Warna Cat Motor yang Bagus Sepanjang Masa

Feb 27, 2020 | Motor, Tips, Tutorial | 0 comments

Warna cat motor yang bagus bagi pencinta motor adalah salah satu elemen yang menjadi pertimbangan seseorang membeli atau tidak membeli kendaraan roda dua tersebut. Karna, tentu saja, ada segmen customer yang mementingkan “look” dibanding mesin dan kemampuan pacu kendaraan. 

Warna Cat Motor yang Bagus dan Tidak Cepat Pudar 

Adalah warna – warna gelap dan solid seperti hitam, merah, silver, dan sebagainya. Itulah kenapa kendaraan roda dua didominasi dengan warna hitam dan silver. 

Warna Cat Motor yang Bagus

Warna cat motor yang bagus seperti hitam dan silver memiliki pigmen yang tidak mudah luntur walaupun sering terkena sinar matahari. Tapi, bukan berarti kendaraan roda dua kamu bisa dengan bebas dijemur di terik matahari. Lama-lama warna solid bisa pudar juga. 

Jadi, tetap lindungi warna cat motor kamu salah satunya dengan cara memarkir kendaraan kamu di tempat yang teduh atau belilah cover motor atau sarung motor yang mudah dibawa kemana-mana supaya motor kamu tetap aman terlindung dari sinar matahari yang terik dan membakar tanpa ampun.  

Warna Cat Motor yang Bagus dan Cepat Pudar

Ada beberapa jenis warna cat motor yang bagus yang ternyata cepat pudar. Untuk kamu pencinta modifikasi spek air-brush, beberapa warna ini cepat pudar, tapi tetap akan memperindah motor kesayangan kamu jika kamu tetap ingin mengecat motornya. 

Warna cat motor yang bagus tapi cepat pudar itu adalah varian warna terang dan warna stabilo. Warna-warna tersebut memiliki pigmen yang mudah pudar ketika terlalu sering terkena sinar matahari. 

Warna cat motor varian terang atau stabilo tersebut akan dengan mudah menjadi warna putih jika terlalu sering terkena sinar matahari. 

Solusinya, jika harus membawa kendaraan roda dua hasil modifikasi dengan warna terang atau stabilo, pastikan kendaraan tersebut diparkir di tempat teduh. Atau, gunakan kendaraan tersebut sore sampai malam hari. 

Cara Mengecat Motor dengan Warna Cat Motor yang Bagus

Peralatan dan bahan yang diperlukan untuk mengecat motor sendiri :

  • Amplas kayu minimal ukuran 2000
  • Dempul 

Bahan ini berguna untuk membuat permukaan motor yang akan dicat lebih rata. Dapat menutup retak-retak yang mungkin saja akan muncul sebelum atau setelah diamplas. 

  • Epoxy, kegunaannya untuk menjadikan hasil warna cat motor yang bagus terlihat mengkilap seperti baru. Gunakan merk yang model semprot khusus untuk motor.
  • Thinner, merupakan bahan campuran untuk cat motor nantinya.
  • Cat motor. Gunakan cat motor yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan beli cat tembok untuk mengecat kendaraan. Usahakan gunakan cat dengan merk familiar supaya hasil cat tak cepat luntur.
  • Clear coat. Fungsi clear coat adalah untuk melindungi warna cat motor yang bagus supaya lebih maximal.
  • Compound / Poles motor. Fungsinya sebagai  finishing agar motor terlihat seperti benar-benar baru.
  • Lakban kertas. Gunanya untuk menutupi / melindungi part yang tidak akan dicat yang objeknya berdekatan dengan objek yang akan dicat.

Sebelum berlanjut ke cara pengecatan motor, berikut ada beberapa alat yang dipakai untuk mengecat motor :

  1. Sprygun
    Alat semprot ini sangat mudah ditemukan di toko peralatan teknik. Jika akan mengecat motor dengan alat ini, pastikan luasan target yang akan dicat tidak sedikit. Kalau hanya beberapa part saja yang akan dicat, jangan menggunakan sprygun, karna akan memakan banyak biaya.
  2. Speedcat
    Alat ini hampir mirip sprygun. Jumlah penampungan catnya lebih banyak speedcat bila dibanding sprygun , Perbandingannya 2 : 1
  3. Cat Semprot / Pilox
    Alat ini adalah cara termudah dan termurah jika akan mengecat beberapa bagian motor saja. 

