,

Body Repair Mobil : Mobil Sekarang Gampang Penyok!

body cover mobil

Body repair mobil adalah bagian dari perawatan mobil yang mungkin akan Anda lakukan selama memiliki kendaraan tersebut. Kerusakan pada body mobil bisa saja terjadi seiring berjalannya waktu dan usia penggunaan kendaraan.

Secara tidak sengaja, mungkin mobil Anda akan menggores sesuatu yang mengakibatkan cat mobil Anda rusak. Atau, bisa juga, secara tidak sengaja, pada saat apes, mobil Anda menyenggol sesuatu yang membuat body mobil Anda penyok.

Fungsi Body Repair Mobil

Dikutip dari wuling.id, body repair mobil adalah perbaikan pada body mobil akibat tabrakan atau pemakaian sehari hari yang meliputi perbaikan atau penggantian panel dengan menggunakan metode tertentu.

Umumnya, untuk melakukan perbaikan ringan dan sedang, bengkel akan melakukan metode washer welder, palu on-off dolly dan shinking. Sedangkan perbaikan berat seperti penyambungan atau penggantian panel, bengkel biasanya akan melakukan metode CO2 mig / mag welding.

Ada 3 tahapan utama yang dilakukan saat berada di bengkel body repair, yaitu:

  1. Tahap pertama, bengkel akan melakukan identifikasi panel yang mengalami kerusakan.
  2. Tahap kedua, panel yang mengalami kerusakan akan dilakukan perbaikan, terdiri dari pembersihan atau pengamplasan, pendempulan sampai pengecatan ulang.
  3. Tahap ketiga, panel yang sudah dilakukan perbaikan akan di finishing dengan melakukan pemolesan menyeluruh supaya mengilap.

Dari pengertian tersebut, dapat ditarik fungsi body repair mobil :

  1. Melakukan perbaikan terhadap mobil milik Anda.
  2. Melakukan finishing terhadap perbaikan atas mobil Anda.

Mengapa Mobil Sekarang Gampang Penyok Saat Tabrakan?

body repair mobil penyok
mobilWow.com

Tidak ada yang mengharapkan akan terjadinya tabrakan. Namun, ketika hal itu kejadian, semua pengguna mobil akan menyadari bahwa kap depan mobil akan mudah penyok saat kendaraan roda empat tersebut menabrak sesuatu. Kenapa, ya?

Dibanding Mobil Dulu, Mobil Sekarang Gampang Penyok

Anda mungkin sering mendengar kalimat itu terceletuk dari beragam kalangan: dari yang punya mobil sampai yang belum pernah ngicipin mobil sama sekali. Dalam dunia body repair mobil, kendaraan roda empat yang mudah penyok memiliki keuntungan tersendiri.

Berikut ini penjelasan detailnya, dikutip dari jawaban Zeus Abdiwijaya, Platform CAE Engineer di Honda R&D Co. Ltd. Japan (2017-sekarang) dijawab April 25, 2019 di Quora.com :

Saat ini saya bekerja sebagai peneliti di bidang kelayakan tabrak kendaraan. Alasan utama mengapa mobil baru lebih gampang penyok saat kecelakaan adalah untuk menyerap energi dari benturan.

Pada bagian depan dan belakang mobil ada bagian yang disebut crumple zone. Zona ini didesain khusus untuk berdeformasi saat diberikan gaya yang besar. Hal ini mengakibatkan perlambatan mobil tidak terjadi secara tiba-tiba.

Jika perlambatan mobil terjadi secara tiba-tiba, maka walaupun bodi mobil terlihat tidak apa-apa, tulang-tulang di badan anda bisa patah, terjadi luka dalam, dan cedera lainnya. Airbag juga digunakan untuk alasan yang sama, membuat perlambatan penumpang di dalam mobil tidak tiba-tiba.

Crumple Zone

Apa itu crumple zone?

