fbpx

Memiliki mobil yang terlihat bersih dan terawat pasti adalah idaman banyak orang. Mobil yang selalu terlihat mengkilap juga pastinya sangat sedap dipandang mata. Untuk memperoleh mobil yang demikian maka tentunya dibutuhkan ketelatenan dan kerajinan dari pemilik mobil untuk mau selalu membersihkan ketika permukaan mobil sudah terlihat kotor.

Pembersihan ini tentunya bukan hanya bertujuan membuat mobil menjadi mengkilap dan bebas dari kotoran, tetapi juga menjadi salah satu cara untuk merawatnya agar tidak mudah rusak. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kotoran yang menempel terlalu lama pada bodi mobil bisa membuat cat mengelupas, tergores dan beberapa gangguan lainnya.

Ada banyak cairan pembersih yang ada di pasaran. Namun, Anda harus pintar dan jeli dalam memilih. Sebab tidak semua cairan pembersih aman untuk digunakan pada segala jenis mobil. Selain itu tujuan penggunaan cairan pembersih juga berbeda, tergantung dari obyek yang akan dibersihkan. Jangan salah pilih karena tentunya akan berpengaruh pada kualitas cat mobil.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Tips Memilih Cairan Pembersih Mobil Serta Cara Membuatnya

Alkohol 50 – 90 %

Alkohol menjadi salah satu bahan yang terkandung di dalam cairan pembersih. Memang, sifat alkohol bisa membuat kotoran yang menempel di badan mobil bisa lenyap. Selain itu, sebagai desinfektan, alkohol dapat mencegah timbulnya jamur pada badan mobil.

Namun, Anda harus memilih cairan pembersih dengan kandungan alkohol yang tepat. Ketika Anda memilih cairan pembersih dengan kandungan alkohol di bawah 50%, maka cairan tersebut malah kurang efektif. Sedangkan jika melebihi 90%, maka malah berpotensi untuk membuat goresan di permukaan mobil atau malah melunturkan cat. Jadi, selalu lihat komposisi cairan pembersih yang akan Anda gunakan.

Mengandung Mengkilap Cat

Beberapa produk cairan pembersih memang memiliki keunggulan tersendiri. Jika Anda menginginkan hasil rangkap, yaitu bersih dan mengkilap, tentu saja Anda harus memilih cairan pembersih yang sekaligus memiliki daya untuk mengkilapkan mobil.

Anda dapat mencari referensi mengenai cairan pembersih yang demikian di internet maupun referensi dari kolega. Atau Anda juga dapat mencari tahu lewat bengkel resmi mengenai cairan yang cocok untuk membersihkan mobil Anda,

BACA LAGI  Cara Merawat Mobil yang Sering Diparkir di Luar Garasi Agar Tetap Awet

Mengandung amonia

Sebenarnya pemilihan cairan pembersih yang mengandung amonia ini sedikit tricky. Sama seperti alkohol, amonia juga memiliki sifat korosi jika tidak digunakan dalam takaran yang tepat. Jadi, pastikan cairan pembersih Anda tidak mengandung amonia yang pekat. Biasanya kandungan amonia pekat terdapat pada cairan pembersih maupun pengkilap yang mengandung silikon.

Alih-alih memilih silikon, gunakan cairan pembersih maupun pengkilap yang menggunakan bahan polimer. Pembersih dengan bahan ini memiliki kemampuan melindungi cat yang lebih baik.

Membuat Shampoo Kaca Mobil

Selain membeli cairan pembersih di toko, Anda juga dapat membuat cairan pembersih sendiri. Hal yang pertama yang harus Anda siapkan adalah air destilasi atau air hasil penyulingan. Penggunaan air destilasi ini memang lebih baik dibandingkan dengan air biasa karena kandungan mineralnya yang lebih sedikit, sehingga akan mengurangi penumpukan mineral di kaca mobil.

Setelahnya, campur cuka apel ke dalam air destilasi dan aduk. Anda dapat membuat dalam jumlah banyak dan kemudian memasukkannya ke dalam wadah spray. Bahan pembersih sudah siap digunakan.

Shampoo Untuk Bodi Mobil

Cara untuk membuat cairan pembersih badan mobil juga sebenarnya sangat gampang. Anda hanya membutuhkan dua bahan yaitu cairan pencuci piring serta amonia. Komposisinya adalah 2 sendok makan cairan pencuci piring dicampur dengan 1/3 cangkir amonia yang kemudian dimasukkan ke dalam 1 liter air.

Pembersih Mobil Dari Alkohol

Cara lain untuik membuat cairan pembersih mobil adalah dengan menggunakan alkohol yang sudah dicampur dengan air. Jika sudah tercampur, Anda dapat memindahkan cairan tersebut ke dalam botol penyemprot dan gunakan ketika akan membersihkan mobil Anda.

Cara tersebut di atas bisa digunakan ketika dalam keadaan darurat dan Anda sedang kehabisan cairan pencuci mobil. Namun, jika Anda ingin membeli shampoo khusus mobil tersebut, usahakan untuk membeli merek terpercaya. Selain itu pilih cairan yang menyertakan komposisi bahannya. Jika sudah selesai mencuci mobil, segera keringkan dan jangan lupa menutupinya dengan body cover mobil agar kebersihannya terjaga.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!