Motor yang kusam sangatlah tidak enak untuk dipandang dan bisa jadi mencerminkan kepribadian penggunanya. Bicara mengenai perawatan, bukan hanya soal kinerja mesin saja tap juga estetikanya perlu kita perhatikan. Jangan sampai kita membeli dan menggunakanya lalu membiarkanya saja.

Motor yang tidak terawat, biasanya akan cepat rusak, bisa jadi tidak bisa digunakan kembali. Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada motor anda, diperlukan perawatan yang ekstra, salah satunya adalah merawat body motor. Berikut 7 Hal penyebab Cat body motor anda rusak.

#1. Panas dan terik matahari

Hal tersebut bisa terjadi, ketika anda menempatkan parkir motor anda di tempat yang kurang tepat. Sehingga panas dan sinar matahari dapat berpengaruh terhadap cat pada body motor anda, terlebih lagi jika motor anda parkir dalam durasi yang cukup lama. Radiasi sinar ultraviolet (UV) yang ada di terik matahari mampu mendekonstruksi lapisan cat, yang mengakibatkan warna cat motor menjadi kusam, pudar, atau menguning.

Solusi

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Anda diharuskan memarkin motor anda di tempat yang lebih sejuk, anda juga bisa menutupinya dengan sarung motor yang sudah banyak di jual baik di media online maupun offline.

#2. Debu dan kotoran

Debu dapat menjadi masalah yang berarti untuk motor anda, Debu yang menebal di bodi motor dapat berakibat bodi motor cepat baret-baret. Partikel halus pengganggu yang hampir selalu hinggap di motor ini juga bisa membuat keindahan warna motor kita terganggu.

Solusi

Jangan lupa untuk mencuci motor kesayangan anda. Jangan mengelap debu langsung dengan lap kering karena Lap kering hanya menyebabkan baret-baret tipis di permukaan body. Lebih baik lap dengan kain microfiber (kanebo) serta biasakan langsung membasuh debu dengan air supaya partikel lembut tersebut luntur dari body.

#3. Terkena Air Hujan

Bagi anda yang tingggal di perkotaan, polusi udara membuat kondisi air hujan makin asam yag akan merusak warna cat motor anda. Air hujan mengandung zat asam nitrat (HNO3) yang dapat merusak lapisan pengkilap cat motor. Zat ini dapat mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti  pada mesin.

BACA LAGI  8 Tips Mudah Untuk Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kulit

Solusi

Sebaiknya setelah terkena air hujan, segera bilas motor anda agar tidak merusak cat body motor anda

#4. Terkena minyak dan bahan bakar

Minyak rem memang penting fungsinya dalam fungsi pengereman. Namun minyak rem adalah salah satu masalah terberat kita, saat sedang berada di bengkel tapi tak sengaja terkena tumpahan minyak ini pada bodi motor anda, hal ini perlu diwaspadai Selain minyak rem, bahan bakar minyak dapat mempengaruhi cat motor. BBM ini biasa terjadi pada saat pengisian bensin.

Solusi

Apabila terkena minyak atau bahan bakar segeralah bersihkan menggunakan lap microfiber ( kanebo ) agar cairan tersebut tidak langsung meresap –pada body motor anda.

#5. Salah  dalam mencuci Motor

Mencuci motor memanglah penting, tapi perlu memperhatikan cara mencucinya misalnya menggunakan sabun colek atau deterjen untuk mencuci motor. Padahal, baik sabun colek maupun deterjen memiliki kandungan zat kimia keras yang bisa merusak kualitas dan mengikis cat motor.

Solusi

Gunakan shampo khusus untuk motor yang sudah banyak beredar di pasaran. Dan jangan lupa untuk menempatkan motor di tempat yang teduh untuk proses pengeringanya

#6. Pengeringan motor pasca cuci motor

Setelah anda mencucinya, proses pengeringan juga menjadi faktor berkurangnya kualitas cat pada motor. Pengeringan yang kurang sempurna seperti bercak air yang tertinggal pada bodi motor, dapat membuat munculnya noda air atau jamur yang nantinya sulit dihilangkan.

Solusi

Keringkan seluruh bagian motor hingga ke bagian celah-celah setelah anda selesai mencuci motor. Pergunakan kanebo atau kain halus lainnya yang tidak akan menggores cat motor.

#7. Salah pilih Cover Motor

Sarung/cover motor bisa jadi malah merusak body motor. Sarung motor yang merusak body motor biasanya terbuat dari bahan dengan kualitas buruk, kasar, tidak halus sehingga bisa menimbulkan goresan-goresan saat bergesekan dengan body motor.

Solusi

Belilah sarung cover motor yang jelas kualitasnya, seperti terbuat dari bahan polyester Dobby sehingga selain melindungi dari baret, cover motor juga bisa melindungi motor anda dari terik matahari.

Menjaga motor anda sama dengan menjaga diri anda, motor yang terlihat bersih akan mencerminkan kepribadian pemiliknya yang rajin. Begitu juga sebaliknya motor yang terlihat kusam akan mencerminkan pemiliknya yang pemalas. Jadi jangan sampai anda di cap sebagai pemalas karena anda kurang peduli dengan motor anda.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!