Cara Servis Aki Kering : Cek Aki Mumpung Social Distancing

Mar 28, 2020 | Mobil, Tips, Tutorial | 0 comments

Cara Servis Aki Kering – Accu atau Aki merupakan komponen yang sangat penting bagi sebuah kendaraan. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat, keduanya membutuhkan aki agar mesin mampu bekerja. 

Aki berperan sebagai baterai yang memiliki kemampuan untuk menyuplai daya listrik ke komponen lainnya. Oleh sebab itulah, mengapa sebuah kendaraan bisa mogok jika aki kering atau bahkan mati. Karena aki menjadi tumpuan berbagai komponen lainnya untuk menyala, mulai dari starter, AC, lampu, sistem hiburan, dan lain-lain.

cara servis aki kering

Aki dibagi menjadi dua jenis, yaitu aki kering dan aki basah. Untuk jenis aki kering, aki ini merupakan aki yang paling banyak dipilih karena dianggap lebih awet dibandingkan aki basah. Aki kering juga dipercaya lebih praktis dalam perawatan dan aliran listriknya lebih stabil. Meski demikian, aki kering juga bisa soak atau rusak. 

Hal ini biasanya menjadi masalah yang mainstream terjadi ketika ada motor atau mobil yang mogok di tengah jalan. Apalagi kelalaian pengendara untuk mengecek aki kering seringkali menyebabkan aki kering rusak atau soak.

Produk Cover Super

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir jika aki kering kendaraan kamu rusak atau soak. Kami merekomendasikan beberapa cara servis aki kering yang mudah, bahkan kamu bisa melakukannya sendiri dengan tangan kamu sendiri. Berikut kami rangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk servis aki kering.

Sebelumnya, untuk memperbaiki aki kering yang rusak, kamu perlu menyiapkan beberapa alat terlebih dahulu untuk dapat membongkar aki dan memasangnya kembali. Tentu saja alat-alat ini cukup sederhana dan bisa kamu dapatkan dengan mudah. Inilah beberapa alat yang bisa kamu gunakan.

  1. Obeng, kamu bisa menggunakan obeng minus atau plus untuk membuka tutup aki
  2. Pisau atau gergaji besi
  3. Air zuur atau air aki berkisar antara 15 ml yang bisa kamu beli di toko onderdil mobil atau motor
  4. Suntikan printer atau suntikan bekas untuk memudahkan memasukkan air aki atau zuur
  5. Selotip yang berukuran besar atau lem yang memiliki daya rekat tinggi.

Nah, jika kamu sudah selesai menyiapkan alat-alat di atas, kamu bisa mulai melakukan perbaikan terhadap aki kering yang rusak. Berikut ini kami rangkum beberapa cara servis aki yang mudah agar kamu dapat mengaplikasikannya sendiri.

