fbpx

Memiliki mobil juga harus memperhatikan perawatannya. Yang paling benar yaitu untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima. Sehingga ketika suatu saat digunakan untuk perjalanan jauh tidak khawatir akan terjadi masalah di perjalanan. Biasanya pemilik mobil menggunakan cover mobil demi melindungi tampilan luarnya. Sedangkan untuk kondisi di dalamnya terkadang kurang diperhatikan.

Selalu rutin mengecek kendaraan ke bengkel lebih baik dibandingkan hanya melakukan perawatan luarnya. Mobil juga benda yang bisa saja rusak dan perlu penggantian komponen penting. Semua komponen tersebut pastinya memiliki masa pakai.

Salah satu bagian penting dalam berkendara menggunakan mobil yaitu pada wipernya. Apalagi pada musim hujan, pastinya wiper sangat dibutuhkan untuk membersihkan kaca depan dari air dan kotoran yang menempel. Jika tidak dibersihkan akan mengganggu pandangan penglihatan pengemudi, tentunya hal ini juga membahayakan.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Bagi Anda yang tidak ingin mengalami wiper yang rusak, sebaiknya selalu lakukan perawatan. Berikut ini perawatan rutin yang bisa Anda lakukan di rumah.

Cara Perawatan Wiper Mobil

Rutin Periksa Wiper Anda

Karena sering digunakan, pastinya wiper mobil memiliki masa pemakaian yang mana dalam jangka waktu tertentu sudah tidak bisa digunakan secara maksimal. Karena itu, supaya kondisi wiper mobil selalu baik supaya sering melakukan pengecekan terutama pada bagian karetnya. Karena dengan kondisi karet yang sudah lapuk tentunya akan mengganggu kinerja wiper itu sendiri.

Sebaiknya karet yang sudah tidak berfungsi itu bisa diganti dengan yang baru. Dengan begitu, performa wiper untuk membersihkan air saat hujan dapat maksimal.

Rajin Dibersihkan

Membersihkan wiper bisa dilakukan sendiri di rumah. Pada saat membersihkannya supaya hati-hati karena Anda tidak boleh mengelap pada bagian pinggiran karet wiper. Di bagian itu terdapat lapisan kimia yang berfungsi untuk menjaga elastisitas karet. Sehingga apabila lapisan ini terkelupas maka akan mengurangi kualitas karetnya.

Ketika membersihkannya pun supaya jangan sampai karet dalam keadaan menempel pada kaca mobil Anda. Gunakanlah stand untuk mengatasi hal itu.

Periksa Kondisi Poros Wiper

Pada bagian poros memerlukan perawatan yang benar. Poros wiper perlu diberi pelumas agar saat digunakan dapat membersihkan air secara maksimal. Terutama pada musim hujan yang biasanya kotoran pun ikut jatuh di atas kaca mobil. Perawatan pada poros wiper ini juga berguna untuk memperlambat aus pada wiper mobil. Sehingga masa penggunaannya pun semakin panjang.

BACA LAGI  Berapa Harga Sarung Mobil Avanza Veloz Dan Dimana Mendapatkannya

Periksa Semprotan

Selain pada karet, Anda juga harus memperhatikan bagian lain seperti pada semprotannya tersebut. Pastikan jika semprotan air pada wiper mobil Anda lancar dan bisa digunakan. Apabila macet, periksalah apa penyebabnya atau terkadang saluran air tersebut mengeluarkan air dengan arah yang salah. Jika masih bisa diperbaiki sendiri maka segera diperbaiki agar tidak semakin parah.

Pastikan pula Anda menggunakan cairan semprotan yang berkualitas sehingga tidak akan merusak karet wiper mobil Anda.

Periksa Air Wiper

Bagian penting lainnya yaitu pada volume air wiper yang harus selalu dicek secara berkala. Jangan sampai air wiper dalam keadaan kosong. Air ini berguna jika sewaktu-waktu kaca mobil Anda kotor sehingga membutuhkan air untuk membersihkannya.

Di dalam ruang mesin terdapat suatu tangki yang berisi air yang bisa diisi ulang. Untuk mengisi air wiper ini harus rutin. Karena jika terjadi masalah supaya dapat dideteksi sedini mungkin.

Selalu Periksa Kondisi Wiper

Dalam penggunaan pada masa yang lama pastinya semua benda memiliki masa pensiunnya. Begitu juga pada wiper ini, sebaiknya selalu periksa apakah semua komponen pada wiper masih dapat digunakan atau sebaliknya justru harus segera diganti karena kualitasnya yang mulai menurun.

Jika wiper tidak layak pakai masih tetap digunakan mungkin akan meninggalkan bekas pada kaca mobil Anda sehingga akan mengganggu pandangan ke jalan.

Mengangkat Wiper Ketika Diparkir

Panas matahari yang memancar pada kaca mobil akan membuatnya panas. Sehingga jika mobil sedang diparkir di luar ada baiknya jika wiper juga diangkat. Karena panas pada kaca mobil dapat mengenai karet wiper sehingga memengaruhi kualitasnya.

Perawatan mobil bisa Anda lakukan di rumah. Selain perawatan dari dalam Anda bisa menggunakan mantel mobil sebagai pelindung dari berbagai kerusakan.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!