Seperti yang telah disebutkan pada jawaban yang dikutip dari Quora.com, crumple zone adalah adalah fitur keamanan struktural yang biasanya digunakan dalam mobil untuk menyerap energi yang berasal dari dampak tabrakan dengan mengendalikan deformasi.

Ketika tabrakan terjadi, bagian depan kendaraan dirancang untuk mudah berkerut atau ringsek untuk meredam energi kinetik yang dihasilkan dari tabrakan itu sendiri sehingga penumpang yang berada di kabin kendaraan relatif lebih aman dari kecelakaan.

Deformasi yang dimaksud adalah perubahan bentuk bodi kendaraan dari mulus menjadi berkerut atau ringsek. Crumple zone bisa juga disederhanakan artinya menjadi zona benturan.

Teknologi crumple zone yang sekarang diadaptasi oleh pabrik otomotif ini adalah teknologi penyelamat yang tidak banyak diketahui oleh siapapun, termasuk para pemilik kendaraan roda empat.

Bahan Mobil Lebih Tipis = Lebih Murah ?

Masih mengutip jawaban dari Quora.com, penggunaan baja untuk kendaraan roda empat sekarang memang lebih tipis, tapi tetap lebih mahal, karena kekuatannya sama dengan baja tebal kendaraan roda empat jaman dahulu kala.

Alasan yang menyebutkan bahwa mobil sekarang menggunakan bahan baja yang lebih tipis agar murah saya rasa kurang tepat. Baja tipis ini jauh lebih mahal dari pada baja tebal pada kijang doyok misalnya.

Baja tebal pada Kijang Doyok hanya menggunakan mild steel yang biasa ditemui pada kaki meja, pelat bangunan dsb. Sedangkan pelat tipis pada mobil modern biasanya paling tidak memiliki kualifikasi JSC270, bahkan di bagian seperti ruang penumpang ada yang menggunakan JSC790 dan USIBOR1500.

Tipis, cuma 2mm, tapi lebih kuat daripada baja kijang doyok. Pada bagian crumple zone digunakan JSC270 dan JSC590 yang dibuat dengan metode drawing yang tidak murah sama sekali.

Mobil Sekarang Sengaja Dibuat Gampang Penyok ???

Fakta mengenai mobil zaman sekarang mudah ringsek atau penyok memang tidak bisa dibantah. Terlebih karena memang hal itu disengaja oleh pihak pabrikan otomotif untuk memaksimalkan fitur peredam tabrakan.

Jadi, semoga sudah jelas, ya, mengapa mobil sekarang mudah penyok? Karena menggunakan bahan baja tipis untuk meredam benturan ketiak terjadi tabrakan. Masalah selanjutnya adalah, jika terjadi tabrakan dan mobil ringsek, berapa biaya perbaikan atau body repair mobil tersebut?

Biaya Body Repair Mobil

Jasa body repair mobil tentu saja menjadi salah satu jasa di dunia otomotif yang sangat dibutuhkan. Kalau manusia punya klinik, maka body repair mobil punya fungsi yang tidak jauh beda dengan klinik untuk manusia tersebut.

Kadang kita melihat ada mobil bekas tabrakan teronggok di pinggir jalan atau di pos Polisi di perempatan ( biasanya Pos Polisi seperti ini memang punya kantor khusus untuk menampung kendaraan korban atau pelaku tabrakan), kehujanan dan kepanasan.

Bisa jadi, mobil tersebut masih tertahan di Pos Polisi karena kasusnya belum selesai, atau memang belum bisa diambil karena belum ada biaya untuk memperbaiki kendaraan tersebut. Kira-kira, berapa, ya, biaya untuk memperbaiki mobil penyok atau ringsek seperti itu sampai bisa digunakan kembali?

Biaya Body Repair Mobil Ringsek atau Penyok

Dikutip dari Viva.co.id, biaya perbaikan mobil karena tabrakan biasanya harus dilihat tingkat keparahannya. Menurut Budi, salah satu pegawai bengkel mobil Mobilku di bilangan Jakarta Selatan, menyebutkan bahwa biaya perbaikan normal mobil berkisar antara 400-800 ribu rupiah per panel.

