Merawat eksterior mobil agar tetap cemerlang tidak cukup hanya dengan mencuci dan melap mobil Anda saja. Bodi mobil juga perlu dilindungi terutama saat dalam kondisi tidak dipakai atau diparkir dalam waktu cukup lama. Salah satu cara merawat eksterior mobil adalah memasangkan sarung mobil yang bagus, yang mana memiliki banyak kegunaan dalam hal proteksi mobil terhadap pengaruh luar.

Di pasaran aksesoris otomotif, beragam produk cover mobil ditawarkan. Material pembuatannya berbeda dengan harga yang berbeda-beda pula. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung pada bahan pembuatan dan ukurannya.

Kriteria Sarung Mobil yang Bagus

Bahan yang halus

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Selimut mobil dengan bahan yang kasar akan meninggalkan bekas baretan pada permukaan bodi yang dapat mengganggu serta merusak penampilan mobil Anda. Oleh sebab itu, kriteria pertama dalam memilih sarung mobil yang bagus adalah bahan yang halus sehingga dapat digunakan dengan aman meski seluruh permukaan mobil tertutup dengan sarung tersebut.

Memiliki lapisan proteksi

Penutup mobil yang terbaik biasanya tidak hanya terdiri satu lapisan saja, melainkan tiga hingga lima lapisan. Lapisan-lapisan ini memberikan proteksi yang maksimal. Misalkan pada lapisan terluar menggunakan material yang tahan terhadap panas dan air sehingga dapat melindungi mobil dari cuaca yang panas maupun saat hujan deras.

Lapisan tengahnya biasanya terbuat dari bahan kain dengan rongga yang breathable yang berfungsi untuk membebaskan uap atau embun air yang terperangkap di dalam penutup. Lapisan selanjutnya terdiri dari bahan kain berserat untuk menjaga agar kain tidak mudah rusak atau sobek dan bagian dalamnya terbuat dari bahan kain yang halus untuk menyerap panas dan mencegah gesekan.

Bahan tidak mudah luntur

Pada beberapa jenis selimut mobil yang kurang bagus atau murahan, warnanya dapat luntur dan melekat pada cat mobil, inilah yang membuat mobil terlihat belang-belang. Tentu hal ini sangat merugikan sebab Anda harus mengecat ulang mobil Anda dengan biaya yang tidak sedikit. Jika tidak ingin mengalami hal demikian, pilihlah penutup mobil yang berkualitas dengan bahan yang tidak mudah luntur.

Menggunakan bahan yang mudah kering

Biasanya, setelah mobil ditutup dengan sarung atau cover mobil, maka akan tersisa uap air atau embun yang menempel pada bagian dalam sarung. Inilah yang dapat menjadi tempat berkembang biak jamur. Oleh sebab itu, sarung mobil yang bagus harus memiliki sifat mudah kering saat dijemur.

Jika Anda nekat menutup mobil dengan sarung yang masih lembab maka jamur bisa menempel pada permukaan bodi mobil dan membuat penampilannya semakin buruk.

Memiliki jahitan yang rapi

Saat memilih penutup mobil, pastikan bahwa jahitannya benar-benar rapi sehingga tidak menyisakan celah. Karna jahitan yang kurang rapi menyisakan lubang-lubang kecil yang dapat membuat air merembes atau cahaya matahari dapat menembus ke dalam penutup mobil, sehingga membuat perlindungannya tidak maksimal. Sarung mobil yang bagus memiliki jahitan yang rapi, tidak bercelah sehingga mengoptimalkan perlindungan bodi mobil terhadap kebocoran dan sinar matahari.

Tidak mudah lepas terkena angin

Ada banyak sekali penutup mobil yang tidak dilengkapi dengan karet elastis yang berfungsi untuk menahan penutup mobil agar tidak mudah diterbangkan oleh angin. Yang seperti ini perlu dihindari. Penutup mobil yang baik dilengkapi dengan karet elastis atau tali pengait pada velg ban sehingga tidak mudah lepas atau terbang saat tertiup angin.

Merek yang terkenal

Sebenarnya merek tidak menjamin kualitas dari penutup mobil, tetapi untuk menghindari merek abal-abal yang tidak berstandar dan bermutu jelek, maka disarankan untuk memilih penutup mobil dari merek yang sudah terkenal. Karena merek bisa menjamin garansi saat terjadi kerusakan maupun hal yang lain.

Bergaransi

Sarung mobil yang bagus bisa jadi cukup mahal dan Anda akan membutuhkan jaminan garansi untuk hal tersebut karena uang yang Anda keluarkan tidaklah sedikit. Jadi jangan ragu untuk menanyakannya pada si penjual, apakah ada garansinya atau tidak.

Demikian ulasan mengenai cover atau penutup mobil yang berkualitas. Semoga bermanfaat untuk Anda para pemilik mobil pribadi untuk menjaga mobil Anda tetap dalam tampilan yang prima.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!