fbpx

Dalam mengganti pelek mobil, pertimbangan yang mesti diambil faktanya bukan  melulu soal model atau gaya dari pelek itu sendiri saja. Pasalnya, masih ada beberapa poin lain yang tak kalah penting seperti poin keamanan hingga kesesuaian jenis pelek pada kendaraan Anda.

Memang biasanya tujuan utama dari mengganti pelek pada mobil adalah agar penampilan atau kinerja mobil menjadi lebih ciamik. Tak jarang para pemilik mobil rela untuk menggelontorkan budget ekstra demi mempercantik pelek yang tadinya standar menjadi lain daripada yang lain. Namun sebelum, mantap mengganti, coba cek terlebih dahulu apakah pelek pilihan Anda sudah memenuhi kriteria di bawah ini.

Jangan Salah Pilih Jenis Pelek Agar Tak Menyesal

Belilah Pelek di Toko Langganan

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Adalah sebuah hal yang rawan ketika Anda membeli pelek untuk mobil kesayangan di toko ban abal-abal. Selalu ada kemungkinan bahwa pelek yang Anda beli merupakan produk tak resmi alias sebatas produk replika. Rugi kan kalau sudah membeli mahal-mahal tetapi produk yang didapat bukanlah produk asli? Maka dari itu, sebaiknya Anda membeli pelek di toko ban langganan atau dealer ban resmi.

Memilih Model Pelek Berdasarkan Selera                                                                         

Selera dalam memilih pelek mobil bisa jadi jauh berbeda antara satu pemilik mobil dengan pemilik mobil yang lainnya. Bagi yang mempunyai selera glamor, kemungkinan besar akan memilih jenis pelek dengan tambahan aksen warna emas atau perak mengkilat. Namun bagi pecinta aliran sporty, pelek standar mobil justru akan diganti dengan model yang lebih garang dengan sentuhan ala off road.

Apapun pilihan dan gaya seleranya, nanti harus tetap disesuaikan dengan model aktivitas si mobil itu sendiri. Sama seperti memilih tipe cover mobil sesuai dengan kondisi tempat parkir mobil, maka sesuaikan model pelek dengan kondisi medan dan frekuensi pemakaian mobil.

Evaluasi Material Pelek

Ibaratnya ada cover mobil anti air dan cover jenis biasa, pelek pun ada yang dibuat dari bahan logam ringan maupun logam berat. Untuk pelek bahan logam ringan umumnya dibuat dari bahan magnesium, billet steel, atau forged alloy. Sedangkan material baja adalah bahan yang digunakan untuk membuat pelek dengan bahan logam berat.

BACA LAGI  Mengetahui Bahaya dari Cover Mobil dengan Berbagai Macam Warna

Bobot material pelek yang ringan tentu saja tak akan terlalu membebani kinerja mesin terhadap putaran roda dan sistem pengereman mobil. Namun biasanya pelek dengan bahan logam berat akan lebih unggul jika dilihat dari sisi ketahanannya.

Spesifikasi Pelek Harus yang Paling Oke

Spesifikasi yang mutlak harus ada pada pelek mobil Anda dipatok melalui pengukuran Pitch Centre Diameter, lebar pelek, dan offset pelek. Secara berurutan, ketiga hal ini merupakan melibatkan estimasi jarak lubang baut, besaran pelek terhadap profil ban, dan jarak pinggiran luar pelek terhadap fender mobil.

Selain itu, terdapat pula ragam pelek mulai dari yang tipe one piece hingga three pieces. Kelebihan dari ragam one piece kabarnya lebih awet dibandingkan ragamnya three pieces. Namun kelebihan ragam three pieces adalah punya bobot yang lebih enteng.

Perbedaan Kualitas Pelek

Tingkat kualitas pelek bisa dengan mudah dibedakan lewat level finishing pelek. Semakin halus dan rapi hasil finishing pelek, baik pada bagian depan maupun bagian belakang, maka dapat dipastikan kualitasnya semakin jempolan. Namun bila hasil finishing masih nampak kasar alias masih terdapat berkas serpihan besi, kemungkinan kualitas pelek masih kurang baik

Teknik Lain dalam Memilih Pelek

Perlu diketahui bahwa pelek dengan diameter yang lebih besar masih bisa dikombinasikan dengan ban profil yang cukup tipis. Selain nampak cantik dari segi visualisasinya, kombinasi tersebut akan menghantarkan mobil pada kinerja yang stabil dari segi handling dan respon kemudinya.

Anda pun dapat mengombinasikan diameter pelek tetap bersama ban yang lebih gede dan aspek rasio yang lebih kecil atau mengombinasikan diameter ban dan ban yang ukurannya sudah dinaikkan sebanyak 1 hingga 2 inci dari ukuran standar.

Setelah membaca segenap tips dan trik dalam mengganti pelek mobil di atas, Anda pun jadi tak perlu bingung dalam menentukan pelek model apa yang hendak Anda beli dalam waktu dekat.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!