fbpx

Produksi mobil selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dari yang dahulu mobil masih dengan kemampuan sederhana hingga sekarang yang banyak kelebihannya baik dari kecepatannya atau aspek lainnya.

Sejak awal diciptakannya, mobil hanya memiliki kecepatan yang rendah dengan teknologi yang tidak memadai. Hingga sekarang mobil menjadi barang kebutuhan bagi manusia dan sudah dibekali dengan teknologi tinggi serta kenyamanan bagi penggunanya.

Di Indonesia jenis-jenis mobil ada berbagai macam. Indonesia memang pasar yang paling potensial bagi para produsen otomotif dari berbagai negara. Namun sisi lainnya, di Indonesia sendiri juga banyak orang yang menyukai bidang otomotif. Tidak sedikit juga yang rela menghabiskan dananya hanya untuk hobinya ini. Penyuka otomotif dibagi ke dalam beberapa macam, salah satunya pecinta mobil.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Anda belum bisa dikatakan pecinta otomotif jika belum mengetahui jenis-jenis dan karakteristik dari berbagai mobil. Berikut ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis mobil di Indonesia.

Jenis-Jenis Mobil di Indonesia dan Karakteristiknya

SUV

Jenis SUV memiliki performa yang paling tinggi dibandingkan jenis mobil lain di Indonesia. Dari desainnya sudah menunjukkan kelebihannya. Desain mobil ini dibuat dengan jarak antara tanah dan bagian bawah mobil yang tinggi. Jenis ini sangat cocok digunakan untuk menembus medan berat karena bagian rodanya yang dilengkapi dengan penggerak (4×4) dan bisa digunakan untuk off-road maupun on-road.

SUV juga memiliki bentuk yang terlihat tangguh dan kokoh. Selain dari penampilannya, mobil jenis ini sudah  dilengkapi dengan mesin yang bertenaga tinggi untuk melewati segala medan. Contohnya seperti Pajero, Terios, Rush, dan lainnya.

MPV

Jenis mobil ini sangat populer dan lebih banyak digunakan di Indonesia. Kendaraan ini merupakan sebuah minibus yang mampu menampung penumpang hingga delapan orang. MPV ini banyak dipilih di Indonesia karena kapasitasnya yang mampu menampung satu keluarga atau biasa disebut dengan mobil keluarga, sehingga liburan bersama keluarga lebih menyenangkan.

Ukurannya yang besar sangat praktis untuk mengangkut banyak bawaan dengan bagian bagasi yang luas. Jok bagian belakang pun bisa dilipat untuk memperluas ruang bagasi. Contoh mobil MPV ini seperti Avanza, Mobilio, Ertiga, dan lain-lain.

Sedan

Sedan merupakan mobil yang selalu menampakkan kemewahan. Sedan dikenal sebagai mobil di kalangan elit. Desainnya yang selalu modern sangat cocok digunakan untuk perkotaan. Mobil sedan ini memiliki bentuk yang pendek dibandingkan jenis MPV maupun SUV.

BACA LAGI  Di Tempat Ini, Mobil Mewah Menjadi Barang Rongsokan

Kapasitas mobil ini dapat digunakan untuk lima orang penumpang dan dilengkapi bagasi yang cukup luas. Sedan ini merupakan mobil yang cocok digunakan untuk satu keluarga. Di setiap perkembangannya, mobil sedan selalu diproduksi dengan desain modern. Mobil sedan memiliki beberapa tingkatan kelas seperti sedan mewah dan sedan sporty.

City Car

Mobil jenis ini sangat cocok untuk menaklukkan jalanan perkotaan. Bentuknya yang mini dengan desain minimalis dan lebih lincah dibandingkan jenis lainnya, mobil ini bisa untuk menembus jalanan kota yang terkadang macet. Karena bentuknya yang mini, mobil ini hanya memiliki ruang untuk bagasi yang kecil. Kapasitasnya hanya cukup diisi oleh lima penumpang saja.

Meskipun bisa digunakan untuk perjalanan luar kota, tetapi mobil jenis ini tidak nyaman untuk perjalanan luar kota karena tidak didesain demikian. Jika digunakan untuk perjalanan jauh akan membuat badan terasa pegal dan mesinnya pun akan terasa panas. Contoh city car seperti Brio, Sirion, dan lain-lain.

Hatchback

Bentuk mobil ini hampir mirip dengan kendaraan city car, namun untuk hatchback memiliki bagian bagasi yang lebih luas. Memang desain mobil ini seperti meringkas kapasitas di dalamnya yang masih mengutamakan fungsional.

Mobil ini memiliki bentuk yang seperti sedan dan bisa menampung hanya lima orang. Mobil jenis ini selalu mengutamakan tampilan luar yang modern dengan performa yang lebih baik.

Pada dasarnya setiap jenis mobil memiliki keunggulan dan kegunaannya sendiri. Pada umumnya orang akan selalu merawat mobilnya dengan berbagai cara. Untuk menjaga kondisi mobil tetap prima sebaiknya selalu dibawa ke bengkel untuk service secara rutin. Mobil jenis apapun akan terasa nyaman jika mendapatkan perawatan yang baik.

Setiap memiliki desain yang menunjukkan karakteristiknya. Untuk menjaga penampilan mobil terutama eksteriornya, sebaiknya dihindarkan dari hal-hal yang dapat merusak mobil, salah satunya menggunakan selimut mobil baik itu di dalam atau di luar ruang. Untuk di luar ruang bisa menggunakan cover mobil outdoor.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!