Cara Poles Mobil : Bikin Kinclong Mobil Kamu Saat Corona Menyapa

Mar 28, 2020 | Mobil, Tips, Tutorial | 0 comments

Cara Poles Mobil – Setiap orang pasti menginginkan mobil yang dimilikinya terlihat kinclong, bersih, dan menawan dipandang. Salah satu hal yang sering dilakukan untuk permak mobil agar terlihat lebih keren adalah dengan cara poles mobil. Poles mobil dikenal ampuh untuk menghilangkan berbagai kotoran yang membuat mobil kusam serta dapat membuat mobil terlihat baru lagi.

Akan tetapi, untuk memoles mobil kamu perlu peralatan khusus dan keterampilan yang tidak boleh asal-asalan, sebab hal ini bukan pekerjaan yang terlalu mudah. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang optimal, kamu harus mengetahui cara poles mobil yang benar. Ada ilmu atau teknik yang membuat polesan yang kamu lakukan benar-benar memberikan hasil yang diharapkan.

Nah, soal bagaimana cara poles mobil ini, kamu bisa melakukannya sendiri dengan sederhana dan peralatan yang kamu punya. Berikut kami rangkum beberapa cara poles mobil.

1. Persiapkan beberapa alat poles

–          Cairan Poles

Sebaiknya pilih cairan poles yang mahal berkualitas daripada yang murah tetapi kualitasnya diragukan. Terdapat beragam jenis cairan yang bisa Kamu pilih, dari mulai yang berjenis Wax dan Hard Shell.

–          Mesin Poles

Mesin poles ini merupakan alat utama poles mobil yang akan mempermudah pekerjaan memoles Kamu (manual ke otomatis). Ada 2 jenis kain pada mesin poles. Kedua jenis kain tersebut adalah kain halus dan kasar. Kain kasar untuk meratakan cairan poles, sedangkan kain halus untuk membuat mobil kamu mengilap.

2.   Pastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk melakukan poles mobil. Semakin lama kamu memoles, maka akan semakin rapi.

3.   Persiapkan tempat untuk memoles mobil, misalnya halaman rumah atau garasi.

4.   Kamu akan memoles 3 bagian utama mobil, yaitu bagian atas, samping, dan depan-belakang mobil.

5.   Bersihkan mobil dengan mencucinya terlebih dahulu agar tidak ada kotoran yang menempel.

6.   Mulai pemolesan dari bagian atas. Kamu harus pastikan tidak ada satu pun kotoran yang menempel pada bagian mobil.

7.   Mulai poles bagian atas mobil dengan merata. Bubuhi lap yang bertekstur kasar dengan pemoles mobil. Mulai poles bagian atas dengan mesin poles. Bagian atas mobil cukup luas sehingga Kamu bisa membuat pola. Lakukan secara gentle dan pastikan hasil polesan Kamu merata.

8.   Untuk memunculkan efek mengkilap, kamu bisa melakukan proses lapping (gosok). Cara menggosoknya adalah dengan menggunakan lap halus pada mesin poles. Kamu tidak perlu membubuhi cairan pada lap halus.

9.   Proses pemolesan pada bagian atas mobil sudah selesai.

10. Kamu dapat melakukan proses pemolesan yang sama pada bagian mobil lainnya. Dengan demikian, kamu hanya tinggal mengulangi proses tersebut pada bagian samping, depan, dan belakang mobil.

11. Selain bagian-bagian utama mobil tersebut, poles juga bagian kaca mika lampu dan velg mobil. Kamu dapat menggunakan obat penghilang jamur pada bagian kaca dan spion mobil.

12. Adapun untuk membantu Kamu membersihkan debu dan kotoran pada bagian celah-celah sempit, Kamu dapat menggunakan alat sikat gigi.

13.   Lakukan pemeriksaan kembali pada setiap bagian mobil. Jika dirasa masih ada yang perlu dipoles maka segera poles. Jika sudah dirasa cukup, maka proses pemolesan mobil sudah selesai.