Setelah bahan siap, selanjutnya ke tahap cara pengecatan motor : 

  1. Lepaskan part yang nantinya akan dicat, cuci bersih lalu keringkan.
  2. Amplas bagian yang nanti akan dicat memakai amplas yang tersedia. Fungsi amplas adalah untuk mengangkat cat yang telah ada dan menjadikan permukaan part menjadi sedikit kasar. Permukaan yang kasar menjadikan cat menempel secara lebih baik. Mengamplasnya dengan gerakan searah ke kiri-kanan atau ke atas-ke bawah supaya hasilnya merata.
  3. Bersihkan keseluruhan apabila proses amplas selesai
  4. Keringkan semua bagian memakai kanebo / menjemurnya di terik matahari
  5. Persiapkan epoxy yang telah tersedia, gunanya untuk menutup pori-pori yang nantinya dicat. Sebelum menuangkan ke speed cat atau spry gun ada baiknya dicampur epoxy menggunakan thinner. Tujuannya supaya epoxy tak terlalu kuat, campur sesuai kebutuhan, usahakan jangan terlalu encer karena akan menghilangkan fungsinya. Apabila tidak memakai speed cat dapat membeli pilox pada fungsi epoxy.
  6. Sesudah hasil amplas tersebut mengering, pakailah lakban kertas pada bagian yang tidak dikenai epoxy, apabila sudah lakukan penyemprotan ke bagian yang akan dicat. Usahakan lakukan dengan jarak 30-40 cm dari object agar memperoleh hasil yang rata dan terhindar dari cat lumer.
  7. Biarkan mengering dengan melakukan penjemuran.
  8. Lihat hasilnya apakah sudah rata semuanya apa belum. Apabila bagian yang sudah dicat terdapat goresan dari benda, bisa gunakan dempul supaya menutupinya.
  9. Lalu keringkan hasil dempulnya tersebut.
  10. Apabila telah mengering hasil dempul dan epoxynya, lakukan pengamplasan kembali hasil dempul nya hingga permukaan merata semua.
  11. Cucilah bersih hasil dempul tersebut untuk memperoleh hasil yang maksimal.
  12. Ulangi langkah nomor 8 menggunakan member epoxy secara keseluruhan pada bagian yang nantinya dicat.
  13. Apabila sudah epoxy dan kering, selanjutnya lakukan pengecatan dengan cat dasar yang tipis.
  14. Apabila cat dasar telah dilakukan dan mengering, mulailah untuk mengecat. Campurkan cat dengan thinner, usahakan jangan terlalu encer. Namun apabila menggunakan pilox langsung semprotkan saja pada bagian yang dicat. Atur jarak antara semprotan dan objek dengan baik.
  15. Lakukan pengeringan di bawah sinar matahari
  16. Selanjutnya tahap coating pada motor, lakukan penyemprotan cat coating yang tersedia, campur cat coating dengan thinner dan jangan terlalu encer.
  17. Setelah itu keringkan hingga benar-benar kering. Jemur di bawah matahari yang teriknya panasnya sedang.
  18. Setelah semuanya kering akan tampak hasil semprotan. selanjutnya ke tahap finishing yakni pemberian poles yang bertujuan memberi efek kinclong pada warna cat motor yang bagus.
BACA LAGI  Harga Mobil Kijang Bekas DIbawah 50 Juta yang Wajib Kamu Catet!

Cara Memelihara Warna Cat Motor yang Bagus

Supaya warna cat motor yang bagus tidak mudah pudar, lakukan beberapa hal ini :

  1. Hindari memarkir motor di tempat terik.
    Jika harus sering memarkir di tempat terbuka dan langsung terkena sinar matahari, bawalah sarung motor atau cover motor untuk melindungi motor kamu. 
  2. Hilangkan debu menempel lalu membandel di motor kamu
    Mungkin memang repot kalau tiap hari harus menghilangkan debu yang hampir setiap detik mampir di kendaraan roda dua kamu. Tapi, memang debu bisa mengurangi kecerahan motor bahkan bisa membuat permukaan motor tergores. Cara menghilangkan debu membandel adalah dengan cara menyiram motor dengan air lalu dilap dengan kain microfiber atau kanebo. 
  3. Jangan mencuci motor dengan deterjen dan ataupun sabun colek.
    Ceritanya lagi mau berhemat tapi malah salah langkah. Dua jenis sabun tersebut memiliki kandungan kimia yang keras yang dapat membuat warna cat pudar. Selalu gunakan sabun dan shampoo khusus kendaraan, ya. 
  4. Segera bilas kendaraan roda dua kamu dengan air bersih setelah terkena air hujan.
    Air hujan mengandung zat asam nitrat yang akan meninggalkan noda di kendaraan kamu jika tidak segera dibilas dengan air bersih. 

Empat cara mudah tadi dapat dilakukan setiap hari untuk merawat warna cat motor yang bagus supaya tidak cepat pudar atau kusam.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *