Pajak Mobil Avanza: Info Penting Buat Owner AVANZA

pajak mobil avanza

Pajak mobil Avanza dan pajak kendaraan roda empat lainnya memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Seiring pertumbuhan jumlah pemilik kendaraan roda empat , menjadi salah satu indikator pertumbuhan ekonomi di Indonesia ini.

Apa Itu Pajak Kendaraan?

Definisi Pajak Mobil Avanza

Pajak kendaraan bermotor adalah pajak yang dipungut atas kepemilikan dan penguasaan kendaraan bermotor. Pengertian ini termasuk kendaraan berat yang memiliki mesin dan bisa dioperasikan.

Definisi pajak kendaraan bermotor yang lebih sederhana adalah pajak yang harus dibayar oleh setiap pemilik kendaraan bermotor yang mengoperasikan kendaraannya di jalan umum.

Jadi, kalau kamu punya motor, mobil, dan kendaraan bermotor lain yang beroperasi di jalan umum milik pemerintah, kendaraan kamu akan dikenai pajak kendaraan bermotor atau yang biasa disebut PKB.

Nah, hal ini juga berlaku untuk kamu yang memiliki kendaraan roda empat Avanza. Pajak mobil Avanza berlaku untuk pemilik mobil avanza sebagai bukti kepemilikan dan penggunaan kendaraan tersebut di Indonesia.

Kenapa Kita Harus Bayar Pajak Kendaraan Bermotor?

Pajak Kendaraan Bermotor Sebagai Kontributor Pendapatan Negara

indonesia go id

Pajak adalah kontribusi wajib rakyat kepada negara yang terutang, baik sebagai orang pribadi atau badan usaha.

Pajak ini bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Aspal Mulus Itu Tidak Gratis, Zheyeng..

Kamu pasti menyadari hal ini, kan? Iya, waktu kamu naik mobil Avanza kamu di jalan raya nan lebar, mulus, kinclong, lebar, kamu pasti bawaannya pengen ngebut, to? Kira-kira, nih, aspal mulus itu buatan Bandung Bondowoso atau buatan pemerintah, ya?

Pembayaran pajak merupakan perwujudan kewajiban dan peran serta wajib pajak. Pembayaran pajak untuk ikut secara langsung dan bersama-sama melaksanakan pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Sesuai falsafah undang-undang perpajakan, membayar pajak bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi juga hak dari setiap warga negara untuk ikut berpartisipasi dan berperan serta terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Cara Mengurus Pajak Mobil Avanza

Tata Cara Mengurus Pajak Mobil Avanza Baru

Untuk kamu yang baru saja membeli mobil Avanza baru, gress and cash, kamu harus segera mengurus pajak mobil Avanza yang kamu miliki.

Memang, biasanya STNK kendaraan yang barusaja dibeli dari showroom, STNK-nya akan diuruskan pihak dealer, tapi nggak ada salahnya, lho, buat kamu untuk mengetahui syarat dan prosesnya.

Lalu, bagaimana cara mengurus pajak mobil Avanza yang masih baru saja dibeli dari showroom?

  1. Persiapkan persyaratan dokumen seperti Kartu Identitas (KTP, SIM, KITAS)
  2. Formulir Pembelian
  3. Pemberitahuan Impor Barang
  4. Bukti Hasil Pemeriksaan Fisik Kendaraan
  5. Untuk kendaraan yang mengalami perubahan bentuk, harus melampirkan keterangan dari perusahaan Karoseri yang mendapat izin.
  6. Surat keterangan bagi kendaraan bermotor angkutan penumpang umum.
  7. Sertifikat Uji Tipe, Tanda bukti lulus uji tipe.

Langkah selanjutnya setelah berkas terkumpul:

  1. Datang ke Samsat dengan persyaratan lengkap
  2. Mengisi formulir
  3. Ke loket pendaftaran, persyaratan dan identitas kita sebagai pemilik kendaraan akan diteliti
  4. STNK akan disahkan dan dicetak dengan komputer
  5. Koreksi, kita akan diberitahu jika sudah selesai.
  6. Membayar ke kasir
  7. STNK jadi dan akan diserahkan ke kita

Nah, kamu santai saja. Biasanya STNK untuk kendaraan baru sudah akan diurus pihak dealer kurang lebih satu bulan untuk kendaraan roda empat dan lebih dari satu bulan untuk kendaraan roda dua.

Setelah menerima STNK, yang kamu lakukan selanjutnya adalah membayar pajak mobil Avanza tahunan sesuai tanggal yang tertera di STNK. Jangan sampai kelewat tanggal, nanti kena denda.

Cara Mengurus Pajak Mobil Avanza Lawas

Maksudnya adalah, kamu akan mengurus pajak mobil Avanza bekas orang lain alias barang second hand. Yang perlu kamu lakukan untuk mengurus pajak tersebut adalah sebagai berikut:

A. Kondisi STNK Sudah Balik Nama

Apa yang dimaksud dengan balik nama? Balik nama adalah perubahan admininstratif pada surat keterangan kendaraan dari pihak penjual ke pihak pembeli.

Apabila kondisi STNK sudah dibalik nama atau diubah namanya menjadi nama kamu atau nama seseorang dari anggota keluarga kamu, kamu cukup menggunakan KTP asli tersebut untuk dicopy sebagai persyaratan mengurus pajak mobil kamu.