Selain di atas, ada acara lain yang bisa kamu lakukan untuk memoles mobil kamu. Cara berikut adalah tanpa menggunakan mesin poles alias manual hanya dengan kedua tangan kamu. Tentunya cara ini lebih sederhana dan tidak memakan biaya banyak. Akan tetapi, kamu harus tetap memiliki keterampilan yang cukup ya untuk memoles mobil. Berikut kami jabarkan cara poles mobil tanpa mesin poles.

BACA LAGI  Cara Merawat Mobil yang Sering Diparkir di Luar Garasi Agar Tetap Awet

Pertama-tama, siapkan dulu beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk poles mobil, seperti soft buff pad, lap microfiber, serta cairan compound, polish dan wax. Kemudian lakukan pencucian seluruh bagian bodi mobil dan keringkan dengan lap microfiber.

Saat mulai mencuci dan melakukan body detailing, kamu perlu mengusahakan juga untuk melakukan body detailing di tempat yang terhindar dari paparan debu dan sinar matahari. Hal itu dilakukan agar mobil tidak terkena debu sebelum di poles dan kondisi mobil cukup baik. Selain itu, sebelum mulai melakukan body detailing, terlebih dahulu pastikan seluruh bagian bodi mobil dalam kondisi suhu yang ideal, tunggu sampai kap mesin mobil dingin.

Setelah tahap pencucian beres, Kamu bisa langsung masuk ke tahap pemolesan pertama dengan menggunakan compound. Siapkan soft buff pad, lalu teteskan cairan compound sebanyak 1-3 titik untuk diaplikasikan ke satu bagian panel. Usapkan soft buff pad per bagian kotak pada panel bodi, misalnya tiap 40x40cm atau 60x60cm, kemudian teteskan kembali compound dan pindah ke bagian berikutnya. Compound ini berguna untuk menghaluskan, menghilangkan baret-baret halus, serta memulihkan permukaan cat yang kusam.

Usai melakukan pemolesan pertama tersebut, kamu bisa menunggu sampai kurang lebih 5 menit, kemudian bersihkan sisa-sisa residu dengan menggunakan lap microfiber. Selanjutnya, kamu bisa masuk ke tahap pemolesan kedua yaitu melapisi bodi mobil dengan cairan polish. Polish adalah kunci dari hasil akhir pengerjaan. Fungsi polish ini adalah untuk mengilapkan warna cat pada mobil sehingga terkesan lebih mewah. Pengaplikasian cairan polish biasanya takarannya lebih sedikit dibandingkan compound, cukup 1 tetes untuk 1 bagian kotak di panel mobil.

Tahap ketiga, untuk memproteksi atau melindungi bodi mobil yang telah dibersihkan dan dipoles, kamu juga bisa mengaplikasikan wax. Oleskan wax secukupnya pada soft buff pad, kemudian usapkan sama seperti tahap sebelumnya ke seluruh bagian bodi mobil. Jangan lupa untuk meratakan olesan wax ya agar hasilnya juga merata.

Adapun tahapan terakhir, sama seperti tahap-tahap sebelumnya, lap juga seluruh bagian bodi mobil dengan lap microfiber bersih untuk mengangkat sisa wax. Dengan begitu, hasil poles mobil akan terlihat bersih, mengkilap, dan sempurna agar kotoran atau sisa wax yang masih menempel di hasil polesan mobil bisa terangkat. Selain itu, Kamu bisa mengecek ulang hasil polesan kamu pada mobil untuk mengetahui secara mendetail sisi atau bagian yang sudah dipoles serta menghindari adanya keluputan saat memoles mobil.

Itulah beberapa cara poles mobil yang bisa Kamu terapkan sendiri di rumah. Tidak hanya lebih mudah tetapi Kamu juga tidak perlu menyiapkan biaya banyak untuk poles mobil. 

Seperti yang kita tahu, biaya poles mobil di bengkel tentu tidak murah, karena memang sudah memakai peralatan dan keterampilan yang mumpuni. Tapi kalau kamu sendiri ingin belajar dan bisa menyediakan berbagai perlengkapan poles bukan berarti Kamu juga tidak bisa melakukannya sendiri kan di rumah? Selain bisa permak mobil sendiri, hal ini juga bisa mengasah kemampuan dan keterampilan kamu lho! Bagi Kamu yang tertarik bisa langsung mencoba poles mobil di rumah sekarang. 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *