Pembersih Mobil Yang Wajib Kamu MIliki Kalau Kamu Sayang Mobilmu

Feb 27, 2020 | Mobil, Tips, Tutorial | 0 comments

Pembersih mobil adalah salah satu elemen penting kalau kamu memiliki kendaraan roda empat bernama mobil. Tujuan memiliki pembersih mobil sendiri tentu untuk membersihkan kendaraan roda empat kamu tanpa perlu sering-sering ke salon mobil. 

Selain memiliki pembersih mobil dapat menghemat waktu dan uang, kegiatan membersihkan mobil dapat dijadikan salah satu alternatif olahraga. Lumayan, kan, sekali dayung dua kegiatan dilampaui. 

Di artikel ini, ada tiga bagian penting dari mobil yang harus dibersihkan. Yang pertama, bagian eksterior. Yang kedua, bagian interior. Yang ketiga, bagian detailing mesin. 

Dua hal yang disebutkan pertama biasanya memang menjadi perhatian utama karena mudah dilakukan di mana saja. Untuk detailing memang perlu penanganan khusus meskipun tetap bisa dilakukan sendiri. 

Pembersih Mobil bagian Eksterior

Eksterior mobil atau bagian luar kendaraan roda empat adalah bagian pertama yang terlihat oleh pandangan manusia. 

Saking banyaknya perhatian orang kepada bagian ini, perusahaan otomotif pun tidak segan memberikan penampilan atau looks yang tidak sekadar elegan dan eksklusif  tapi juga membuat pengendaranya merasa sangat spesial dan jadi pusat perhatian. 

pembersih mobil
pembersih mobil

Bagian eksterior mobil ini wajib hukumnya dijaga keglowingannya dan kekinclongannya supaya mobil tidak terlihat dekil dan kusam. Sayang dong, punya Roll Royce tapi banyak bercak kotoran burung nempel sana-sini. 

Bahan Pembersih Mobil dan Peralatan yang Diperlukan

Untuk menjaga mobil kamu tetap mulus, kamu wajib memiliki beberapa benda ini: 

  1. Lap kanebo paling halus, paling bagus.
  2. Kemoceng paling halus. Jangan pakai kemoceng bulu ayam, apalagi bulu landak. Nanti mobil kamu kegores-gore, ga jadi cantik dong. 
  3. Penyemprot air. Termasuk selang juga.
  4. Cairan pembersih khusus eksterior mobil
  5. Cairan pengilap khusus eksterior mobil
  6. Cover mobil atau sarung mobil 

Step Menggunakan Pembersih Mobil bagian Eksterior 

  1. Sebelum membersihkan mobil dengan cairan pembersih mobil , pastikan debu-debu sudah hilang dari permukaan mobil. 
  2. Siram mobil dari atas ke bawah
  3. Tuangkan cairan pembersih mobil perlahan, gosok merata dengan gerakan memutar
  4. Bilas dengan air bersih dari atas
  5. Setelah bagian permukaan mobil bersih dari pembersih mobil berupa cairan pembersih seperti sabun mobil, bersihkan mobil dengan menggunakan lap kanebo. Tujuannya supaya sisa air tadi tidak menempel dan menimbulkan bercak pada permukaan mobil. 
  6. Keringkan sebentar, tapi jangan dikeringkan di bawah matahari. Keringkan mobil dengan di bawah peneduh yang mendapatkan angin. 
  7. Setelah body mobil kering, semprot atau tuangkan pengilap mobil di atas body kendaraan. 
  8. Gunakan kanebo lain yang masih bersih untuk mengelap eksterior kendaraan dengan gerakan memutar kecil-kecil. 

Pembersih Mobil bagian Interior 

Bagian interior mobil adalah bagian yang sangat penting untuk diperhatikan kebersihannya, dan keharumannya. Setelah menggunakan kendaraan pribadi, kita jarang langsung membersihkan bagian interior mobil karna lelah dan sebagainya. 

Padahal, jika ada bekas makanan basah tersisa, kaos kaki yang belum dicuci, bahkan sepatu yang tidak dibersihkan selama setahun, akan membuat bau interior kendaraan tidak keruan.  

Membersihkan bagian interior tentu harus dilakukan secara rutin supaya kecantikan interior mobil tetap terawat secara paripurna. Dan yang terpenting, baik pengemudi maupun penumpang akan merasa betah dan nyaman saat berada di dalam kendaraan. Bagaimanapun juga, pengemudi dan penumpang menghabiskan banyak waktu di dalam mobil daripada di luar mobil.  

Bahan dan Peralatan Pembersih Mobil bagian Interior yang Diperlukan

Untuk menjaga dan merawat kebersihan serta kecantikan interior mobil, gunakan bahan dan peralatan pembersih mobil sebagai berikut:

  1. Vacum cleaner

Vacum cleaner khusus untuk interior mobil biasanya kecil dan banyak tersedia di toko peralatan dan perlengkapan rumah tangga. 

  1. Lap khusus jok mobil 
  2. cairan khusus pembersih jok mobil. 

Perhatikan bahan jok mobil kamu. Jika jok mobil kamu terbuat dari kulit asli, gunakan balsem khusus untuk merawat kulit tersebut. Jika terbuat dari kulit sintetis, gunakan pembersih yang tidak membuat permukaan kulit jok mobil mengelupas. 

  1. Pewangi gantung atau semprot
  2. Air secukupnya
BACA LAGI  Panduan Mudah Dalam Memilih Cover Mobil agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Step Menggunakan Pembersih Mobil bagian Interior 

  1. Buang semua barang yang tidak terpakai di dalam mobil dan sisa makanan yang berpotensi menimbulkan bau tidak sedap. 
  2. Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan debu di bagian atap interior mobil, jok, dan karpet mobil.
  3. Jika jok mobil menggunakan sarung jok mobil, sebaiknya dilepas dan dibersihkan secara berkala. Jika memungkinkan dicuci supaya keringat yang menempel bisa hilang. 
  4. Bersihkan debu yang menempel di jok mobil, selempitan jok, lipatan-lipatan dengan menggunakan vacuum cleaner.
  5. Bersihkan bagian karpet mobil secara menyeluruh lalu semprotkan pengharum mobil sesuai selera. 
  6. Karpet mobil yang bisa dilepas, diambil lalu bersihkan di luar mobil menggunakan vacuum cleaner atau air (perhatikan bahan pembuatnya). 
  7. Bersihkan panel-panel di bagian dalam pintu-pintu mobil menggunakan kain lembut atau kanebo yang telah diberi cairan khusus.  
  8. Jika diperlukan air untuk membilas bagian tersebut, gunakan air secukupnya dengan cara menuangkan air pada kain bersih lalu gunakan kain itu untuk mengelap bagian panel yang perlu dibilas. 
  9. Bersihkan juga bagian laci-laci di dashboard, dan panel-panel lain yang perlu dibersihkan. 
  10. Jangan lupa membersihkan bagian AC mobil. 

Pembersih Mobil bagian Detailing Mesin 

Ada bagian mobil yang jarang diekspose untuk dibersihkan di rumah : bagian mesin atau detailing mesin. Pada bagian ini pun tidak disarankan untuk dibersihkan sendiri jika kamu belum berpengalaman membersihkannya. Tapi, tidak ada salahnya dicoba.

Bahan dan Peralatan Pembersih Mobil bagian Detail Mesin yang Diperlukan:

  1. Kuas cat 
  2. Sikat Gigi yang tidak terpakai
  3. penyemprot manual 
  4. kain lap bersih
  5. air secukupnya
  6. pembersih detail mesin water based 
  7. pelindung tangan atau glove
  8. cairan penghilang karat water based
  9. spidol 
  10. plastik 

Step Menggunakan Pembersih Mobil Bagian Detail Mesin :

  1. Pastikan kondisi mesin dalam keadaan dingin. Jika kendaraan roda empat kamu baru saja digunakan, tunggu sampai bagian mesin dingin supaya lebih aman saat dibersihkan
  2. tutup bagian sambungan kabel dengan menggunakan plastik
  3. buatlah campuran penghilang jamur water based dengan perbandingan 1:4, masukkan dalam botol sprayer supaya lebih mudah digunakan.
  4. Bersihkan permukaan mesin dari debu dengan menggunakan kain lap kering yang bersih.
  5. setelah semua sambungan kabel aman dan tertutup plastik, semprotkan cairan campuran tadi ke bagian permukaan mesin perlahan lalu segera bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Setelah itu segera dilap dengan kain lap bersih. 
  6.  Bersihkan bagian permukaan mesin bertahap, selebar bahu, supaya tidak ada bagian yang terlewat lalu menyisakan noda yang malah menyebabkan karat atau korosi. 
  7. Setelah pembersihan awal selesai, gunakan pengilap non-HF dan tetap water basd untuk mengilapkan permukaan mesin yang telah dibersihkan. 
  8. Buka semua plastik yang tadi membungkus sambungan kabel. 
  9. Nyalakan mesin untuk mengecek mesin mobil.

Pantangan

  1. Gunakan pembersih mobil sesuai peruntukkannya. Jika pembersih tersebut ditujukan untuk membersihkan ban, jangan digunakan untuk membersihkan detail mesin. Hal tersebut akan menyisakan bercak putih pada permukaan mesin.
  2. Sediakan waktu khusus untuk membersihkan mobil. Terutama ketika membersihkan detail mesin mobil. Jangan sampai ada yang menginterupsi step detailing mesin mobil supaya hasilnya sempurna. 
  3. Khusus detailing mobil, jangan melepas atau mencopot apapun part yang ada di dalam mesin mobil. Jangan sampai melepas aki mobil, terutama mobil otomatis atau semi otomatis. Hal tersebut akan me-resett sistem keseluruhan pada mobil. 

Tips Menggunakan Pembersih Mobil

Pembersih mobil yang ada di pasaran, sangat beragam jenis, merek, dan kegunaannya. Gunakanlah yang memang ditujukan sesuai fungsinya. 

Jika ingin menghemat pengeluaran gunakan pembersih yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti Vanish, Sunlight, dan sebagainya. Tapi, sebaiknya memang menggunakan pembersih yang formulanya dirancang untuk kendaraan. 

Semoga artikel ini bermanfaat. Share info dalam artikel ini supaya manfaatnya lebih tersebar.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *