Mau Beli Mobil? Kenali Dulu 7 Jenis Bodi Mobil Berikut Ini

Banyak orang merasa kebingungan saat ingin membeli mobil. Hal yang biasanya membuat bingung adalah harga dan promosi yang ditawarkan di setiap pameran mobil cukup menggiurkan. Penawarannyapun beragam, mulai dari cashback, diskon puluhan juta, hingga promo buy 1 get 1.

Namun, sebelum Anda memutuskan membeli mobil dengan alasan penawaran dari berbagai merek mobil tersebut ada baiknya Anda mengetahui hal yang paling fundamental dalam memilih mobil. Hal tersebut adalah jenis bodi mobilnya. Jenis bodi mobil penting untuk Anda ketahui saat awal-awal memilih kendaraan. Jenis bodi mobil cukup mempengaruhi dan menentukan fungsionalitas, daya angkut, dan kebutuhan apa yang dapat dipenuhi dengan mobil tersebut. Nah, berikut ini jenis-jenis bodi mobil yang yang ada di Indonesia yang wajib Anda ketahui.

#1 Jenis bodi mobil SUV (Sport Utility Vehicle)

Sesuai namanya, ada kata kunci yaitu Sport yang berarti jenis mobil ini memiliki ketangguhan yang lebih dibanding dengan jenis mobil lainnya. Oleh karena itu, meskipun terdapat kata kunci Sport bukan berarti mobil ini memiliki tugas utama sebagai mobil sport untuk dipacu kencang dalam balapan. Ketangguhan sendiri bisa diaplikasikan dalam daya jelajahnya yang lebih mumpuni berkat ground clearance ataupun skema penggerak 4×4. Jika Anda mengenal mobil Jeep, yang dulu akhirnya dikenal sebagai jenis mobil Jeep, nah kurang lebih SUV adalah turunan dari jenis mobil ini.

Dulunya SUV dikenal sebagai kendaraan bertubuh besar dengan tampilan yang sangar. Kini seiring berjalannya waktu dan adanya perkembangan dari produsen SUV tampil lebih humanis dan memiliki beragam dimensi seperti Big SUV, Medium SUV, Compact SUV, Mini SUV hingga Crossover. Beberapa tipe mobil yang memiliki jenis bodi mobil SUV diantaranya adalah Mitsubishi Pajero, Toyota Land Cruiser, Range Rover. Sedangkan tipe mobil dengan jenis bodi mobil SUV yang hanya menggunakan Ground Clearance sebagai andalannya adalah Kia Sportage, Hyundai Tucson, Toyota Rush, dan lainnya.

#2 Jenis bodi mobil MPV (Multi Purpose Vehicle)

Dari segi penggunaan, MPV memang lebih unggul dalam fleksibilitas penggunaan. Selain itu, kemampuan yang ditawarkan jenis mobil ini adalah ruang interior dari jenis mobil MPV lebih lapang dan alih fungsi kabin yang mudah. Kapasitas angkut dari jenis mobil MPV pada umumnya adalah 6-7 penumpang. Namun kembali lagi tergantung jenis mobil MPVnya. Semakin besar mobilnya, semakin besar kapasitasnya.

Dulunya, mobil seperti Toyota Sienta dikenal dengan nama Van atau Wagon yang berarti mobil dengan daya akomodasi tinggi. Seiring berjalannya waktu dan adanya berkembangnya jenis mobil, semua mobil berdaya angkut tinggi selalu disebut sebagai jenis mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) agar memudahkan dalam pengklasifikasiannya. Hingga saat ini sudah banyak ragam komposisi jenis mobil MPV yang ditawarkan. Mulai dari Compact MPV, Medium MPV, Big MPV, hingga High Roof MPV. Beberapa merek mobil dari berbagai komposisi dan level harga yang termasuk dalam kategori jenis mobil MPV diantaranya Toyota Kijang Innova, Avanza, Suzuki Ertiga, Grand Livina, Hyundai H-1, Honda Odyysey,hingga Daihatsu Sigra, bahkan Mercedes-Benz V-Class.

#3 Jenis bodi mobil Sedan

Jenis mobil sedan adalah sebuah jawaban bagi pembeli mobil yang membutuhkan mobilitas tinggi dalam kesehariannya tanpa membutuhkan daya angkut penumpang terlalu banyak. Pada umumnya kapasitas sebuah mobil sedan adalah 5 orang dengan 4 pintu penumpang. Jenis mobil sedan memiliki ciri khas tersendiri yakni mobil dengan tiga pilar utama A-B-C.

Tak hanya itu, lokasi mesin, ruang kabin dan bagasi yang terpisah juga syarat sebuah sedan. Beberapa merek mobil dengan jenis mobil sedan yang ada di Indonesia diantaranya adalah Suzuki Ciaz, Honda City, Kia Optima, Mercedes-Benz C-E-S Class, BMW 3-5-7. Sayangnya, regulasi industri yang mengenakan pajak terlampau tinggi pada sedan membuat

#4 Jenis bodi mobil Wagon/Estate 

Pada dasarnya, wagon atau estate kendaraan yang berbagi basis dengan sedan. Bedanya ada pada keberadaan pilar D yang membuat model wagon memiliki ruang yang tidak terpisah dengan bagasi. Nah karena pilar D tersebut, atap mobil bisa dibuat lebih panjang dan kaca baris ketiga juga disematkan sehingga membuat bentuk mobil secara keseluruhan tampil lebih berbeda. Oleh karenanya, fleksibilitas dan akomodasi ruang juga meningkat.

Lebih dari itu, beberapa model bodi dengan jenis bodi mobil wagon juga menyajikan kursi yang bisa dilipat di bagian belakang kabin. Di Indonesia sendiri tak banyak mobil dengan jenis bodi mobil wagon. Hanya Mercedes-Benz yang merilis jenis kendaraan ini dan berani menyebutnya sebagai estate. Padahal dulu model Estate sempat menjadi primadona di Indonesia seperti Mazda Vantrend dan Volvo Station Wagon.

#5 Jenis bodi mobil Hatchback

Berbeda dengan wagon atau estate yangbagian buntutnya dibesarkan menjadi kabin, mobil dengan jenis bodi mobil Hatchback justru memangkas bagian bagasi belakang sehingga ruang bagasi yang terdapat pada model mobil ini pasti tak seluas sedan.

Setiap mobil pasti mempunyai keunggulannya masing-masing, termasuk mobil dengan jenis bodi mobil Hatchback yang memiliki keunggulan pada kekompakan dimensinya yang menjadi lebih ringkas. Bahkan hingga membuat mobil dengan jenis bodi mobil Hatchback ini juga jadi lebih terjangkau karena regulasi. Bahkan di Eropa saat ini mobil dengan model Hatchback termasuk mobil paling laris.

Kapasitas angkut mobil dengan jenis bodi mobil Hatchback berkisar antara 4-5 orang. Pada mobil dengan model Hatchback ini pabrikan berlomba-lomba memproduksi mesin paling efisien dan ruang paling lapang untuk dapat memenuhi kebutuhan penumpangnya.

#6 Jenis bodi mobil Coupe

Mobil dengan jenis bodi mobil ini agak mirip dengan sedan, yang membedakan adalah jumlah pintunya yang hanya dua. Mobil dengan model Coupe memang hadir untuk mengakomodir minat masyarakat yang kegiatannya tak membutuhkan banyak ruang untuk penumpang. Apalagi yang sehari-hari hanya menggunakan mobil berdua atau bahkan sendirian. 

Ternyata tidak semua mobil dengan model Coupe berkapasitas hanya dua orang penumpang. Beberapa model dari mobil dengan model ini juga menyajikan ruang kabin untuk 5 penumpang, misalnya BMW 4-Series Coupe, Mercedez Benz E-Class Coupe. Hal ini membuat nilai lebih yang diberikan pabrikan agar kebutuhan pemilik yang beragam bisa diakomodir. Seiring perkembangannya, nama Coupe pun turut digunakan oleh mobil berpintu 4 seperti yang diaplikasikan BMW pada 4 dan 6-series Gran Coupe.

#7 Pick Up

Berbeda dengan 6 jenis bodi mobil yang disebutkan di atas, jenis bodi mobil pick up  lebih mengedepankan daya angkut barang yang tinggi ketimbang kenyamanan penumpang. Keberadaan bak terbuka di bagian belakang membuat daya angkut menjadi lebih luas. Pada mobil dengan jenis bodi mobil pick up, Anda bisa mengangkut barang apapun pada bagian bak terbuka yang terdapat pada bagian belakang mobil.

Dalam aplikasinya, pick up terbagi dalam beberapa jenis yaitu Single Cabin, Double Cabin maupun Extra Cabin. Perbedaan yang terdapat pada ketiga jenis jenis pick up ini adalah adanya ruang kabin yang hanya terdiri dari satu baris bangku (single cabin), dua baris (double cabin), maupun satu plus tambahan ruang ekstra di belakang (extra cabin).

Beberapa mobil dengan jenis bodi mobil pick up yang ada di Indonesia antara lain Daihatsu Himax, Nissan Navara, Mitsubishi Triton, Suzuki Carry Pickup. Pada beberapa jenis pick up, bahkan ada yang dilengkapi penggerak roda 4 untuk mengakomodir kebutuhannya.

Nah, itulah 7 jenis bodi mobil yang harus Anda ketahui sebelum membeli mobil. Pada dasarnya, pemilihan mobil yang hendak dibeli kembali lagi jatuh pada kebutuhan Anda, apakah Anda lebih fokus pada kapasitas penumpang atau lebih fokus pada faktor estetika ekterior dan interior mobilnya. Namun, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah apapun jenis mobil yang akan beli jangan lupa untuk selalu merawatnya baik perawatan dalam hal mesin, kebersihan interior, maupun eksteriornya. Salah satu tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan rajin memasang cover mobil pada mobil Anda.

14 responses to “Mau Beli Mobil? Kenali Dulu 7 Jenis Bodi Mobil Berikut Ini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 8 =