fbpx

Mobil dengan warna polos cat mungkin akan terlihat biasa dan membuat mudah bosan. Sehingga banyak orang yang merubah mobilnya dengan gambar-gambar menggunakan stiker. Dengan stiker, mobil Anda akan terlihat menarik dengan banyak variasi. Anda bisa memilih gambar apa saja yang akan ditempelkan pada body mobil Anda.

Untuk penempelan stiker ini biasanya dilakukan oleh orang profesional. Mengingat cara pemasangannya yang tidak mudah, sepertinya kita membutuhkan ahli untuk memasangnya. Namun jika dibawa ke bengkel pastinya akan menambah pengeluaran karena harus membayar tenaga ahlinya.

Namun sebenarnya Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Meskipun terlihat sulit, kalau mau mencoba, kenapa tidak? Pemasangan stiker ini juga dapat menggunakan peralatan yang sederhana dan biasanya di rumah ada. Dengan memasang sendiri pastinya akan lebih irit karena tidak harus mengeluarkan uang jasa.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Bagi yang belum pernah memasang stiker sendiri, maka di pembahasan ini akan kami jelaskan bagaimana langkah-langkahnya dengan tepat.

Langkah-langkah Pemasangan Stiker dengan Mudah

Persiapkan Bahan dan Peralatan

Yang pertama harus Anda siapkan yaitu stikernya. Anda dapat menggunakan stiker jenis apapun untuk percobaan ini. Gunakan stiker yang ukurannya sama dengan mobil Anda atau pastikan ukuran panjang dan lebarnya sama dengan ukuran mobil.

Selain stiker, Anda juga perlu menyiapkan alat pemotong stiker yang akan digunakan. Anda dapat menggunakan cutter yang tajam. Lebih disarankan untuk menggunakan cutter yang memiliki sistem pengunci agar lebih mudah untuk digunakan memotong. Cutter dapat dibeli di beberapa tempat fotocopy biasa.

Peralatan lainnya yaitu alat penggosok atau biasa disebut squeeze. Anda dapat membelinya di toko, terdapat beberapa merek yang bisa dipilih. Gunakan produk yang nyaman digunakan yang akan memudahkan dalam proses wrapping.

Lalu kita persiapkan alat pemanas atau air heat gun yang berguna untuk memanaskan. Namun jika Anda tidak memiliki alatnya sebagai gantinya bisa menggunakan hair dryer. Gunanya ini untuk melenturkan bahan stiker ketika harus digunakan pada bagian mobil yang tidak rata.

Bersihkan Mobilnya

Setelah semua peralatan dan bahan sudah dipersiapkan maka langkah selanjutnya yaitu bersihkan mobilnya. Sebaiknya mobil dicuci terlebih dahulu hingga bersih dari kotoran yang menempel sehingga tidak akan mengganggu pada saat proses pemasangan stiker.

BACA LAGI  5 Cara Agar Mobil Tetap Cantik Dengan Memakai Mantel Mobil

Jika mobil sudah bersih, maka segera keringkan mobil menggunakan kanebo atau lap hingga kering. Ini bertujuan supaya dalam pemasangan stikernya lebih mudah.

Poles Mobil

Namun sebelum menempelkan stiker, kita juga perlu untuk memoles mobil menggunakan alkohol pembersih, atau bahan lainnya yang bisa digunakan untuk memoles. Ratakan polesan ke seluruh body mobil menggunakan spons. Jika permukaan dirasa sudah halus maka langkah selanjutnya untuk menempelkan stiker bisa dimulai.

Penempelan Stiker

Untuk langkah ini, maka siapkan stiker dengan menyisakan ukuran sekitar 5 cm pada bagian sisi-sisinya. Karena stiker dapat menyusut ketika dipanaskan. Siapkan stiker dengan ukuran mengelilingi mobil sehingga dapat menutupi seluruh body mobil Anda.

Bentangkan stiker mengelilingi mobil, untuk hal ini bisa meminta tolong bantuan orang lain untuk memegang bagian ujung-ujungnya. Setelahnya Anda bisa mengambil magnetic hook yang berfungsi untuk merekatkan stiker ke body mobil. Sebenarnya tanpa magnetic hook pun juga bisa namun Anda bisa menggunakan solasi untuk membantu dalam merekatkan.

Pastikan stiker yang Anda tempelkan dapat merekat dengan baik. Anda bisa mengurutnya dengan karet tipis agar tidak terdapat gelembung di dalamnya. Selanjutnya bisa Anda panasi dengan menggunakan hairdryer atau hotgun hingga benar-benar kering.

Lalu setelah semuanya pas, stiker bisa dikelupas dari sisi manapun. Selanjutnya Anda bisa menggosoknya secara perlahan secara searah.

Finishing

Langkah terakhir yaitu memeriksa kembali stiker yang telah ditempel rekat pada body mobil. Perhatikan setiap sudut dan lekuk pada body mobil apakah sudah pas atau masih terdapat gelembung udara di dalamnya. Jika masih terdapat gelembung bisa ditusuk menggunakan jarum untuk melepaskan udara di dalamnya. Kemudian urutkan kembali stiker menggunakan penggaris.

Demikian itu penjelasan bagaimana cara melakukan pemasangan stiker sendiri dengan mudah. Pastinya akan lebih murah jika kita bisa memasangnya sendiri. Setelah penampilan mobil sudah keren maka tugas Anda untuk menjaganya agar stiker tidak mudah rusak. Mungkin ketika sedang diparkir di rumah bisa dilindungi dengan cover mobil agar tidak mudah berdebu dan tergores.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!