Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju, Anak Bengkel Wajib Tau!

Cara menghilangkan noda oli di baju

Cara menghilangkan noda oli di baju tampak sepele dan remeh. Tapi, tau nggak kalau noda oli itu ga gampang ilang? Buat kamu yang jarang nyuci baju, ga akan tahu gimana perjuangan ngilangin noda oli yang sering lebih bandel dari rasa kangen.

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju Praktek

Biasanya anak-anak STM, nih, terutama yang jurusan Teknik Mesin atau teknik otomotif, nih, yang harus bersentuhan dengan oli dan kawan-kawannya. Tidak heran, kalau sudah masuk kerja praktek,pakaian praktek pasti banyak noda hitam dan sulit dibersihkan.

Apa Itu Oli?

Oli adalah cairan pelumas yang diperlukan untuk memperlancar gerak kendaraan bermotor. Menurut Wikipedia, oli yang digunakan untuk melumasi mesin tersebut disebut oli mesin atau minyak pelumas mesin.

Pada dasarnya, semua jenis oli sama. Fungsi oli pun hampir mirip. Selain sebagai pelumas, oli juga memiliki fungsi pendingin dan penyekat yang membatasi logam dari benturan dengan logam lainnya.

Dari jenisnya, oli dibagi menjadi oli mineral, oli sintetik, dari kekentalannya, dan dari kualitasnya. Mayoritas oli yang ada di bengkel kendaraan, bengkel mesin, atau di toko-toko aksesoris kendaraan adalah oli sintetik.

Meskipun dilabeli dengan jenis oli mesin sintetik, maksud dari kata sintetik tersebut tidak sama dengan sintetik yang artinya palsu. Jenis oli sintetik adalah oli yang terdiri dari polyalphaolifins. Poliyalphaolifins ini muncul dari bagian terbersih dari pemilahan oli mineral.

Segera Rendam Pakaian yang Terkena Oli

Cara tercepat menghilangkan noda oli adalah dengan segera merendam pakaian yang terkena oli. Hal ini akan mengurangi potensi noda bekas oli yang cenderung sulit dihilangkan. Kamu ga mau kan pakaian praktek kamu banyak nodanya?

Gunakan Perasan Jeruk

Kalau tidak mungkin untuk langsung merendam pakaian praktek, kamu bisa mencari potongan jeruk nipis (lime) untuk mengurangi kadar kekentalan oli yang menempel di baju kamu. Kamu bisa mencari potongan limau di tukang soto yang biasanya menyajikan potongan limau tersebut.

Kalau tidak ada tukang soto di dekat tempat kamu bekerja, kamu bisa gunakan belimbing wuluh. Kalau tidak ada juga, ya sudah, biarkan saja. Yang penting segera rendam pakaian tersebut kalau sudah sampai rumah atau kosan.

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju Menggunakan Kapur

Siapa sangka kalau kapur bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda oli di baju. Jadi, kalau kamu susah mencari jeruk nipis atau jeruk limau, kamu bisa menggunakan kapur untuk mengurangi noda oli.

Cara menghilangkan noda oli di baju menggunakan kapur termasuk cara yang sangat mudah. Meskipun nantinya kamu tetap harus mencuci pakaian tersebut, paling tidak kamu sudah mengurangi kepekatannya.

Begini cara menghilangkan noda oli menggunakan kapur :

  1. Sebelum menaburkan serbuk kapur, bersihkan area baju yang terkena noda oli.
  2. Taburkan serbuk kapur seluas area pakaian yang terkena oli
  3. Biarkan selama 30 menit supaya serbuk kapur dapat menyerap oli
  4. Setelah 30 menit, kibaskan serbuk kapur dari permukaan
  5. Noda oli sudah tersamarkan
  6. Cuci pakaian setelah tidak sedang digunakan

Gunakan WD 40

Pelumas rantai ini adalah benda yang lazim ditemukan di setiap bengkel kendaraan ringan. Fungsinya untuk melindungi permukaan rantai supaya tetap lembab dan aman dari gesekan.

Kalau kamu sedang di bengkel dan baju kantormu terkena percikan oli, misalnya, mintalah cairan WD 40 pada montir bengkel tersebut.

Semprotkan WD 40 pada kain bersih atau tisu lalu usapkan pada noda oli di kemeja kamu. Jangan sampai noda melebar saat kamu mengelap noda oli itu.

Setelah itu, bersihkan noda dengan cara mengelap bekas WD40 dengan kain atau tisu yang bersih. Catatan: walaupun sudah mengurangi intensitas oli, pakaian harus tetap dicuci dengan deterjen setelah tidak digunakan lagi.

Gunakan Bubuk Soda Kue

Meskipun agak susah menghubungkan keberadaan soda kue di bengkel sebagai cara menghilangkan noda oli di baju, kamu dapat mencoba cara ini.

Tuangkan bubuk soda kue pada permukaan pakaian yang terkena oli. Jangan sampai melebar, secukupnya saja. Setelah itu, biarkan selama 30 menit supaya soda kue menyerap oli.

Setelah didiamkan selama tiga puluh menit, cuci permukaan baju yang terkena oli dengan sabun deterjen.

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju dengan Deterjen Cair

Cukup mudah menemukan deterjen cair di lingkungan tempat kamu membengkel. Karena, selain fungsinya untuk menghilangkan oli di tangan, juga dapat menghilangkan oli yang menempel di pakaian.

Cuma, untuk pembersihan maksimal, pakaian kamu tetap harus direndam terlebih dahulu supaya noda tersebut benar-benar hilang. Tapi, lagi-lagi, kalau sedang kepepet dan belum pulang ke kosan atau rumah, kamu bisa mencoba cara ini.

Oleskan deterjen cair pada area baju yang terkena oli. Sikat sebentar bagian tersebut lalu lap dengan kain atau tisu kering dan bersih. Setelah dilap dengan tisu atau kain bersih dan kering, ulangi lagi mengelap lokasi tersebut dengan tisu atau kain basah lalu keringkan dengan kain atau tisu kering lagi.

Cara Menghilangkan Noda Oli di baju Menggunakan Tepung Maizena

Oke, kalau ini agak ganjil. Maksudnya, oli yang ada di sekitar tepung maizena pastinya bukan oli mesin untuk kendaraan bermotor. Mungkin oli biasa untuk pelumas engsel pintu microwave atau oven raksasa. Ya, semacam itu.

Kalau kebetulan pakaian kamu terkena noda oli, dan di dekat kamu hanya ada tepung maizena, maka, cara menghilangkan noda tersebut adalah dengan menaburkan bubuk tepung maizena di lokasi noda. Setelah itu diamkan selama 30 menit lalu cuci bersih pakaian seperti biasa.

Gunakan Shampo

Benda ini lazim berlihat di bengkel atau tempat cuci kendaraan. Fungsinya, selain untuk membersihkan kendaraan, juga untuk membersihkan anggota badan dari oli yang menempel.

Apabila pakaian kamu terkena oli, kamu bisa menggunakan sampo untuk menghilangkan noda tersebut. Penggunaannya pun mirip dengan deterjen cair. hanya saja, bersihkan bekas noda dengan tisu atau kain kering dua sampai tiga kali.

Kalau bisa langsung dicuci, setelah dibersihkan dengan shampo, pakaian dapat direndam dan dicuci seperti biasa.

Cara Supaya Pakaian Tidak Terkena Oli Saat Bekerjas

Meskipun agak ribet, terutama untuk laki-laki dan kaum Adam yang cenderung cuek saat bekerja di bengkel, kamu bisa mencoba cara ini.

  1. Pastikan kamu menggunakan pelindung badan saat akan melakukan banyak kegiatan yang berhubungan dengan oli.
  2. Jangan menggunakan pakaian berwarna cerah, putih, biru muda, dan sebagainya.
  3. Berhati-hati saat akan mebuka kemasan yang mengandung oli, jangan sampai isi kemasan tersebut muncrat ke arah pakaian kamu.

Nah, begitulah cara membersihkan noda oli di baju. Jangan lupa untuk menjaga eksterior kendaraan kamu dengan membelikan cover motor atau sarung penutup mobil di web ini. selain untuk melindungi kendaraan kamu dari terik matahari yang merusak cat, dapat juga digunakan untuk melindungi kendaraan dari oli.

selalu jaga kesehatan dan jaga kebersihan. Stay safe, sound, and healthy.

Oiya, jangan lupa, untuk kamu yang suka motor atau mobil dan sedang ingin punya bisnis, kamu bisa mencoba usaha ini: Bisnis Eco Racing Sudah Aman