Sementara untuk perbaikan bodi ringsek, dikatakan berbeda. Namun besarannya akan tetap ditentukan dari seberapa parah kerusakannya. “Kalau biaya penyok tidak bisa ditentukan, mesti dilihat dulu seberapa parah. Karena pasti akan berbeda-beda. Tergantung dalamnya penyok dan baret yang terjadi pada mobil,” kata Budi.

Besaran luka, posisi, dan tingkat kesulitan menentukan harga, mulai dari Rp100-Rp200 ribu per satu titik penyok. Usai diperbaiki, masih ada lagi biaya pengecatan, setiap panel seperti pintu dikenakan ongkos pengerjaan mulai Rp500 ribu.

Bisa dibayangkan, kan, berapa biaya yang harus dikeluarkan kalau mobil sampai masuk ke body repair mobil?

Biaya Body Repair Mobil Normal

Body repair mobil yang ini biasanya dilakukan karena pemilik ingin merawat eksterior kendaraan yang mungkin saja sudah mengusam. Atau mungkin ada baret kecil karena tidak sengaja menggores bagian paa benda lain. Atau memang sengaja digores orang iseng jahat kurang kerjaan, juga bisa.

Intinya, body repair mobil normal adalah perbaikan kendaraan roda empat karena penggunaan secara normal dan wajar, bukan karena kecelakaan.

Berikut ini daftar biaya body repair mobil khusus untuk pengecatan body mobil:

a. Biaya harga cat mobil per panel : Rp 300.000 – 450.000 ( Panel pintu, spakbor, bumper, sidekirt, dan spoiler atau wing)

b. Kap mesin dan Bagasi : Rp 400.000 – 600.000

c. Atap Mobil : Rp 500.000 – Rp 800.000

Sementara itu, untuk biaya yang lebih terjangkau bisa memilih cat dengan bahan Acrylic Lacquer. berikut ini estimasi harga termurah pengecatan per panel memakai cat Acrylic Lacquer:

  1. Kap Mesin Rp 450.000
  2. Kabin Atas Rp 650.000
  3. Kap Bagasi Rp 350.000
  4. Pintu Per-Panel Rp 350.000
  5. Fender Per-Panel Rp 350.000
  6. Bemper Depan Rp 350.000
  7. Bemper Belakang Rp 350.000

Selain pengecatan per panel, mungkin Anda juga ingin mengatahui berapa biaya cat siram mobil full body, apakah lebih murah atau lebih mahal?

  1. Siram full body dengan bahan Blinken,Apsara, DuPont, Nippon Paint, harga mulai dari Rp 4.000.000(Tergantung kondisi body dan pilihan warna
  2. Siram full body dengan bahan Spies Hecker atau Sikkens harga mulai dari Rp 6,5 juta sampai Rp 9 juta(Tergantung besar body dan pilihan warna).

Cara Merawat Mobil Supaya Tidak Sering ke Body Repair Mobil

Melihat harga jasa perawatan mobil, tentu membuat Anda tidak nyaman. Meskipun demikian, ada cara terbaik untuk mengurangi kemungkinan membawa kendaraan roda empat Anda ke lokasi body repair mobil: gunakan cover mobil untuk melindungi kendaraan Anda dari hal-hal yang tidak Anda inginkan.

body repair mobil
IG: officialcoversuper

Cover mobil dari CoverSuper dapat memberikan perlindungan maksimal tanpa harus mengeluarkan biaya sebanyak kalau Anda membawa mobil Anda ke bengkel perbaikan mobil. Tentu saja sarung mobil ini sudah anti air 98%, breathable,dan lembut. Dengan sifat proteksi, cover mobil dari CoverSuper akan memberikan perlindungan atas cat kendaraan roda empat Anda supaya lebih awet dan kinclongnya tetap terjaga.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Cara Mengamankan Spion Mobil Anda dari Maling