Tips Merawat Mobil Modifikasi Tanpa Bikin Kantong Jebol

Bagi orang-orang tertentu, tampilan standar pada mobil seringkali membuat tidak bergairah karena tidak ada ciri khas atau kelebihan lain yang ditonjolkan. Oleh sebab itu, banyak orang yang rela merogoh kocek untuk merombak tampilan standar pada mobil mereka untuk mendapatkan penampilan yang tidak biasa.

Bahkan banyak orang tertarik memiliki mobil modifikasi agar bisa diikutsertakan lomba yang bergengsi. Jika Anda pernah mengalami penyesalan saat membeli mobil yang ternyata tidak senyaman atau sesuai harapan Anda, maka jangan buru-buru menjualnya kembali. Daripada menyesalinya, lebih baik lakukan sedikit perubahan pada bagian eksterior  maupun fitur standar mobil.

Memodifikasi mobil Anda tidak harus dengan merogoh kocek dalam-dalam. Anda bisa Terlebih lagi merawat mobil modif juga tidak terlalu susah, tidak berbeda jauh dengan merawat mobil standar lainnya. Selain itu, mobil modif juga bukan hanya bisa jadi pajangan atau untuk kepentingan lomba saja, dengan modifikasi dan perawatan yang tepat, Anda tetap bisa menggunakan mobil modif Anda sehari-hari.

Sebelum membahas bagaimana cara merawat mobil modif, ini dia tips bagi para pemula yang ingin memodifikasi mobil.

Tips Memodifikasi Mobil dan Merawat Mobil Modifikasi

Tips modifikasi

Lakukan modifikasi ban jika Anda merasa bagian ban mobil Anda kurang stabil. Gantilah velg dan ban dengan yang lebih lebar. Namun pastikan tetap sesuai dengan jenis mobil Anda.

Untuk menambah fungsi mobil, tambahkan beberapa aksesoris  mobil yang punya manfaat, bukan hanya sekedar meningkatkan penampilan saja. Misalkan saja aksesoris LCD plus GPS, wadah minuman dan sebagainya.

Jika mobil Anda masih menggunakan sistem audio yang kuno alias jadul, upgrade bagian audio bisa jadi pilihan modifikasi yang tepat guna. Sementara untuk meningkatkan stabilitas mobil, memodifikasi shock breaker juga akan sangat membantu Anda.

Mobil modifikasi bukan hanya soal tampilan luarnya saja, ganti cover jok mobil Anda sesuai dengan konsep modifikasi yang Anda sematkan pada mobil kesayangan Anda. Selain itu, berikan sentuhan yang sama pada bagian lain interior mobil seperti dashboard, cover kemudi, hingga seat belt.

Hindari paparan sinar matahari

Jika Anda memodifikasi bagian cat bodi mobil bagian luar, penting untuk memastikan mobil modifikasi Anda tidak berada di bawah terik sinar matahari langsung karena akan membuat kualitas cat memudar, kusam dan bahkan mengelupas. Sebisa mungkin, parkirkan mobil Anda di tempat yang teduh.

Gunakan cover mobil

Jika terpaksa harus berada di lahan parkir terbuka, tutupi mobil dengan sarung mobil. Cover atau sarung mobil dapat melindungi mobil Anda dari pengaruh buruk dari luar. Pilihlah sarung mobil mobil yang berkualitas bagus dan memiliki lapisan tangguh di luar dan lapisan yang lembut di bagian dalam.

Tujuannya adalah agar lapisan bagian dalam cover mobil tidak menggores permukaan cat mobil namun cukup dapat diandalkan untuk menghalau sinar matahari, debu maupun goresan

Hindarkan dari air hujan

Sama halnya seperti sinar matahari, air hujan yang bersifat asam dapat membuat kualitas cat mobil modifikasi kesayangan Anda memudar dan bahkan kusam. Jadi sebaiknya jangan sering dipakai hujan-hujanan. Gunakan cara yang sama seperti untuk menghalau sinar matahari dan debu: gunakan sarung mobil. Pilihlah sarung mobil yang tahan terhadap air bukan hanya sekedar anti air.

Gunakan sampo dan pembersih khusus

Seringkali kita temui pengguna mobil yang menggunakan sabun colek atau deterjen untuk mencuci mobil mereka. Hal ini tentu tidak disarankan, karena deterjen atau sabun colek memiliki kandungan zat kimia yang bersifat korosif dan jika dipakai terus menerus akan merusak cat mobil. Gunakan sampo dan pembersih kaca khusus mobil yang bebas amonia.

Tetap servis secara rutin

Meski mobil Anda adalah mobil modifikasi, Anda tetap berkewajiban untuk melakukan perawatan rutin untuk mobil Anda sama seperti mobil standar lainnya. Ganti oli, tune up, cek karburator, ganti air aki dan sebagainya adalah rangkaian servis yang harus Anda terapkan pada mobil kesayangan Anda sekalipun sudah Anda modifikasi.

Terlebih lagi jika Anda menggunakannya bukan hanya untuk kontes saja melainkan juga untuk kegiatan sehari-hari. Penting sekali untuk dirawat dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 7 =