Cat mobil merupakan salah satu bagian yang penting dari sebuah mobil agar memiliki penampilan yang prima. Cat mobil yang mengkilap dan bersih menjadikan mobil tersebut terlihat indah dan terkesan mewah. Namun, lama-kelamaan warna cat mobil akan memudar jika sudah digunakan dalam kurun waktu yang lama. Penyebab memudarnya warna cat mobil karena berbagai hal seperti polusi udara, debu, kotoran burung, kotoran serangga, dan lainnya.

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk merawat cat body mobil agar tetap mengkilap bisa melakukan langkah awal dengan mengenali jenis cat mobil. Adapun jenis cat mobil yang sering digunakan ada tiga jenis, yaitu Nitro Celulose Modified, Nitro Celulose, dan Polyurethane. Berikut ini cara sederhana mengkilapkan cat mobil yang pudar dan buram.

1 Jangan terlalu sering menggunakan compound

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah jangan terlalu sering menggunakan compound. Banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan compound menjadikan cat body mobil terlihat awet dan mengkilap. Namun sebenarnya anggapan ini kurang tepat, karena menggunakan compound yang terlalu sering pada body mobil menjadikan cat mobil lama-kelamaan akan terkikis.

Cat mobil yang terkikis ini membuat warnanya menjadi pudar. Hal ini dikarenakan cara kerja dari compound yang merupakan obat poles dengan cara digosokkan pada body mobil. Akibatnya terlalu sering memoles body mobil menggunakan compound menyebabkan warnanya terkikis dan akhirnya pudar.

2 Gunakan wax

Daripada menggunakan compound terlalu sering yang berakibat buruk pada keadaan cat body mobil, sebaiknya Anda menggunakan wax. Wax dipercaya lebih aman digunakan karena proses kerjanya yang seperti lilin. Ketika membersihkan kotoran membandel menggunakan wax maka cat body mobil tidak akan terkikis, sehingga warnanya akan tetap awet dan mengkilap. Proses waxing ini bisa dilakukan satu kali dalam sebulan, sebaiknya jangan terlalu sering karena kurang baik bagi cat body mobil itu sendiri.

3 Jangan Terkena Air Hujan Terus Menerus

Seperti yang telah diketahui bahwa air hujan berakibat buruk bagi cat body mobil, terlebih lagi jika terkena air hujan secara terus menerus. Namun, menghindari air hujan merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Apalagi jika sudah memasuki musim hujan pastinya setiap hari body mobil terkena air hujan.

Langkah terbaik yang harus Anda lakukan adalah mencuci body mobil sesegera mungkin jika terkena air hujan. Tujuannya agar tidak menimbulkan munculnya jamur yang bisa membuat warna cat mobil terlihat buram dan kusam. Setelah dicuci segera keringkan body mobil menggunakan lap kering yang bersih. Dengan cara ini maka Anda akan memiliki mobil yang indah, terawat, dan bersih.

4 Jauhkan dari tempat berdebu

Cara sederhana berikutnya agar cat mobil tidak pudar dan buram adalah dengan menjauhkan mobil dari tempat yang berdebu secara terus menerus. Debu yang menempel pada body mobil menyebabkan cat mobil tergores. Apabila dibiarkan terus menerus menyebabkan cat mobil terlihat kusam dan buram. Sebaiknya mobil yang terkena debu segera dibersihkan hingga debunya hilang dan body mobil menjadi bersih agar warnanya tetap terjaga.

5 Menggunakan cover mobil

Cara mengkilapkan cat mobil yang pudar berikutnya adalah dengan rajin menggunakan cover mobil atau selimut mobil. Pada saat diparkir di ruangan terbuka sebaiknya gunakan cover mobil agar mobil tidak terkena panas terlalu lama. Pada saat hujan juga mobil lebih terlindungi. Efek negatif dari debu juga bisa dihindari jika mobil diparkir dengan menggunakan sarung mobil.

Cara-cara sederhana dalam menjaga agar cat mobil tetap terawat di atas sebaiknya dilakukan dengan benar dan rutin agar hasilnya juga lebih optimal. Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan terhadap mobil yang dimiliki bisa datang ke salon mobil yang sudah terpercaya, sehingga kondisi cat mobil tetap dalam keadaan terawat dan mengkilap.

Untuk Anda yang memiliki waktu merawat kendaraan sendiri sebaiknya juga memperhatikan beberapa hal penting. Apabila Anda berniat mencuci kendaraan yang tidak terlalu kotor sebaiknya tidak perlu menggunakan sampo mobil, cukup menggunakan air yang bersih. Kemudian dilanjutkan mengeringkannya dengan lap kering dan bersih.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!