Bagi Anda pemilik mobil, Anda harus memikirkan untuk memasang cover jok mobil, jok semi paten atau jok paten. Terlebih dulu Anda harus mengetahui perbedaan dan fungsi dari masing-masing jok tersebut sebelum memutuskan untuk mengganti jok Anda.

Pilihan tersebut sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, maka dari itu Anda perlu mengenal perbedaan dari ketiga jok tersebut. Apa bedanya?

Frasa “membungkus jok” masih asing bagi kebanyakan orang yang ingin memodifikasi interior dan joknya. Tampilan jok mobil atau interior akan terlihat lebih menarik jika Anda menggunakan cover jok mobil Jogja atau dengan “membungkus jok”.

Tentunya itu tak salah, semua penggantian jok yang telah disebutkan diatas secara kasat mata adalah sekedar membungkus ulang jok dan interior mobil Anda. Padahal penampilan dan kenyamanan dari ketiga cara “pembungkusan jok” tersebut sangat berbeda secara signifikan terhadap kualitas, penampilan dan kenyamanannya dari jok Anda. Mari lihat perbedaan dari masing masing jok tersebut!

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Modifikasi Cover Jok Mobil

  1. Jok Paten

Mengganti jok dengan jok paten adalah cara yang terbaik. Jok paten dipasang dengan melepas lapisan jok lama dan digantikan dengan bahan pelapis yang baru. Lalu dilakukan Fitting bodi jok sesuai dengan pola dan kondisi kendaraan.

Jok Paten akan terlihat pas, firm, rapi dan lebih nyaman. Istilah modifikasi dari jok sebenarnya yang paling tepat untuk jok paten. Karena dalam proses pemasangan jok paten, dilakukan penggantian lapisan bahan secara menyeluruh. Selain itu tak jarang dilakukan penggantian dan penambahan busa pada jok Anda.

Keuntungan sistem Jok Paten adalah mampu menonjolkan kualitas jahitan, pola, model dan kombinasi dari warna jok yang akan dibuat. Secara visual terlihat sebagai produk handmade yang lebih bernilai dan dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan Anda agar kendaraan tampil lebih bergaya dan eksklusif.

2. Jok Sarung

Cara ini adalah cara yang paling praktis dan relatif cukup murah dibandingkan cara lain. Proses pengerjaannya dilakukan tanpa melepas jok lama. Pembungkusan cover jok mobil Bandung dilakukan dengan posisi jok tidak perlu dibongkar total dari dek kabin dalam mobil, karena hanya menambahkan ikatan beberapa tali untuk memasangnya.

Hal ini yang menyebabkan penampilan cover jok mobil kelihatan tidak rapi dengan tampilan menggelembung dan mudah bergeser sehingga tidak nyaman digunakan. Umumnya cara ini diaplikasikan hanya untuk melindungi jok asli agar tidak rusak atau kotor sehingga pada saat Anda ingin menjual mobil Anda, jok asli masih akan terlihat bagus dan dipercaya dapat menambah nilai jual mobil tersebut.

Namun kini tren bergeser. Kebanyakan pemilik kendaraan akan memodifikasi jok mobil mereka sesuai dengan selera dan keinginan pribadinya agar sesuai dengan keinginan dan kenyamanan pengguna. Anda juga dapat mengganti cover jok dari berbagai jenis mobil seperti cover jok mobil avanza, dan jenis mobil lainnya.

3. Jok Semi Paten

Jok semi paten akhir-akhir ini dianggap sebagai modifikasi jok paten. Hal ini terjadi karena cara pembungkusan jok semi paten hampir sama dengan pemasangan jok sarung yaitu tanpa melepas lapisan jok lama. Pemasangan hanya ditumpuk menggunakan cover jok mobil Surabaya yang telah ada sebelumnya.

Kriteria dalam Memilih Pelapisan Jok

Perbedaannya hanya cara mengikatnya saja, jika jok sarung dipasang menggunakan tali-tali atau risleting, jok semi paten dengan cara menjahitnya di beberapa bagian sarung yang umumnya di bagian bawah jok. Jok tetap dibongkar dari posisi dek kabin yang akan terlihat seperti mengerjakan jok paten.

Kualitas hasilnya tidak beda jauh atau bisa dibilang hampir sama dengan jok sarung, adanya risiko menggelembung dan lapisan bahan terlihat tidak pas, karena penguatan bahan pelapis di jok tidak dilakukan di seluruh bagian jok dengan baik.

Ada beberapa kriteria yang bisa Anda jadikan pegangan dalam memilih cara pelapisan jok. Pertama, jika Anda tidak ingin sarung original bawaan mobil tidak dilepas, model sarung dan semi paten dapat dijadikan pilihan. Kedua, bagi yang menginginkan penggantian jok tapi memiliki biaya yang terbatas, Anda dapat memilih cover jok mobil avanza sebagai solusinya.

Ketiga, jika Anda menginginkan kenyamanan yang optimal dengan tingkat estetika yang tinggi jelas pelapis paten adalah pilihannya. Dan terakhir yang tidak kalah penting, memilih material yang akan digunakan juga harus digunakan menentukan pelapis jok jenis apa yang akan dipilih. Apabila material yang digunakan tidak terlalu mahal, sarung bisa jadi pilihan.

Tapi apabila material cover jok mobil Surabaya yang digunakan sekelas MBTech atau Lederlux, Anda dapat memilih semi paten, meski jok paten tetap menjadi rekomendasi. Tapi apabila full leather yang menjadi pilihan material, satu-satunya pilihan adalah jok paten.

Pastikan bengkel/ seatmaker yang Anda percayakan untuk mengerjakan jok Anda transparan. Hal ini agar tidak terjadi kesalahan dalam pemesanan metode pelapisan jok yang berakibat ketidakpuasan di kemudian hari.

Cara Pemasangan Berdasarkan Modifikasi Jok Mobil

Memodifikasi jok mobil, terbagi menjadi tiga cara utama, yaitu paten, semi paten dan sarung. Masing-masing metode memiliki poin plus dan minus.

Pertama untuk jok paten, cara ini dinilai cukup baik karena lapisan jok lama diganti dengan bahan lapisan baru. Hasilnya tentu akan lebih rapi, dan nyaman karena dilakukan fitting bentuk dan busa pada jok Anda.

Kedua jok sarung, yang merupakan cara paling praktis dan cukup murah. Cara seperti ini banyak dipilih oleh pengguna mobil, tetapi kelemahannya adalah penampilan dari jok sarung tidak rapi, muncul gelembung dan mudah bergeser sehingga tidak nyaman untuk diduduki.

Umumnya penggunaan jok sarung hanya untuk melindungi jok asli agar tidak cepat rusak atau kotor. Anda tidak perlu kesulitan untuk menemukan pemasangan jok sarung karena sudah populer dan ada dimana-mana. Anda tinggal mencari di dealer atau informasi di internet seperti cover jok mobil Bandung dan kota lainnya.

Ketiga, semi permanen yang akhir-akhir ini jarang ditawarkan sebagai modifikasi jok paten. Pemasangannya cukup simpel, karena tidak melepas lapisan jok yang lama, hanya ditumpuk menggunakan sarung yang dengan tali atau risleting.

Metode ketiga memiliki kelemahan yang sama dengan jok sarung, risiko menggelebung dan lapisan bahan akan terlihat. Cara itu dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda, untuk memodifikasi interior, terutama bagian jok. Jika Anda ingin memilih yang murah namun tidak terlalu nyaman, Anda dapat memilih jok sarung yang dapat dengan mudah Anda temukan dimana mana seperti cover jok mobil Jogja.

Itulah perbedaan dari masing-masing baik sarung jok mobil, jok paten dan jok semi paten. Demi mempercantik interior mobil Anda, memang Anda harus mengganti jok Anda. Namun pastikan untuk memahami jok jenis apa yang akan Anda pilih, apakah cover jok mobil, jok paten maupun jok semi paten.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!