayoritas penduduk Indonesia, untuk kalangan tertentu, menggunakan dua merk mobil asal Jerman ini sebagai  kendaraan sehari-hari.

Namun, tahukah teman-teman, bahwa merk mobil asal Jerman tidak hanya Mercy dan BMW, lho. Berikut ini adalah merk mobil buatan Jerman yang juga wajib kamu tahu kalau kamu ngaku maniak mobil:

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

1. AUDI

Didirikan oleh August Horch tahun 1899 merk mobil asal Jerman ini melejit dengan simbol 4 cincinnya. Sempat berubah merk, nama “AUDI” ditemukan tahun 1910 dimana dua huruf dari merk AUDI diambil dari nama depan pendirinya yaitu August Horch.

Perusahaan otomotif ini sempat berhenti beroperasi pada Juli 1909 dan pada 1939, Audi bergabung dengan 2 perusahaan otomotif lainnya. Simbol 4 cincin yang diusung Audi adalah simbol bersatunya perusahaan otomotif yaitu DKW, Wanderer, Auto Union AG, Audi sendiri yang membentuk kesatuan yang disebut Auto Union UG. Maka, berkembanglah AUDI hingga sekarang.

Audi, Merk Mobil Asal Jerman

Merk mobil asal Jerman yang mengusung slogan “keuntungan melalui Teknologi “ atau Vorsprung Durch Technik benar-benar totalitas dalam mengusung teknologi masuk ke dalam mobil.

Mobil keluaran AUDI yang terbaru, meluncur  bulan Oktober 2019, yaitu AUDI 4, dibanderol seharga 1,2 M.  Sedangkan AUDI termahal masih dipegang oleh AUDI R8 dengan mahar 7,5-8,5 M.

2. PORSCHE

Merk mobil asal Jerman satu ini menggunakan nama belakang pendiri perusahaan Volkswagen. Ya, Porsche memang di bawah bendera Volkswagen. Didirikan tahun 1931, saat perang dunia, Porsche pernah menjadi merk tank penghancur.

Kantor mobil mewah yang berpusat di Stuttgart, Baden-Wurttemberg, Jerman, dengan wilayah operasi di seluruh dunia, memiliki 19.456 karyawan (per 2013).

Porsche, Merk Mobil Asal Jerman

Porsche mengambil segmen mobil sport. Sejak 1964 Porsche sering memenangkan banyak kompetisi. Maka, Porsche membuat Porsche 911 sebagai pengganti Porsche 365 dan menjadikan Porsche jenis ini sebagai mobil paling terkenal dan sangat sukses di berbagai ajang balap.

Karna kesuksesannya dan dukungan para penggemar mobil, Porsche 911 masih diproduksi sampai sekarang.

3. VW atau Volkswagen

Sejarah mobil ini cukup unik. Bermula dari bidang konsultasi pengembangan dan pengerjaan mobil, Ferdinand Porsche, Insinyur Austria, mendapat tugas dari pemerintah Jerman untuk membuat mobil rakyat bernama “Volkswagen” . Perusahaan yang dipimpinnya pun menghasilkan model mobil bernama Volkswagen Beetle yang kemudian hari menjadi salah satu desain mobil tersukses sepanjang masa.

Volkswagen, Merk Mobil Asal Jerman

4. Adler

Merk mobil asal Jerman ini didirikan sebelum tahun 1900 dan beroperasi dari tahun 1900 hingga 1957. Pada perang dunia ke II merek ini digunakan untuk mesin ketik. Sebelum berhenti beroperasi, pada tahun-tahun terakhirnya, Adler membuat sepeda motor, namun kemudian prototype atau desain motor tersebut diserahkan Adler kepada Inggris.

Adler, Merk Mobil Asal Jerman

5.  Opel

Pernah dengar mobil dengan merk Opel? Ya, mobil Opel ini pertama kali dibuat tahun 1862 oleh Adam Opel. Berasal dari kota Russelsheim, mobil ini menyebar ke seluruh dunia.

Sebelum memproduksi mobil, Adam Opel memproduksi sepeda. Namun, perkembangan ekonomi dan teknologi, membuat  Adam mengembangkan usahanya ke dunia otomotif.

Opel, Merk Mobil Asal Jerman

6. Alpina

Kisah tentang merk mobil asal Jerman satu ini tidak bisa dilepaskan dari BMW.

BACA LAGI  Cara Mudah Mendapatkan Cover Mobil Yang Bagus

Pada 1962, sang pendiri Alpina, Burkard Bovensiepen, mengembangkan karburator ganda weber untuk BM 1500. Rupanya mesin itu sangat memuaskan bos penjualan BMW, Paul G Hahnmann. Maka, pada 1964, BMW memberikan sertifikasi penuh pada mesin buatan Burkard bahkan memberikan satu bagian khusus untuk Burkard mengembangkan mobil dengan sistem-nya.

