fbpx

Mobil merupakan alat transportasi saat ini banyak digunakan oleh banyak orang. Mobil yang bagus dan nyaman saat dikendarai menjadi keinginan semua orang yang memilikinya. Karena sering digunakan untuk berkendara terus menerus tentu harus tetap dalam keadaan yang baik. Sebab itulah, dibutuhkan perawatan yang terartur, agar kondisi mobil  tetap baik dan siap berkendara.

Mobil memerlukan perawatan secara berkala dan teratur. Akan tetapi, terkadang banyak orang yang belum mengetahuai bagaimana merawat mobil. Terkadang menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Padahal merawat mobil dapat di lakukan secara manual. Di bawah ini beberapa cara mudah merawat mobil yang dapat anda lakukan.

Cara Merawat Mobil

 Menjaga Cat Mobil

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Perawatan yang pertama yaitu menjaga cat mobil. Ketika seseorang melihat sebuah mobil pasti pertama kali yang di lihat tampilan dari mobil tersebut. Cat mobil yang berkualitas akan lebih awet dan warna tidak akan mudah rusak. Misalnya saja baret pada body mobil yang biasanya disebabkan gesekan atau senggolan saat parkir atau yang lainnya.

Maka dari itu, sebisa mungkin agar hal tersebut tidak terjadi. Selain itu, mencuci mobil juga diperlukan agar cat tetap mengkilap. Gunakan sabun cuci yang khusus untuk mobil dan jangan sembarang, lap yang digunakan usahakan halus agar tidak merusak cat mobil.

Anda juga bisa menggunakan cover mobil saat mobil tidak dipakai untuk menghindari lembab serta panas matahari. Banyak tempat yang jual cover mobil, baik secara online maupun di toko-toko khusus mobil. Harga yang ditawarkan berbeda-beda tergantung dengan bahan yang digunakan.

Mengganti Oli Mobil Secara Rutin

Agar mesin mobil agar selalu maksimal saat berkendara maka harus rutin mengganti oli. Oli merupakan salah satu komponen pendukung mobil yang sangat penting untuk  performa mobil. Untuk ketentuan penggantian oli biasanya berbeda-beda, tergantung dengan jenis mobil. Akan tetapi kebanyakan, oli mobil diganti saat sudah menempuh jarak 3000 km sampai 5000 km.

Jika terlamba diganti  akan mempengaruhi peforma dari mesin mobil manual. Oli juga bertindak sebagai penahan gesekan antara  komponen-komponen yang ada di mesin. Maka anda perlu mengganti oli secara teratur sesuai dengan waktunya. Maka pastikan memilih oli yang sesuai kebutuhan mesin mobil.

BACA LAGI  Cover Mobil Krisbow Kaskus Paling Laris

Selain itu, perhatikan pemakaian oli power steering. Jika oli power steering hampir habis maka akan menyebabkan setir mobil menjadi lebih  berat serta susah saat mengemudikannya. Tanda ketika oli power steering hampir habis yaitu bunyi pada pompa saat posisi mobil anda akan berbelok.

Membersihkan Filter Karburasi

Selanjutnya membersihkan filter karburasi. Jika mesin mobil susah dinyalakan maka itu merupakan tanda jika filter karburasi dalam keadaan kotor. Untuk  membersihkan saringan karburasi anda dapat dengan mudah menggunakan sikat gigi. Sikat gigi digunakan untuk memudahkan melepas kerak dan kotoran yang menempel pada filter karburasi.

Untuk lebih baiknya, jangan menggunakan hairdryer atau compressor saat membersihkan filter karburasi sebab dapat menyebabkan kerusakan pada filter karburasi mobil.

Periksa Kondisi Knalpot

Periksa knalpot atau saluran pembuangan, yang mana merupakan komponen penting mobil. Knalpot berfungsi untuk mengeluarkan gas-gas sisa dari bahan bakar kendaraan. Lebih bainya cek dengan rutin kondisi knalpot pada mobil anda. Pastikan tidak ada  hal-hal yang mengakibatkan tersumbatnya aliran pembuangan gas mobil.

 Mengganti Spare Part Mobil  dengan yang Original

Jika terdapat kerusakan komponen-komponen dalam mesin mobil. Maka segera perbaiki baik di bengkel resmi sebab disana akan mendapat penanganan dari ahlinya secara langsung. Selain itu, jika mengganti komponen dalam mobil anda maka beli yang original dan berkualitas agar mencegah kerusakan komponen kembali.

Penarikan Gas dengan Kuat Sesekali

Terakhir sesekali gunakan mobil anda dengan kecepatan tinggi. Kebanyakan mobil lama akan terdapat kerak pada bagian-bagian mesinnya. Untuk  menghilangkan kerak-kerak yang ada pada bagian mesin mobil, anda dapat melakukan dengan cara memacu kendaraan mobil. Cara itu dilakukan agar menyebabkan kerak rontok dan  akan keluar dari knalpot.

Sekian beberapa informasi terkait dengan cara mudah merawat mobil kesanyangan anda. Masih banyak cara lain yang daat anda lakukan selain dari penjabaran di atas.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!