fbpx

Dibanding menggunakan motor, berkendara dengan mobil saat hujan dirasa lebih aman dan nyaman. Tapi ternyata, berkendara dengan mobil tidak sepenuhnya aman dan nyaman karena jika kondisi mobil sedang bermasalah, justru akan mengakibatkan air hujan masuk ke dalam kabin mobil.

Kalau air hujan sudah masuk ke dalam kabin, sudah bisa dipastikan mobil akan menjadi bau dan kotor. Parahnya, bisa menimbulkan kerusakan pada bagian-bagian di dalam interior mobil.

Nah, sebenarnya apa saja yang menjadi penyebab masuknya air hujan ke dalam kabin mobil dan bagaimana penjelasannya? Cek di sini !

#1 Karet Kaca Yang Getas

karet kaca mobil

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Karet yang biasa agan jumpai pada kaca mobil itu sebenarnya selain menjadi pelindung gerat saat kaca naik turun, juga berfungsi mencegah air agar tidak masuk ke dalam mobil saat jendela ditutup. Tapi agan patut waspada jika karet kaca mobil agan mulai getas.

Karet kaca mobil yang mulai getar akan membuat air mudah sekali merembes di balik-balik kaca. Kondisi karet kaca mobil yang getas juga membuat kaca mobil jadi tidak bisa tertutup sempurna dan menyisakan celah pada kaca mobil yang bisa menjadi jalan masuknya air ke dalam kabin mobil.

#2 Karet Pada Pintu Yang Getas

karet pintu mobil

Sama seperti karet pada kaca mobil, karet pada pintu juga bisa menyebabkan masuknya air hujan ke dalam mobil jika kondisinya mulai rusak atau getas. Kondisi karet pada pintu yang mulai rusak atau getas akan membuat pintu mobil jadi tidak bisa tertutup sempurna.

Inilah yang membuat air hujan bisa masuk melalui celah-celah pintu karet pintu yang getas tersebut. Jadi pastikan kondisi karet pada pintu mobil agan masih kencang dan menempel baik pada pintu mobil agan.  

#3 Plastik Penahan Air di Door Trim Yang Mulai Tidak Terpasang Dengan Baik

Pada bagian door trim, sebenarnya terdapat plastik penahan air yang menempel. Plastik penahan air di door trim tersebut sebenarnya berfungsi agar air yang masuk ke pintu mobil tidak sampai menembus bagian pintu dalam. Sesekali coba agan cek apakah plastik penahan air di door trim tersebut sudah terpasang dengan baik atau belum.

#4 Pemasangan Aksesoris Yang Tidak Tepat

Pemasangan aksesoris di bagian eksternal terutama hingga mengebor body mobil akan menimbulkan resiko yang cukup tinggi yang menjadi penyebab air hujan masuk ke kabin mobil. Air hujan akan merembes melalui lubang-lubang tersebut dan parahnya bisa menyebabkan banjir di dalam kabin mobil.

Jadi pastikan pemasangan aksesoris di mobil agan harus tepat dan rapat sehingga tidak menimbulkan rembesnya air hujan melalui lubang-lubang yang bisa berdampak pada banjir di dalam kabin mobil.

#5 Pemasangan Kaca Mobil Yang Kurang Rapat

source : mobil klasik antik

Kaca mobil bawaan mobil biasanya sudah dipasang sempurna pada jendela mobil. Tetapi jika kaca mobil sudah mulai pecah atau retak, biasanya pemilik mobil akan membawanya ke bengkel untuk dipasangkan kembali. Namun sayangnya, pemasangan kaca mobil yang kurang rapat bisa menyebabkan air merembes masuk ke dalam mobil. Jadi pastikan pemasangan kaca mobil agan sudah benar-benar rapat ya.

Nah, itulah yang menjadi penyebab masuknya air hujan ke dalam kabin mobil. Setelah baca-baca info ini agan jadi khawatir air hujan masuk ke dalam kabin mobil?

Tenang gan… tiap parkir langsung coverin mobilnya. Pilih cover mobil yang bahannya tebal. Jadi air hujan susah nembus ke body mobil, apalagi masuk ke dalam kabin mobil.

BACA LAGI  Inilah 5 Manfaat Menggunakan Selimut Mobil, Sayangi Mobil Anda!

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!