Bagi seorang pemilik mobil, jok mobil agaknya menjadi salah satu bagian dari interior mobil yang paling penting untuk dirawat dan dijaga kebersihannya. Bagaimana tidak? Saat seseorang membuka pintu mobil dan ingin memasuki sebuah mobil, jok mobil menjadi perhatian utama. Jok mobil yang bersih pasti akan memberikan rasa nyaman bagi pengemudi dan penumpangnya. Tak terkecuali bagi mobil yang mahal sekalipun. Meskipun mobilnya sudah termasuk mobil yang mahal, tapi jika interior mobilnya tidak terawat tentu saja akan tidak nyaman untuk digunakan.
Hingga saat ini, cara yang paling mudah untuk merawat jok mobil adalah dengan menambahkan pelapis atau pembungkus jok mobil. Pelapis atau pembungkus jok mobil ini biasa dikenal dengan istilah sarung jok mobil atau cover jok mobil. Di pasaran terdapat banyak jenis cover jok mobil yang sudah banyak dipakai oleh para pemilik mobil. Nah, bagi Anda pemilik mobil yang belum mengetahui cara merawat jok mobil yang benar, ada baiknya Anda kenali dulu jenis cover jok mobil yang sering digunakan para pemilik mobil diantaranya seperti berikut ini:

1. Cover Jok Mobil Non Permanen

Cover Jok Non Permanen

Jenis pelapis mobil seperti cover jok mobil non permanen ini merupaka jenis pelapis jok mobil yang mempunyai sifat tidak permanen atau dalam penggunaannya hanya disarungkan saja pada jok mobilnya. Biasanya pemasangan pelapis jok mobil ini hanya dikaitkan pada badan jok mobil dengan menggunakan tali pengencang seperti karet, kancing, atau resleting yang terletak di bagian bawah jok mobil. Pemasangan cover jok non permanen ini relatif lebih mudah. Namun terkadang hasil dari pemasangan pelapis jok mobil ini terlihat kurang sesuai dengan jok mobilnya. Hal yang sering dikhawatirkan dari pemasangan pelapis jok mobil ini adalah akan terjadi kerusakan pada jok asli mobilnya.

2. Cover Jok Mobil Paten

Cover Jok Paten

Berbeda dengan cover jok mobil non permanen, pemasangan cover jok mobil paten dilakukan dengan cara kulit jok asli mobil dilepas dan diganti dengan bahan pelapis jok mobil yang Anda pilih sebagai pelindung jok mobil Anda kemudian bahan pelapis tersebut dijahit dengan jok mobilnya. Proses pemasangan dari pelapis jok mobil yang satu ini biasanya disesuaikan dengan standar pabrik. Walaupun harganya cenderung relatif lebih mahal, jenis cover jok mobil paten seperti ini dirasa lebih nyaman dan rapi.

Meskipun jok mobil Anda sudah dilapisi dengan pelapis jok mobil paten, merawat jok mobil menjadi hal penting untuk dilakukan demi menjaga kenyamanan saat perjalanan mobil. Ada banyak cara untuk merawat jok mobil paten Anda agar selalu bersih dan terawat. Hal yang harus diperhatikan sifat bahan pelapis jok mobil paten, tingkat kerumitan noda atau kotoran, dan material yang digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran tersebut.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

3. Jenis Jok Mobil Berbahan Soft Fabric atau Jok Beludru

Cover Jok Berbahan Beludru

Cover Jok Mobil memiliki sifat yang cukup sensitif. Untuk itu, cara merawat jenis pelapis mobil inipun juga harus ekstra hat-hati agar nantinya tidak merusak jok mobil itu sendiri. Anda bisa memakai penyedot debu serta cairan pembersih khusus untuk bahan beludru untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada pelapis jok mobil ini. Gunakan juga sikat dengan bulu yang lembut secara perlahan pada area kotor. Keringkan dengan membuka semua pintu mobil.

BACA LAGI  Ketahui lah Salah Penggunaan Tutup Mobil bisa Menyebabkan Body Mobil Karatan

Untuk menjaga jok mobil Anda yang berbahan beludru tidak mudah rusak, ada baiknya hindari memarkir mobil langsung di bawah terik sinar matahari. Jika terpaksa, gunakan sun visor jika jok mobil Anda terkena noda. Segera bersihkan jok mobil Anda agar noda tersebut tidak menjadi permanen. Agar jok mobil Anda bisa selalu bersih dan terawat buatlah jadwal untuk membersihkan mobil Anda minimal setiap 3 bulan sekali.

4. Jenis Jok Mobil Berbahan Kulit Asli (Genuine Leather)

Cover Jok Kulit Asli

Untuk jok mobil dengan bahan kulit asli, ada baiknya Anda gunakan penyedot debu untuk menjangkau kotoran-kotoran yang ada di daerah yang sulit dijangkau. Tidak hanya itu, gunakan juga plas chamois yang sudah dibasahi yang bertujuan untuk mengusap permukaan jok mobil. Cara pertama untuk membersihkannya adalah semprotkan sedikit cairan pembersih di area yang ingin dibersihkan. Setelah itu, sikat dengan gerakan lembut kemudian lap area tersebut menggunakan kain microfiber yang bersih. Usahakan jangan menyemprot cairan pembersih tersebut ke area yang belum dibersihkan karena cairan tersebut akan mudah mongering dan berakhir menjadi noda.

5. Cover Jok Mobil Berbahan Semi Kulit atau Kulit Sintesis (Synthetic Leather)

cover jok mobil
Cover Jok Kulit Sintesis

Beda lagi dengan cover jok mobil dengan bahan semi kulit atau kulit sintesis. Pada jenis cover jok mobil ini noda yang menempel pada jok mobil dapat dibersihkan dengan obat pembersih khusus untuk bahan semi kulit atau kulit sintesis. Obat pembersih tersebut bisa sudah banyak dijual di pasaran. Namun, jika Anda tidak bisa menemukan obat pembersih tersebut Anda juga bisa menggunakan sampo atau pembersih kaca untuk membersihkan noda yang menempel pada jok mobil tersebut. Hindari menggunakan alcohol atau detergen ya gan. Kedua zat tersebut dapat menyebabkan jok mobil Anda yang terbuat dari bahan kulit sintesis menjadi cepat rusak.

Nah, itulah 5 cara yang bisa Anda aplikasikan untuk merawat jok mobil Anda berdasarkan jenis bahan cover jok mobilnya. Sebenarnya, merawat jok mobil bukanlah hal yang sulit. Kuncinya Anda harus rajin membersihkan jok mobil Anda secara rutin paling tidak satu kali dalam 3 bulan. Bagi Anda yang baru ingin memasang cover jok mobil usahakan memilih produsen pelapis jok mobil yang sudah kredibel di bidangnya seperti Cover Super, produsen aksesoris automotif paling terpercaya se-Indonesia. Bagi Anda yang berada di kota-kota besar seperti Bandung, Jogja, Surabaya tidak hanya bisa memesan cover jok mobil di took variasi offline, namun juga bisa memesannya via online. Tinggal ketik saja pada laman google Anda “cover jok mobil Bandung”, “cover jok mobil Jogja”, atau “cover jok mobil Surabaya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!