Salah satu pilihan warna yang paling umum untuk digunakan sebagai cat pada mobil yaitu warna hitam. Jika Anda berniat menambahkan sejumlah aksesori untuk pendukung tampilan eksterior mobil. Warna hitam mudah dipadupadankan dengan warna-warna lain, selain terlihat elegan.

Meski begitu jika terdapat luka baret yang pastinya bisa mengurangi estetika keindahan dari mobil Anda, warna hitam juga lebih mudah pudar jika tak merawatnya dengan baik. Oleh sebab itu, kami akan memberikan sejumlah tips merawat cat mobil warna hitam agar tetap mengkilap dan bebas baret.

Cara Merawat Cat Mobil Hitam Yang Benar

Mencuci Mobil pada waktu yang tepat

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Pada saat mencuci Mobil perlu dilakukan dengan benar. Salah satu yang harus benar-benar diperhatikan adalah soal waktu. Jika Anda berniat melakukan pencucian sebaiknya dilakukan pada pagi ataupun sore hari. Jangan melakukannya pada siang hari, apalagi sambil terkena sinar matahari secara langsung.

Ketika mencuci Mobil di siang hari, biasanya akan mudah kering saat memberikan sampo mobil, padahal belum dilakukan pembilasan. Hal ini bisa menyebabkan warna Mobil menjadi cepat kusam.

Tidak hanya itu, ketika sudah selesai melakukan pencucian, sebaiknya segera dilakukan pengelapan menggunakan kanebo atau kain microfiber. Tujuannya adalah mencegah perkembangan jamur dengan cepat di tempat yang masih basah. Selain itu jamur bisa timbul akibat adanya air yang menguap di permukaan bodi Mobil akibat terkena sinar matahari.

Perhatikan Teknik Mengelap

Untuk menghindari baret halus dan swirl (sarang laba-laba), lakukan proses mengelap dengan gerakan searah. Membersihkan kotoran atau debu yang melekat pada cat mobil cukup gunakan kemoceng. Atau bisa dengan  diseka saja, tanpa tekanan berlebihan. Karena menyeka dengan tekanan yang berlebih bisa menimbulkan baret.

Hindari Mencuci Mobil dengan Sabun Berbahan Deterjen

Sabun berbahan deterjen memiliki sifat kimiawi yang bisa membuat cat mobil kusam jika dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. Pemilihan sabun cuci mobil yang tepat juga memberi pengaruh pada cat Anda. Untuk mencuci mobil, Anda bisa menggunakan sampo khusus mobil atau sabun yang berbahan dasar air.

Melakukan Paint Protection dan Detailing

Tips merawat Mobil warna hitam selanjutnya adalah melakukan detailing dan paint protection. Hal ini dilakukan pernis pada Mobil memiliki kondisi yang tipis, sehingga warna Mobil lebih cepat menjadi kusam. Oleh sebab itu perlu dilakukan kedua hal tersebut supaya tetap terjaga kondisinya. Pada umumnya hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu 1 tahun sekali.

Pastikan Mobil Bersih saat Gunakan Sarung Mobil

Dalam waktu yang cepat, debu mudah tertimbun. Pastikan terlebih dahulu jika mobil sudah dalam keadaan benar-benar bersih dari debu. Agar tidak sampai menggores lapisan cat mobil, pilihlah sarung atau cover mobil yang terbuat dari bahan halus.

Gunakan Cairan Pengilap

Anda bisa mencoba untuk menggunakan cairan pengilap agar membuat cat mobil hitam terlihat lebih mengkilap lagi. Gunakan cairan pengilap yang berkualitas dan aplikasikan pada lapisan cat mobil Anda secara merata setelah bersih. Anda bisa menggunakan minyak agar membuat bagian tersebut menjadi mengkilap, untuk bagian body yang berstruktur kulit jeruk.

Menggunakan Lap Khusus Untuk Membersihkan Bodi Mobil

Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya jamur pada permukaan cat mobil. Seka menggunakan lap khusus yang berbahan microfiber hingga benar-benar kering, setelah selesai melakukan pencucian. Jamur bisa muncul jika ada air di permukaan cat mobil yang menguap karena terkena panas sinar matahari.

Memilih bahan fabric untuk cover mobil

Untuk lebih amannya sebaiknya pilih cover body mobil terbaik berbahan berbahan kain (fabric). Di seluruh bagiannya sebagai sirkulasi udara, biasanya bahan jenis ini berongga (perforated). Merek terkenal seperti Krisbow maupun Tyvek  bisa juga untuk outdoor, sebenarnya cover mobil jenis ini lebih cocok untuk digunakan pada mobil yang diparkir di dalam ruangan.

Gunakan Compound

Cara menggunakan compound sangat mudah, Anda hanya perlu melumuri bagian body mobil tersebut. Anda bisa mencoba untuk menggunakan compound, jika Anda ingin menghilangkan jamur yang ada pada permukaan mobil. Karena sifat compound yang dapat mengikis lapisan cat mobil hitam Anda, sehingga jangan terlalu banyak.

Gosok secara perlahan dengan menggunakan mikrofiber dengan gerakan yang memutar, setelah tunggu beberapa saat hingga kering. Hingga bercak jamur yang menempel di lapisan cat menghilang, ulangi kembali cara tersebut.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!