Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Cover Mobil Outdoor dan Indoor

Cover mobil outdoor dan indoor menjadi barang yang tidak bisa dilupakan ketika mobil Anda didiamkan dalam jangka waktu yang agak lama, baik itu di tempat tertutup ataupun terbuka. Mempunyai fungsi yang amat penting yaitu untuk menghindari kerusakan.

Jika mau mendapatkan hasil yang maksimal untuk perlindungan mobil Anda, maka Anda jangan asal memilih cover mobil. Banyak sesuatu yang mesti dipertimbangkan ketika memilih Cover mobil. Diantara nya adalah bahan baku yang disesuaikan.

Perbedaan tempat tersebut disesuaikan dengan cuaca dan kondisi yang ‘menimpa’ mobil Anda ketika didiamkan. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan tips berikut ini agar bisa melindungi mobil Anda dengan Cover mobil yang sesuai.

Wajib Tahu Sebelum Membeli! Inilah Perbedaan Cover Mobil Outdoor dan Indoor

Cover mobil untuk outdoor

Ciri-ciri cover mobil yang sesuai untuk outdoor adalah bertekstur licin, pori-porinya tertutup dan juga anti air. Bahan yang digunakan terbuat dari plastik, parasut dan polyester. Cover untuk kategori ini biasanya dilengkapi dengan banyak lapisan.

Karena biasanya digunakan untuk iklim yang kurang bersahabat  Cover ini terdiri dari empat macam lapisan. Terluarnya berfungsi untuk menahan terpaan air hujan atau panasnya matahari.

Lapisan kedua adalah lapisan berpori yang berfungsi untuk media bernapas dalam menghindari masuknya embun ke dalam mobil ketika penguapan air. Lapisan ketiga adalah lapisan pelindung untuk memperkuat komposisi.

Sementara untuk lapisan keempat adalah lapisan bertekstur lembut yang berfungsi untuk menghilangkan risiko mobil lecet karena gesekan. Sehingga bodi mobil Anda akan terjaga dari lecet akibat pemakaian cover untuk mobil yang kurang tepat.

Sehingga untuk penggunaan diluar ruangan memerlukan extra agar cahaya matahari tidak merusak bagian cat dan body dari mobil. Terutama jika mobil Anda masih baru, tentu harus memberikan perlindungan lebih.

Menggunakan cover mobil juga akan membuat kendaraan selalu terlihat baru, karena cat tidak pudar oleh perubahan cuaca yang extrime, dan menghemat pengeluaran biasa tambahan Anda seperti perawatan external pada mobil.

Banyak sekali bukan keuntungan ketika menggunakan cover mobil, untuk itu biasanya pemilih kendaraan memasangkan pada mobil, baik saat bepergian jauh, agar tidak selalu menjadi pohon rindang dalam memarkirkan kendaraan.

Cover mobil indoor

Terbuat dari teknologi yang tidak secanggih Cover mobil outdoor. Hal ini disebabkan Cover tersebut dipakai untuk lingkungan yang lebih bersahabat. Ciri-ciri cover mobil kategori ini memiliki lapisan yang mempunyai pori sehingga sirkulasi udara bisa berjalan lancar.

Bahannya lebih lembut jika dibandingkan kategori outdoor sehingga tidak membuat bodi mobil lecet dan bahannya biasanya terbuat dari satin velvet. Biasanya menggunakan  kain sehingga harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan Cover mobil outdoor.

Sebaiknya Anda tidak memakai cover mobil indoor jika mobil ada dalam kondisi outdoor dan sebaliknya. Disarankan pula sebaiknya memilih cover  yang sesuai dengan ukuran mobil baik di indoor maupun outdoor.

Walaupun Anda menyimpan ya dalam garasi, namun debu yang tebal akan membuat body mobil menjadi tidak baik, dan lama kelamaan rusak dan akhirnya bukan membuat penampilan mobil menjadi baik, justru merugikan.

Kondisi cuaca yang baik maka biasanya teknologi pada Cover mobil indoor biasa-biasa saja, dan biasanya hanya dicirikan mempunyai lapisan yang mempunyai pori sehingga sirkulasi udara lancar

Hal yang Harus di Perhatikan

Catatan lainnya adalah ketika membuka Cover mobil, sebaiknya membuka bagian depan samping belakang terlebih dulu kemudian membuka sampai bagian atas mobil dan lipat Cover mobil di atap mobil.

Kemudian gulunglah Cover mobil dan tempatkan dalam tas. Hal tersebut berguna dalam mengurangi risiko mobil Anda terkena debu dan juga kotoran lainnya. Baik Cover mobil outdoor dan indoor maupun sebaiknya memilih Cover yang body fit atau ngepress.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko body mobil terkena debu dan kotoran lainnya, kemudian gulung Cover mobil dan tempatkan pada tasnya. Dengan penyimpanan yang benar maka akan lebih awet dan tahan lama.

Itulah Perbedaan Cover Mobil Outdoor dan Indoor,  sehingga dapat membantu Anda sebagai referensi sebelum membelinya, dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =