Memiliki garasi adalah syarat penting ketika akan memiliki mobil. Garasi merupakan ruang yang dibutuhkan untuk bisa menyimpan mobil ketika sedang tidak digunakan. Namun pada kenyataannya, tidak semua pemilik rumah dan mobil memiliki garasi karena berbagai faktor. Lantas bagaimana mereka memparkir mobil mereka? Jawabannya tentu di ruang terbuka. Entah di halaman maupun di luar rumah.

Tentunya risiko yang harus dihadapi mobil ketika “disimpan” di ruang terbuka menjadi lebih besar dibandingkan dengan diletakkan di dalam ruangan. Kemungkinan terkena karat, jamur dan berbagai masalah lainnya menghantui mobil tersebut. Maka dari itu, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menerapkan perawatan yang lebih intensif.

Perawatan Mobil Agar Awet Walau Disimpan Di Luar

Rutin Mencuci Mobil

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Mobil yang diparkir di udara terbuka tentunya lebih kerap mendapatkan paparan sinar matahari dan juga debu maupun kotoran. Tak jarang pula, ketika musim penghujan tiba, mobil-mobil ini mendapatkan guyuran air hujan yang bersifat asam. Tempaan panas dan hujan bergantian sangat tidak bagus untuk mobil, apalagi jika terjadi secara terus menerus dan dalam waktu lama.

Untuk menguragi risiko terjadinya kerusakan mobil, maka Anda harus rajin mencuci dan mengeringkan mobil setidaknya sekali dalam seminggu. Memang terlihat cukup merepotkan, namun hal ini wajib dilakukan jika Anda ingin mobil bisa berumur panjang dengan performa mesin yang tetap prima.

Ketika sehabis digunakan pada medan yang kotor, maka segera bersihkan mobil. Sebab lumpur, maupun cipratan air kotor yang mengenai badan mobil, yang kemudian mengering karena terkena panas terik matahari, bisa membuat cat mengelupas. Selain itu, kotoran yang mengeras ini juga meningkatkan risiko cat tergores yang pastinya akan menimbulkan kerugian untuk Anda.

Gunakan Sarung Mobil

Mobil besar semacam SUV maupun MPV memang memakan banyak tempat, maka dari itu tak jarang pemilik mobil semacam ini kebingungan meletakkan kendaraan tersebut di dalam rumah. Mobil semacam Avanza maupun Innova dan mobil keluarga lainnya juga mengalami hal yang serupa. Alih-alih melebarkan rumah untuk membuat garasi, hal yang bisa dikerjakan sementara adalah mengkondisikan lingkungan untuk bisa menjadi tempat parkir yang nyaman.

Jika mobil terpaksa berada di luar, terutama di kondisi yang tidak ada penghalang sinar matahari, maka cara terbaik untuk melindungi mobil adalah dengan menggunakan sarung mobil. Cover mobil avanza, innova, xpander dan semua merek mobil sangat mudah untuk didapatkan. Hal ini dikarenakan sarung mobil sudah menjadi kebutuhan agar mobil bisa lebih terlindungi.

Namun Anda juga harus lebih teliti dalam membeli sarung mobil. Seringkali banyak pemilik mobil yang masih memilih untuk membeli sarung mobil waterproof, padahal sarung mobil dengan bahan semacam ini malah dapat meningkatkan kelembaban. Alhasil mobil akan lebih mudah terkena noda yang ditimbulkan dari embun karena lingkungan lembab tersebut. Parahnya lagi adalah timbulnya karat pada mobil.

Lebih baik, Anda memilih sarung mobil yang menggunakan bahan water repellent. Bahan ini lebih mudah menyingkirkan air yang mengguyur sarung tanpa meninggalkan kelembaban berlebih.

Hal yang juga tidak kalah penting adalah memilih mantel mobil yang dapat mencegah radiasi UV. Menangkal sinar matahari dan radiasinya memang sangat bagus untuk melindungi eksterior mobil, terutama warna cat agar tidak mudah pudar.

Penggunaan Paint Protection Film

Paint protection film tidak hanya melindungi mobil dari hujan, kotoran burung, maupun getah pohon, tetapi juga bisa untuk mencegah goresan pada cat mobil. Untuk penggunaan jangka panjang, paint protection film merupakan pilihan yang tepat bagi mobil Anda agar tidak perlu mengeluarkan biaya lebih besar untuk mengecat ulang mobil Anda.

Penggunaan Sarung Jok, Kaca Film dan Cover Dashboard

Selain ekterior, bagian interior juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Udara panas akibat terlalu sering terpapar sinar matahari di udara terbuka, serta perubahan suhu drastis ketika setelah panas terkena guyuran hujan juga dapat merusak kondisi interior mobil.

Untuk menghindari hal tersebut, selalu gunakan sarung jok yang berkualitas tinggi serta mampu bertahan di cuaca ekstrim baik terlalu panas maupun terlalu dingin. Selain itu, pasang kaca film juga bisa mengurangi cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin. Guna menjaga warna dashboard tetap bagus, gunakan juga penutup dashboard yang berkualitas.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!