Dulu saat kita mendengar kata mobil sport atau sportscar mungkin pikiran kita akan langsung tertuju pada sebuah mobil dengan tampilan luar super keren yang dibekali kecepatan yang luar biasa hingga sering dijadikan sebagai mobil balap. Sejatinya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar tapi juga tidak sepenuhnya salah. Karena dalam kelas mobil yang memiliki kecepatan luar biasa, ada ‘kasta’nya.

Pernahkah Anda membaca ulasan mengenai mobil sportscar, muscle car, hyper car dan supercar? Istilah-istilah tersebut dipakai untuk menggambarkan deretan mobil-mobil kasta atas yang memiliki performa dan harga yang luar biasa. Bukan hanya 1-2 milyar saja, namun bisa mencapai puluhan miliar rupiah. Yang pasti keempat istilah mobil mahal tersebut memiliki definisinya masing-masing.

Perbedaan Sportscar, Supercar, Muscle Car, dan Hypercar

Sportscar

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Dalam keluarga mobil super cepat dan mahal tersebut, bisa dibilang bahwa jenis sportscar berada pada kasta yang paling bawah untuk masalah harga dan kecepatan. Meski begitu, performanya tetap melebihi mobil konvensional pada umumnya. Banyak yang minat dengan mobil ini karena harganya yang tidak terlalu mahal, hanya sekitar 1-2 miliar rupiah saja dan bahkan ada yang di bawah 1 miliar.

Jika di Indonesia sendiri, terutama di jalanan kota-kota besar seperti Jakarta, mobil jenis sportscar ini masih cukup mudah ditemui meskipun jarang. Jika dilihat dari segi desain, mobil ini nampak seperti sedan namun memiliki lebih banyak lekukan serta variasi yang estetis. Mobil jenis ini biasanya hanya memiliki dua seat dan posisi mesinnya dapat berada pada depan, tengah, maupun belakang.

Karena termasuk ke dalam kasta paling bawah, kebanyakan sportscar tidak memiliki batas produksi. Beberapa contoh mobil sportscar di antaranya adalah Porsche 911 Carrera, BMW Z4, Toyota GT86, Audi TT-RS dan Alfa Romeo 4C

Super car

Super car merupakan tipe mobil berkecepatan luar biasa yang memiliki desain lebih aerodinamis karena bertujuan agar mendukung kecepatan maksimal hingga 320 kilometer per jam. Artinya, mobil ini jauh lebih cepat daripada mobil sportscar yang sudah sangat cepat itu. Performa yang dimilikinya pun tidak bisa dianggap remeh.

Pada umumnya, supercar akan diproduksi dalam jumlah yang terbatas guna menjaga nilai eksklusivitasnya. Bahkan si pemesannya pun dapat mengajukan kustomisasi desain baik interior maupun eksterior. Tak heran jika harganya mencapai belasan hingga puluhan miliar rupiah.

Perbedaan yang terasa cukup kontras saat mobil ini melaju di jalanan adalah mobil ini bisa menarik perhatian orang karena suara deru mesin dan juga desainnya yang sangat futuristik. Beberapa jenis supercar yang ada di antaranya adalah McLaren 720S, McLaren 720S, Audi R8, Lamborghini Huracan, Ferraro 488 GTB, Porsche 911 Turbo, dan Corvette ZO6.

Muscle Car

Di atas supercar ada jenis mobil muscle car. Mobil jenis ini memiliki performa yang jauh di atas supercar karena sudah dibekali dengan mesin tipe V8 yang berukuran besar. Jika supercar memiliki mesin yang kecil dan ramping namun tetap bertenaga sedangkan muscle car memiliki mesin yang super cepat dengan mesin yang lebih bertenaga.

Muscle car memiliki keunggulan pada trek lurus sedangkan supercar unggul pada tikungan karena memiliki bodi yang lebih enteng. Untuk desain bodi, muscle car memiliki desain yang didominasi dengan bentuk kotak sehingga membuatnya nampak klasik namun tetap macho dan gagah.

Beberapa contoh mobil muscle car di antaranya adalah Dodge Charger SRT Hellcat 2017, Dodge Challenger SRT Hellcat 2017, Shelby GT500 2013, Chevrolet Camaro ZL1 2017 dan Equus Bass 770 2015.

Hypercar

Hypercar adalah kasta paling atas pada keluarga mobil supercepat dan super mahal. Mobil ini memiliki performa yang luar biasa karena dapat menghasilkan kecepatan hingga 400 kilometer per jam. Tidak heran jika mobil hypercar dibanderol dengan harga puluhan miliar. Di Indonesia mungkin kita hanya bisa menemukannya pada pameran-pameran.

Produksi hypercar pun juga terbatas dan memiliki komponen yang sangat mahal sehingga banyak perusahaan asuransi yang menolak proteksi untuk mobil ini. Beberapa jenis mobil hypercar di antaranya Porsche 918 Spyder, Koenigsegg Agera R, Aston Martin Valkyrie dan McLaren P1.

Karena harga mobil-mobil tersebut sangat mahal dan memiliki nilai prestise yang cukup tinggi, tidak heran jika mobil-mobil tersebut lebih sering diparkirkan di dalam garasi, tertutupi dengan cover mobil daripada dipakai untuk sehari-hari.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!