Memang sudah kewajiban para pemilik mobil untuk selalu merawat kendaraan kepunyaannya tersebut. Tidak hanya bagian luarnya saja yang selalu ditutupi dengan selimut mobil. Namun pada interior dalamnya pun perlu dijaga dari berbagai kotoran dan debu. Setiap sudut ruangan di dalam mobil supaya selalu dipastikan dalam kondisi bersih dan tidak bau.

Selain kotoran, pastinya kondisi cuaca yang panas juga memengaruhi kondisi di dalam mobil tersebut. Jika mobil dalam keadaan bersih pastinya akan membuat perjalanan menjadi nyaman. Terdapat banyak komponen pada interior mobil yang harus selalu dirawat agar tidak berubah warna menjadi kusam.

Dashboard merupakan salah satu interior mobil yang harus selalu dijaga penampilannya. Bagaimanapun jika kondisi dashboard kotor pasti juga akan merusak pemandangan. Kondisi dashboard mobil yang bersih merupakan keinginan semua orang. Maka dari itu kami sajikan beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga penampilan dashboard berikut ini.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Menjaga Dashboard Mobil Dari Kekusaman

Bersihkan Debu

Ketika mencuci mobil jangan lupa untuk membersihkan bagian interiornya juga terutama pada jok dan dashboard mobil. Jika lama tidak dibersihkan, debu-debu akan menempel bebas di semua tempat. Cara yang paling mudah yaitu membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Debu masih bisa dibersihkan menggunakan kemoceng dan lap.

Agar hasilnya lebih bersih, Anda bisa menggunakan sedikit air dengan membasahi kain lapnya. Jangan terlalu banyak menuangkan air pada kain lap tersebut.

Bersihkan dengan Cairan Pembersih

Selain dengan air, ada juga cairan pembersih yang bisa membuat dashboard mobil Anda kinclong. Maka sebelum membersihkannya sebaiknya siapkan air dan shampoo yang tidak mengandung deterjen aktif. Penggunaan sabun yang mengandung deterjen tidak dianjurkan karena dapat merusak dashboard.

Dashboard mobil sendiri biasanya terbuat dari bahan khusus yang sangat sensitif terhadap benda kimia. Bahkan alih-alih menjadi bersih, justru dashboard bisa berubah warna menjadi kusam.

Gunakan Vacum Cleaner

Selain dengan cara manual menggunakan lap atau kemoceng, Anda juga bisa membersihkan dashboard menggunakan vacum cleaner. Alat ini berfungsi untuk menyedot debu yang menempel pada celah-celah yang tidak bisa dijangkau dengan tangan. Sehingga dengan alat ini dapat membersihkan dashboard mobil Anda secara menyeluruh.

BACA LAGI  Tips Merawat Cat Mobil Warna Hitam Yang Benar

Ada beberapa jenis vacum cleaner dengan penggunaan yang berbeda. Maka gunakan juga vacum cleaner yang khusus dan memiliki daya serap tinggi untuk membersihkan bagian-bagian yang susah dijangkau seperti di tempat-tempat kecil.

Gunakan Lapisan Pelindung

Selesai dibersihkan dari debu dan kotoran, untuk menjaga agar dashboard selalu bersih dapat Anda berikan lapisan pelindung pada permukaannya. Beberapa lapisan pelindung yang disarankan yaitu dari kimia plastik seperti Polyturethane dan Vinyl. Lapisan pelindung ini dapat Anda temukan di beberapa toko aksesoris mobil.

Lapisan pelindung juga berguna untuk menjaga dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kekusaman. Namun untuk melindungi dari sinar matahari ini Anda juga bisa menutup mobil menggunakan cover mobil outdoor ketika harus diparkir di luar.

Ada beberapa merek yang direkomendasikan seperti Kit Interior, Sonax, 3M, Autoglim, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan Anda. Semprotkan cairan pelindung ini pada saat dashboard dalam kondisi kering dan bersih.

Gunakan Kain Lap Mikrofiber

Lap untuk membersihkan dashboard mobil bisa menggunakan kain yang memiliki daya serap tinggi. Sehingga dapat diatur fungsinya dengan mudah. Untuk membersihkan dashboard yang kusam pun, kain mikrofiber juga bekerja dengan baik. Berbeda jika menggunakan lap biasa mungkin akan lebih sulit untuk mengangkat debu dan kotoran.

Dengan lap mikrofiber ini juga melindungi dashboard Anda dari goresan karena terbuat dari kain yang lembut dan tidak menyebabkan lecet.

Gunakan Sikat Halus

Biasa untuk membersihkan debu-debu yang sulit hilang pada bagian-bagian yang kecil, Anda bisa menggunakan sikat yang halus agar tidak merusak permukaan dashboard juga. Noda bandel mungkin tak bisa dibersihkan hanya dengan kain lap atau vacum cleaner saja sehingga membutuhkan cara yang lebih keras.

Demikian itu beberapa cara untuk perawatan mobil pada interior mobil sehingga akan membuat Anda betah dalam perjalanan.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!