Persyaratan lain :

  1. STNK Asli dan Fotokopi
  2. Mengumpulkan berkas fotokopi tadi ke loket untuk diproses
  3. Membayar pajak yang diinstruksikan di loket pembayaran (biasanya loket bank)

B. Kondisi STNK Belum Balik Nama

Kondisi ini wajar kok terjadi di dunia jual-beli kendaraan. Maka, solusinya adalah kamu harus memiliki stok KTP pemilik sebelumnya sampai kamu punya biaya untuk balik nama STNK tersebut. Syarat lainnya, sama dengan STNK yang sudah balik nama.

Cara Menghitung Pajak Mobil

Just in case kamu penasaran dengan bagaimana sih pemerintah menentukan Pajak Kendaraan Bermotor, kok sampai bisa menemukan angka segini dan segitu?

Penasaran? Pengen tau, kaaan?

Nah, jadi angka atau nominal yang muncul di kertas STNK kendaraan kamu, tidak muncul asal-asalan seperti ketika kamu menjawab essai ujian tengah semester. Angka tersebut ada rumusnya dan rumus tersebut dilindungi undang-undang.

So, simak info berikut ini:

Untuk menentukan besaran pajak Kendaraan Bermotor ( baru PKB-nya, belum pajak yang lain), diperlukan data seperti ini :

  1. Jenis Mobil
  2. Merk Mobil
  3. Tipe Mobil
  4. Tahun Pembuatan Kendaraan
  5. Cylinder (besaran CC)
  6. Kegunaan Mobil (Pribadi, Umum, Angkutan barang, dll)
  7. Tanggal Jatuh Tempo

Dari data itu akan didapatkan harga jual kendaraan (standart harga dimiliki Samsat). Data yang nantinya menjadi rumus pengali untuk menemukan besaran nominal pajak kendaraan yang harus kamu bayar.

Rumus Menghitung PKB

Rumus untuk menghitung pajak mobil Avanza sebenarnya mudah:

  1. Untuk kepemilikan kendaraan bermotor pertama, besarnya adalah sebesar 2% dari nilai jual mobil.
  2. Jika memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor akan dikenakan pajak yang besarnya 0,5% lebih besar dari kepemilikan sebelumnya. Contoh: jika punya dua mobil, maka pajak mobil kedua akan dikenakan sebesar 2,5%.
  3. Punya mobil tiga, pajak mobil ketiga sebesar 3%, dst.
    Besar PKB akan menurun setiap tahun karena menyusutnya harga jual mobil

Total Semua Unsur yang Tergabung dalam Pajak Mobil Avanza

Biaya Perpanjangan Pajak Tahunan Mobil

Nah, selain Pajak Kendaraan Bermotor alias PKB, ada biaya lain yang mesti dibayar pemilik kendaraan mobil maupun motor yang berlalu-lalang di jalanan Indonesia.

Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor ini tertera di STNK dan wajib dibayar sebelum tanggal jatuh tempo. Tanggal jatuh tempo tersebut tertulis di lembar STNK.

Berikut ini komponen biaya pajak kendaraan bermotor tahunan yang harus kamu bayar kalau kamu memiliki mobil di Indonesia:

PKB (Pajak Kendaraan Bermotor).
Besarnya = 2% x nilai jual kendaraan

SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).

Nilainya: Mobil = Rp. 143.000,-

Biaya Adm. STNK (pengesahan).
Mobil = Rp. 50.000,-

Rumus mudah hitung pajak Mobil Tahunan Biasa:

Mobil = PKB + Rp. 193.000,

Besaran PKB bisa dilihat di STNK (ingat, besaran PKB bisa berbeda-beda).

Kalau ini adalah pembayaran tahun kedua atau ketiga, tinggal lihat saja di STNK jumlah total pajak yang perlu dibayar tahun kemarin. Gunakan patokan tersebut untuk tahun berikutnya.

Biasanya, jumlah besaran pajak kendaraan bermotor tahun kedua sampai ke empat, sama atau cenderung menurun. Selama kamu tidak telat mengurus pajak tersebut, biasanya tidak akan lebih mahal dari pajak tahun pertama. Malah ada mungkin menjadi lebih murah karena ada depresiasi nilai jual kendaraan.

Cara Merawat Mobil Avanza Biar Pajak Kendaraannya Tidak Mahal-mahal Amat

Cara terbaik untuk merawat kendaraan adalah dengan memperhatikan komponen cairan, perawatan rutin, dan tidak sembarangan menggunakan kendaraan tersebut. maksudnya sembarangan adalah, ketika kamu memiliki Avanza yang notabenenya adalah family-car, jangan digunakan untuk mengangkut anak sapi, misalnya.

Selain itu, rawat eksterior mobil Avanza dengan cara menutup mobil tersebut saat tidak dipakai dengan cover mobil yang bisa kamu pesan di web ini. Kamu bisa mengeklik tulisan cover mobil yang berwarna biru tersebut supaya bisa langsung masuk ke link yang tertaut, dan kamu bisa memilih warna, desain, dan asesoris untuk kebutuhan tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya..

One response to “Pajak Mobil Avanza: Info Penting Buat Owner AVANZA”

  1. […] artikel ini bermanfaat, ya. Jangan lulpa baca tentang Pajak Mobil Avanza, […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 2 =