Penutup mobil bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk menjaga bagian eksterior mobil Anda terlindungi dan bersih. Dengan menggunakan cover mobil outdoor maupun indoor, Anda dapat melindungi kendaraan Anda dari dedaunan, getah, debu, kotoran burung, dan segala macam elemen kontaminan lainnya yang dapat mempengaruhi estetika mobil Anda.

Tentu saja, jika penutup mobil Anda melindungi mobil Anda dari benda-benda tersebut, itu berarti penutup mobil lebih rentan menjadi kotor. Ketika Anda melihat penutup mobil Anda kotor, ada cara untuk membersihkannya dengan benar. Ini akan membantu meningkatkan durabilitas dan keawetannya.

Tips Mencuci Cover Mobil Outdoor dan Indoor

Metode cuci manual, semprotkan air ke seluruh cover

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Langkah pertama, tempatkan penutup di mobil Anda. Pasang penutup ke mobil, dan pastikan seluruh penutup terbuka. Tarik penutup atas mobil dengan agak kencang. Ini akan membuatnya lebih efektif saat Anda membersihkan.

Langkah selanjutnya, penutup mobil dengan air dingin. Gunakan selang untuk menyemprotkan air dingin ke seluruh penutup mobil, pastikan seluruh penutup basah. Pastikan untuk menggunakan air dengan hati-hati dan lembut, sehingga Anda tidak menimbulkan kerusakan atau ripping ke penutup mobil.

Tips: jika Anda memiliki selang dengan semprotan nozzle di bagian ujungnya, gunakan mode shower untuk semprotan yang lembut namun efektif.

Buat larutan deterjen encer

Selanjutnya, buatlah larutan deterjen encer dengan menambahkan beberapa deterjen cair ringan ke dalam ember berisi air dingin dan bersih, untuk menciptakan larutan pembersih sederhana. Gunakan deterjen yang berbahan lembut.

Mencuci penutup mobil

Cuci penutup dengan spons pencuci piring yang lembut dan larutan deterjen. Masukkan spons ke dalam larutan deterjen dan rendam hingga terserap cukup banyak kemudian baru digosokkan pada cover mobil outdoor maupun indoor yang ingin Anda bersihkan.

Balikkan penutup mobil dan ulangi. Jika Anda ingin membersihkan bagian dalam penutup mobil, cukup ambil penutup dari mobil, putar ke dalam, letakkan kembali di mobil, dan ulangi proses pencucian yang sama seperti di atas. Tapi jika Anda tidak ingin mencuci bagian dalam sampul, lompati langkah ini.

BACA LAGI  Ketahui lah Salah Penggunaan Tutup Mobil bisa Menyebabkan Body Mobil Karatan

Apabila bagian dalam penutup mobil Anda dilapisi dengan kain bulu halus, maka hindari mencuci, dan hanya bersihkan bagian luar penutup mobil.

Penjemuran cover mobil

Selanjutnya, Anda masuk ke tahap penjemuran cover mobil. Setelah Anda selesai mencuci penutup mobil Anda, biarkan dijemur pada udara kering setidaknya selama enam jam. Hindari penjemuran di bawah panas terik matahari terlalu lama karena dapat merusak material cover mobil outdoor.

Jika Anda mempunyai kawat jemuran, cukup keringkan penutup mobil seperti yang Anda lakukan pada pakaian. Anda juga dapat menggantungkannya di atas pagar atau teras, atau merentangkannya di atas dek mobil.

Mencuci cover mobil outdoor dan indoor dengan mesin cuci reguler

Langkah pertama, letakkan penutup mesin cuci reguler yang cukup besar. Sebuah mesin cuci reguler cukup kuat untuk membantu menghilangkan zat-zat keras, seperti getah pohon atau noda yang membandel. Gunakan air dingin dan sabun ringan untuk mencuci penutup mobil.

Untuk menjaga penutup bodi mobil dalam kondisi sangat baik, gunakan sabun berbahan ringan dan metode pengaturan air dingin di mesin cuci komersial. Ini akan membersihkan penutup mobil secara menyeluruh tanpa merusaknya. Pastikan bahwa deterjen yang Anda gunakan sesuai untuk mesin cuci.

Jika mesin cuci memiliki pengaturan/mode cuci yang berbeda untuk dipilih, Anda harus memilih opsi “delicate” atau “gentle”.

Pembilasan cover penutup mobil dengan mesin cuci

Berikutnya, adalah metode pembilasan cover mobil. Bilas penutup mobil lebih dari satu kali untuk memastikan tidak ada deterjen yang tersisa. Untuk hasil yang optimal, gunakan siklus pencucian mesin beberapa kali saat mencuci penutup mobil. Setelah itu, lakukan penjemuran cover bodi mobil seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Salah satu dari metode pencucian ini akan membuat penutup mobil Anda tetap bersih dan tampak hebat. Kabar baiknya lagi, ini berlaku untuk cover mobil outdoor maupun indoor (untuk jenis tertentu). Merawat penutup mobil Anda juga akan meningkatkan masa pakainya, sehingga Anda tidak perlu membeli yang baru dalam waktu dekat.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!