Dari “lampu hijau” yang diberikan oleh BMW, Burkard mendirikan Alpina Burkard Bovensiepen KG  pada 1 Januari 1965 di Kaufbeuren, Bavaria. Pada awal pendiriannya, Burkard hanya memiliki 8 karyawan.

Dengan kedekatannya pada BMW, karena berhasil mengembangkan salah satu mesin mobil mereka, Alpina terus mengembangkan kualitas mesinnya. Pada tahun awal-awal berdirinya, Alpina terus membangun inti karburator dan crankshaft penyetelan kompetensi untuk mengambil inti sari mesin-mesin BMW lalu dikembangkan dengan sistem Alpina.

Dari ketelatenannya itu, Alpina memiliki performa sangat baik dan menjuarai banyak kejuaraan Mobil Tur Eropa pada kisaran tahun 1968 – 1977.

Karena sejak awal Alpina didirikan untuk mensuport BMW, jumlah produksi mobil dan gerak pemasarannya pun dibatasi. Berkaitan dengan hal itu, Alpina mengundurkan dari Kejuaraan balap mobil pada 1988 dan mulai fokus mengembangkan satu set  mobil BMW Alpina.

7. Bitter Cars

Bitter semula terkenal dengan desain mobil 3 pintu (satu pintu masuk pada kabin pengendara dan dua pintu masuk di sisi penumpang).

Pada desain awal, Bitter Cars memiliki kap depan yang luas dan mengerucut pada bagian bumper depan. Mulai 2007, Bitter menyesuaikan modelnya dengan bentuk sedan masa 2000an dengan kap depan lebih pendek dari varian sebelumnya dan bumper yang lebih lebar. Model seperti ini mirip model BMW.

Karena memiliki keahlian re-body kendaraan pabrik lain, justru membuat Bitter Cars tidak memiliki ciri khas yang bisa dibanggakan. Bitter mencoba mengambil hati konsumen dengan berbagai purwarupa desain mobil dengan budget tertentu, rencana tersebut masih tidak sukses sampai sekarang.

8. Gumpert

Pada 2000, Roland Gumpert, pendiri perusahaan Gumpert, mengusulkan generasi baru mobil sport. setelah lebih dari tiga tahun di Cina sebagai kepala penjualan dan pemasaran yang bertanggung jawab atas pengembangan jaringan dealer Audi-VW, dia kembali ke Jerman pada akhir 2001.

Desainer mobil AUDI, Roland Mayer, bertanya kepadanya apakah dia akan membantu dalam membangun sebuah mobil sport prototipe. Audi menyetujui keterlibatan Gumpert dalam proyek ini, dengan syarat bahwa, jika mereka akhirnya mengembangkan mobil sport baru, itu tidak akan menjadi prototipe, tetapi produk seri.

Perusahaan yang berlokasi di Altenburg, Jerman ini didirikan pada tahun 2004 dengan nama GMG Sportwagenmanufaktur Altenburg GmbH. Pedoman teknis telah ditentukan dan desain pertama mobil dibuat oleh Marco Vanetta. Setelah Vanetta menyelesaikan proses ini, model skala pertama mobil Gumpert 1: 4 diproduksi pada tahun 2001.

Gumpert melanjutkan pengembangan Apollo, bersama dengan Universitas Teknik Munich dan Universitas Ilmu Pengetahuan Terapan Ingolstadt. Mereka membantunya dengan pekerjaan konstruksi, simulasi komputer, dan tes terowongan angin.

Penelitian dan pengembangan ini membantu membentuk cetak biru untuk model skala 1: 1 pertama. Akhirnya, dua mobil purwarupa  dibuat. Produksi Apollo dimulai pada Oktober 2005. Segera setelah mobil jalan pertama yang berfungsi penuh berjalan ke Eropa, mobil tersebut menjadi jalan yang sah dan dijual di berbagai dealer Gumpert.

Kritikus otom,otif memuji kecepatan mobil Gumpert pada kecepatan dan akselerasinya saat melewati tikungan. Selama ulasan di majalah Autocar, kepala uji coba Matt Prior menyatakan bahwa “Apollo mengkalibrasi ulang makna kecepatan murni dan rasa berkendara”.

Pada Seri 11 Top Gear, Apollo menjilat trek uji Top Gear dalam waktu 1: 17.1, mencetak rekor yang bertahan selama 2 tahun hingga dikalahkan oleh Bugatti Veyron Super Sport.

Selain karena kecepatannya yang penuh pujian itu, Gumpert juga memiliki dua pintu yang bisa terbuka ke atas seperti sayap elang atau biasa disebut gullwing.Selain delapan merk mobil asal Jerman yang telah disebutkan dan diulas di atas, ada juga Isdera,  Borgward, dan EMW ( EISENACHER MOTORENWEK ). Jadi, tidak hanya BMW dan Mercedes saja, tapi masih ada sebelas merk mobil asal Jerman yang wajib kamu tahu.