fbpx

Apakah Anda berpikir untuk membeli sarung mobil? Maka akan sangat bagus jika Anda tahu jenis bahan yang tersedia dan manakah penutup mobil yang paling sesuai dengan mobil Anda. Ada beragam jenis cover mobil di pasaran, masing-masing produsen menawarkan keunggulan yang tersendiri dari tiap produk dan tipenya.

Seperti yang kita perlu kita ketahui, bahwasanya fungsi utama dari penutup mobil adalah untuk melindungi mobil dari serangan cuaca buruk serta goresan berbagai benda seperti debu, cakaran hewan piaraan dan kejahilan anak-anak yang berpotensi merusak cat mobil.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk benar-benar membeli penutup mobil ada baiknya jika Anda mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Jenis-Jenis Sarung Mobil yang Tersedia di Pasaran

Anti air (water resistant)

Jenis ini juga merupakan penutup mobil breathable yang dapat diproduksi menggunakan berbagai jenis kain dengan bobot yang berbeda-beda. Jenis sarung mobil ini adalah penutup mobil yang menahan air, tetapi mendukung sirkulasi udara untuk mencegah kondensasi. Sebagian besar dari jenis ini memiliki fitur UV filter yang dijahit bertautan sebagai pelindung dari degradasi sinar matahari.

Penutup mobil ini juga selain tahan terhadap air, juga tahan terhadap serangan jamur. Sehingga cocok digunakan sebagai penutup mobil outdoor, yang akan sangat berguna apabila Anda belum memiliki garasi indoor atau dibawa saat bepergian/traveling.

Penutup mobil waterproof

Selimut mobil tahan air baik menggunakan lapisan film atau lapisan plastik. Penutup kedap air memang ideal untuk menghindari kontak langsung antara air dengan mobil, namun kelemahannya adalah kecenderungan timbulnya kondensasi saat pemakaiannya. Kondensasi dapat merusak cat mobil, yang membuatnya lebih baik untuk tidak menggunakan penutup sama sekali.

Penutup mobil parasit

Penutup mobil yang terbuat dari kain parasit adalah jenis sarung mobil yang paling umum dan memang dikenal cukup baik durabilitas dan kekuatannya. Kain jenis parasit memiliki tekstur yang licin dan halus membuatnya lebih tahan terhadap air (waterproof). Kebanyakan diproduksi dalam warna abu-abu dan juga diperuntukkan sebagai cover mobil outdoor.

Penutup mobil polyester

Selain kain parasit, jenis kain material penutup mobil yang juga memiliki sifat waterproof dan cocok digunakan sebagai penutup mobil outdoor adalah polyester. Jenis kain ini juga tahan terhadap serangan cuaca buruk lainnya seperti terik panas matahari saat siang dan hujan deras yang bisa datang secara tiba-tiba. Kelebihan lainnya, warnanya tidak mudah pudar dan bahannya kuat.

BACA LAGI  Cari Produsen Jual Cover Mobil  / Sarung Mobil Out Door? Ini 3 Saran Kami Untuk Anda

Penutup mobil nylon

Jika Anda sudah memiliki garasi dalam rumah dan sedang mencari sarung mobil yang tepat maka penutup mobil dari kain nylon adalah jenis yang terbaik untuk Anda. Kain ini memiliki sifat elastis atau lentur namun tidak mudah sobek saat ditarik. Karena kurang dapat menahan panas dan air, penutup mobil nylon lebih baik digunakan pada sat mobil diparkir di dalam ruangan.

Penutup mobil plastik

Penutup mobil plastik yang terbaik bagi individu yang menjaga mobil mereka di dalam garasi selama periode musim dingin. Biasanya penutup ini dilengkapi dengan kain flanel. Kain flanel membantu menyerap kelembaban dan memberikan perlindungan eksternal yang ketat.

Penutup mobil katun

Penutup mobil juga ada yang terbuat dari serat kapas murni atau campuran katun dan polyester. Mereka mungkin dianggap sebagai kain biasa karena biasa dipakai sebagai material pembuat busana. Katun murni lebih baik dari campuran katun karena polyester bisa saja berbahaya bagi cat mobil.

Sarung katun tidak cocok untuk penggunaan outdoor yang lama karena tidak tahan air. Sarung ini lebih cocok digunakan di dalam ruangan karena memiliki sifat yang lembut terhadap cat.

Penutup mobil ripstok

Jika Anda mencari penutup mobil untuk penggunaan indoor maupun outdoor maka penutup mobil ripstok adalah jenis sarung mobil yang paling ideal karena memiliki lapisan waterproof di bagian luar maupun di bagian dalam sehingga tidak hanya melindungi permukaan bodi mobil dari air dan panas tetapi juga dari goresan halus.

Apapun jenis penutup mobil yang Anda pilih, pastikan Anda tahu cara merawat bodi mobil dengan baik seperti membersihkan dan melapnya dengan baik sebelum diberi cover dan mencucinya secara rutin.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!