Mudik atau liburan bersama teman atau keluarga dengan mobil pribadi memang menjadi salah satu pilihan paling praktis dan mudah, mengingat Anda tak perlu repot-repot melakukan reservasi tiket transportasi yang seringkali sulit didapat di waktu-waktu high season. Mudik maupun liburan adalah dua jenis perjalanan yang sudah lekat dengan kebiasaan masyarakat Indonesia.

Namun terkadang, orang banyak yang melupakan berbagai persiapan penting sebelum beribur dengan menggunakan mobil sehingga berakibat pada terganggunya keamanan, keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. Oleh sebab itu jangan sampai Anda alpa dalam melakukan persiapan baik untuk kendaraan Anda maupun untuk diri Anda sendiri.

Nah, berikut ini akan dibahas beberapa tips mudik dan liburan aman dan nyaman dengan mobil pribadi agar dapat sampai tujuan dan kembali lagi ke rumah dengan selamat, tak kurang satu apapun

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Tips Aman dan Nyaman, Mudik atau Berlibur dengan Mobil Pribadi

Pastikan mobil dalam keadaan baik

Coba ingat kembali kapankah Anda terakhir menservis mobil Anda, jika ternyata Anda melewatkan servis rutin mobil Anda maka sebelum Anda menggunakannya berlibur segera bawa ke bengkel resmi mobil Anda atau bengkel umum terpercaya di kota Anda.

Namun jika Anda ternyata sebelumnya sudah servis rutin,  1 jam sebelum berangkat pastikan Anda mengecek kembali mesin, busi, dan ban mobil dalam keadaan baik. Bila perlu mintalah bantuan orang lain yang lebih ahli untuk mengeceknya.

Bersihkan interior maupun eksterior mobil

Meski merupakan mobil pribadi, Anda juga wajib menjaga kebersihan dan keindahan mobil Anda luar-dalam. Tujuannya tentu agar menambah kenyamanan Anda selama berkendara dan juga penumpang lainnya. Menjaga kebersihan dan keindahan mobil tidak selalu harus membawanya ke salon mobil. Jika Anda punya waktu, mencuci dan membersihkan mobil bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Jaga kondisi tubuh Anda

Pergi selama musim liburan atau mudik terutama dengan menempuh jarak jauh dan tanpa supir pengganti itu artinya Anda harus benar-benar siap secara mental dan fisik karena Anda akan berhadapan dengan kemacetan dan kepadatan lalu lintas dan kondisi cuaca yang berbeda-beda. Oleh sebab itu jauh-jauh hari sebelum berlibur, mulailah berusaha untuk jaga kondisi dan kesehatan Anda.

Bawa cukup uang tunai

Selama perjalanan mudik atau berlibur, Anda mungkin saja akan kesulitan menemukan mesin ATM terdekat atau bisa saja lupa untuk tarik tunai. Jadi sebisa mungkin bawalah uang tunai secukupnya. Ini juga penting karena mungkin Anda membutuhkannya untuk membeli sesuatu di toko, makan, bayar toilet, parkir dan sebagainya.

Jangan lupa obat-obatan

Walaupun tidak selalu digunakan, namun untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, beberapa jenis obat dan P3K seperti untuk obat masuk angin, obat sakit kepala, obat sakit perut, minyak gosok, obat merah dan plester luka terkadang diperlukan. Jadi jangan lupa dibawa.

Pastikan tidak melebihi kapasitas

Mudik atau berlibur bersama orang-orang yang Anda sayangi mungkin memang terdengar menyenangkan, namun jika mobil membawa terlalu banyak muatan yang melebihi kapasitas (baik penumpang maupun barang bawaan), maka dapat mengancam keselamatan berkendara. Jadi pastikan membawa penumpang atau barang bawaan tidak melebihi kapasitas.

Peta dan GPS

GPS di smartphone Anda memang sangat berguna, namun tidak semua wilayah yang Anda lewati dapat menjangkau sinyal seluler. Jadi untuk berjaga-jaga, bawalah juga peta kertas yang bisa Anda gunakan jika sewaktu-waktu GPS tidak berfungsi. Bila perlu, tanyakan juga pada penduduk sekitar.

Persiapan lain

Beberapa persiapan lain mungkin juga mungkin Anda perlukan seperti misalnya kotak perkakas mobil dan air karburator, sebab di perjalanan, Anda belum tentu akan menemukan bengkel jika sewaktu-waktu mobil mengalami kendala. Begitu juga dengan cover mobil yang mungkin Anda akan gunakan jika Anda ingin memarkir mobil Anda di luar ruangan dalam jangka waktu lama.

Jangan lupa sempatkan istirahat

Jangan lupa jika Anda lelah menyetir dalam perjalanan jauh, segeralah beristirahat di rest area atau di pemberhentian lain seperti SPBU. Sebelum melanjutkan perjalanan kembali, pastikan kondisi mobil Anda masih dalam keadaan prima.

Satu hal lagi yang tidak boleh terlupa agar perjalanan Anda selalu aman dan selamat: memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selamat mudik atau berlibur.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!