fbpx

Merawat kendaraan bermesin memang harus telaten. Terutama jika Anda memiliki mobil. Selain melindungi bodinya dengan selimut mobil penting juga untuk memperhatikan mesinnya. Salah satu hal yang wajib dilakukan adalah mengganti oli mobil secara berkala.

Oli yang terlambat diganti bisa memengaruhi kinerja mesin mobil. Setiap mobil pun memiliki periode ganti oli yang tidak sama. Tergantung dari seberapa jauh jarak perjalanan yang sudah ditempuh oleh mobil Anda. Serta bagaimana perawatan mobil Anda sehari-hari.

Seperti yang disebutkan tadi bahwa melindungi kendaraan tidak hanya dengan merawat bodi luarnya saja tetapi juga mesinnya. Agar mesin mobil awet maka kualitas oli juga menjadi faktor penting. Sementara, jarak yang baik untuk mengganti oli ialah 5.000 km atau tiap 3 bulan sekali. Jangan lupa ikuti batas petunjuk ganti oli mobil Anda. Berikut adalah cara menganti oli mobil tanpa harus ke bengkel.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Cara Mudah Mengganti Oli Mobil Sendiri

Memakai dongkrak untuk memposisikan mobil lebih tinggi

Agar mobil Anda berada dalam posisi yang lebih tinggi maka dapat menggunakan alat dongkrak atau dudukan. Mengapa ini penting? Karena posisi mobil yang salah atau tidak tepat ketika mengganti oli bisa membuat kendaraan Anda tersebut lebih cepat rusak.

Menyiapkan peralatan ganti oli

Siapkan semua peralatan yang akan digunakan. Mulai dari kunci pas yang berfungsi membuka baut oli, wadah penampung oli bekas, hingga oli baru sesuai jenis mesin mobil milik Anda.

Mendinginkan mesin terlebih dahulu

Agar suhu bisa turun dan tidak memanas lagi maka mesin mobil harus didinginkan. Karena oli yang masih panas bisa berbahaya sekali dapat melukai Anda. Sementara suhu yang baik dan ideal untuk mengganti oli yakni sekitaran 35 derajat Celcius.

Membuka tutup mesin atau knop tempat ganti oli

Kemudian sekarang Anda bisa membuka penutup mesin atau knop yang menjadi tempat mengisi oli mesin. Tujuannya agar udara dapat masuk ke dalam sehingga membuat oli terkuras dengan lebih cepat.

Membuka baut penguras oli menggunakan kunci pas

Di bagian bawah blok mesin terdapat baut penguras oli. Anda bukalah dengan menggunakan kunci pas. Umumnya terdapat gasket atau ring pada baut penguras oli. Lepaskan gasket atau ring tersebut untuk dibersihkan. Bila perlu Anda juga bisa mengganti gasketnya.

BACA LAGI  7 Tips Merawat Mobil Hybrid, Agar Tidak Mudah Rusak!

Melepaskan filter oli memakai kunci pas

Sekali lagi gunakan kunci pas untuk melepaskan filter oli. Hindari kunci biasa untuk menjaga baut tetap awet. Umumnya filter oli berbentuk bulat namun ada juga yang cartridge seperti pada mobil Eropa. Gasket juga harus dipastikan terlepas karena jika terpasang maka oli bisa bocor.

Menunggu hingga semua oli keluar

Selanjutnya Anda tunggu hingga oli terkuras habis. Karena oli biasanya tidak akan langsung tumpah keluar semuanya. Jadi Anda perlu menunggu dulu sampai oli lama sudah benar-benar habis terkuras.

Menutup baut penguras oli

Jika oli seluruhnya sudah berhasil terkuras kini tutup kembali baut pengurasnya. Lalu Anda periksalah gasket.  Kalau gasket rusak maka Anda gantilah yang baru. Supaya tidak bocor nantinya. Periksa juga apakah oli masih ada yang menetes.

Memasang filter oli

Saat memasang filter oli pastikan baut dan filternya sudah benar memasuki jalur ulirnya. Caranya yakni putar dengan tangan kemudian kalau sudah agak keras atau susah lanjutkan mengencangkan dengan kunci. Hindari mengencangkan terlalu keras supaya ulir tak rusak dan oli tidak bocor.

Menuangkan atau memasukkan oli

Sekarang Anda tuangkan oli baru melalui lubang mesin di atas. Kemudian tutup kembali knopnya hingga kencang. Lalu periksalah mesin bagian bawah agar dapat memastikan oli tak ada yang bocor. Perhatikan pula batas maksimal oli karena pada tiap mesin berbeda-beda.

Menyalakan mesin

Setelah selesai semuanya kini periksa lagi kalau-kalau ada oli bocor. Serta pastikan keadaan lampu indikator untuk tekanan oli mati. Sedangkan langkah terakhir yakni mereset lampu indikator untuk mengganti oli. Tetapi ini tergantung jenis mobil Anda apakah perlu mereset lampu indikator atau tidak.

Demikianlah cara untuk mengganti oli sendiri tanpa perlu Anda pergi ke bengkel. Begitulah pentingnya mengganti oli mobil agar mesin kendaraan Anda senantiasa awet. Jadi tidak hanya melindungi bodi kendaraan dengan cover mobil saja. Perhatikan juga mesin mobil Anda agar nyaman dikendarai.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!