  1. Langkah pertama yang pasti harus kamu lakukan adalah melepaskan aki dari tempatnya, baik itu pada mobil maupun motor. Kamu bisa membuka aki dengan menggunakan obeng yang sudah kamu siapkan sebelumnya.
  2. Setelah terlepas, kamu bisa membuka penutup aki menggunakan pisau atau gergaji. Proses ini harus dilakukan secara hati-hati agar tidak melukai tangan serta tetap menjaga kondisi fisik aki tetap baik. Jangan sampai tangan kamu terluka karena keliru atau ceroboh dalam menggunakan pisau atau gergaji.
  3. Pada umumnya pada bagian atas aki terdapat tulisan “Do Not Open” yang berarti tidak boleh dibuka. Akan tetapi meski bertuliskan seperti itu, namun kamu harus tetap membukanya untuk bisa memperbaikinya. Selain bagian atas, kamu juga harus membuka bagian samping serta belakang dari penutup aki agar bisa memasukan air aki (zuur).
  4. Langkah selanjutnya adalah melepaskan penutup wadah aki dengan obeng atau alat pembuka lainnya. Setelah terbuka, maka kamu akan melihat ada enam lubang. Lubang-lubang tersebut lah yang merupakan tempat untuk menyimpan air aki (zuur).
  5. Sebelum air aki atau zuur tersebut dimasukkan, kamu harus terlebih dahulu melihat kondisi sel yang berada pada setiap lubang. Apabila kondisinya masih bagus, maka itu berarti kamu bisa memasukan air aki melalui lubang-lubang yang ada tersebut. Biasanya setiap lubang diberi penutup karet, jadi kamu harus terlebih dahulu melepasnya sebelum memasukan air aki atau zuur.
  6. Setiap sel yang berada di lubang tersebut mampu menghasilkan tegangan listrik sebesar 2 Volt. Jadi apabila di total maka 6 sel akan menghasilkan 12 volt. Setelah kamu memahami hal ini, kamu bisa memasukan air aki atau zuur sesuai kapasitas yang bisa ditampung setiap lubang. Akan tetapi agar air aki tidak tumpah, kami menyarankan agar lebih baik kamu tidak mengisinya secara penuh, melainkan menyisakan sedikit ruang atau space di lubang tersebut. 
  7. Nah, saat kamu memasukan air aki, kamu harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan air aki atau zuur bisa menyebabkan iritasi pada kuli kamu jika terkena tangan. Jadi jangan sampai malah melukai anggota tubuh sendiri ya! Kalaupun tangan kamu sudah terlanjur kena, maka segera gosok dengan sabun agar terhindar dari iritasi.
  8. Adapun salah satu cara aman yang bisa kamu lakukan saat memasukan air aki bisa memanfaatkan suntikan yang sudah kamu siapkan sebelumnya agar air zuur tidak mengenai tangan dan lebih efektif tentunya. 
  9. Setelah semua lubang tersebut terisi air aki atau zuur, kamu tinggal menutup lubang dengan penutup aki menggunakan isolasi atau lem agar kuat. kamu perlu memastikan lubang tertutup secara rapat agar tidak ada udara yang masuk ke dalam lubang aki. kamu juga perlu mengecek lubangnya dengan benar agar tidak ada kebocoran, sebab hal itu bisa menyebabkan terjadi konsleting. Apabila solasi dirasa kurang kuat, kamu juga bisa memakai lem alteco sampai benar-benar tertutup rapat.
  10. Jika air aki sudah dimasukkan dan semua penutup body terpasang dengan rapi dan rapat tanpa ada kebocoran sedikitpun, selanjutnya aki kering siap di charger untuk mengisi tegangan.
  11. Adapun cara pengisian tegangan aki kering juga mudah dan sederhana. kamu hanya perlu menghubungkan aki kering yang sudah diperbaiki dengan aki motor atau mobil yang sudah menyala (Jumper) untuk mendapatkan tegangan inject awal sebagai starter.
  12. Selain dengan menghubungkannya dengan aki kendaraan yang sudah menyala, untuk mengisi tegangan aki yang sudah diperbaiki juga bisa menggunakan trafo cas (Charger Transformator). Bahkan sekarang sudah ada juga Powerbank yang bisa digunakan untuk Jumper aki. 
  13. Nah, jika semua cara memperbaiki aki kering di atas sudah dilakukan. Langkah terakhir kamu tinggal memasang aki yang sudah diperbaiki ke motor atau mobil. Apabila tegangan listrik sudah terisi, maka nantinya motor atau mobil bisa distarter untuk dinyalakan kembali dan tentunya motor atau mobil siap untuk berjalan lagi.

Itulah beberapa cara servis aki kering yang bisa kamu lakukan sendiri. Cara di atas merupakan cara yang paling mudah tanpa perlu membawa motor atau mobil kamu ke bengkel atau memanggil montir untuk memperbaiki aki kering yang rusak.

 Agar performa aki lebih bagus kamu bisa menyalakan mesin 15 menit untuk menyesuaikan tegangan aki biar stabil, atau untuk hasil maksimal kamu juga bisa langsung datang ke tempat pengisian aki. 

Semoga tips cara servis aki kering ini bermanfaat. Jangan lupa rawat eksterior kendaraan kamu dengan membelikan cover mobil atau motor (bahkan kami juga punya cover sepeda) supaya kendaraan kamu lebih terawat. 

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cermati Jalan Simpel Perbaiki Aki Kering – The Journey of Terrell 433 - […] telah dibeli dari toko otomotif alias bengkel, dan isolasi bening atau hitam dengan luasan besar.https://coversuper.com/cara-servis-aki-kering-cek-aki-mumpung-social-distancing/ servis nenenda kering siap…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *