,

6 Tips Mencuci Cover Mobil Anti Air yang Baik dan Benar

Cover mobil merupakan perlengkapan untuk melindungi mobil dari gesekan, kotoran, debu atau cuaca ekstrem yang dapat merusak mobil. Salah satu cara untuk merawat body mobil agar tetap terlindungi adalah dengan cara memilih cover mobil yang berkualitas, walaupun sudah memilih bahan yang berkualitas pengguna juga harus menjaga cover mobil agar tetap awet atau tahan lama. Salah satunya adalah merawat cover mobil dengan membersihkannya dengan benar dan baik.

Terkadang pengguna mobil lupa untuk merawat cover mobil karena lebih terfokus untuk merawat mobil itu sendiri. Padahal cover mobil yang berkualitas tentu bukan barang yang murah dan bahan yang rentan daya tahan yang tidak sampai lebih dari dua tahun. Maka merawat dengan benar itu sangat penting. Jika Anda ingin merawat cover mobil agar awet, berikut tips yang ampuh untuk merawat cover mobil Anda.

Tips Merawat dan Mencuci Cover Mobil Anti Air

Bersihkan dengan Bahan Lembut

Setelah dipakai tentu cover mobil harus dibersihkan, untuk membersihkannya perlu bahan yang lembut seperti spons dan kanebo untuk cover mobil yang basah, kemoceng untuk membersihkan debu akibat dari terpaan sinar matahari. Hindari bahan yang kasar, bertujuan agar cover mobil tidak cepat sobek. Hindari membersihkan cover mobil dengan bahan detergen karena dapat merusak daya tahan air atau coating anti air di cover mobil tersebut.

Tidak Perlu Sering Dicuci

Mencuci cover mobil dapat menurunkan daya tahan coating anti air, sehingga hindari mencuci cover mobil dengan air dan sabun karena dapat mengurangi daya tahan waterproof dan akibatnya air tidak cepat turun ketika terkena hujan. Saat hujan, cover mobil tentu tidak perlu dicuci kembali. Bahkan ketika ada noda pada cover, Anda cukup mencucinya dengan air bersih saja memakai selang atau sprayer tanpa harus memakai sabun cuci.

Jangan Menggunakan Detergen

Salah satu yang menjadi alasan tidak boleh sebarangan mencuci cover adalah pemakaian detergen. Kebanyakan orang awam akan menggunakan detergen untuk mencuci cover padahal hal itu salah. Detergen justru akan merusak cover mobil.

Jangan sesekali mengucek apalagi menggunakan sikat cuci ataupun green sponge yang kasar karena lama-lama semua itu akan merusak lapisan anti bocornya. Apabila ada noda yang sedikit membandel cobalah cuci dengan sabun atau sampo mobil yang lembut lalu gosok dengan sponge yang halus.

Jangan Lupa untuk Dikeringkan

Salah satu untuk mengeringkan cover mobil adalah dengan menjamurnya dan terkadang pengguna melupakan bagian penting ini untuk merawat cover mobil mereka. Jika Anda tidak memperhatikan ini maka cover mobil Anda akan cepat berjamur dan berembun. Cara yang baik adalah dengan menjemur hingga benar-benar kering supaya nantinya tidak menempel pada mobil dan menimbulkan embun.

Jika ada embun, maka ketika dipakaikan pada mobil akan membuat body mobil basah. Nantinya jika dibiarkan akan timbul bercak atau noda pada cat mobil.

Perlakuan Ketika Hujan

Apabila kendaraan Anda dalam keadaan pakai cover mobil habis kena hujan, jangan lupa untuk segera mengangkat covernya setelah hujan reda. Setelahnya tiriskan tunggu sampai kering semuanya. Jangan sampai ditunda sampai esok hari karena akan terjadi penguapan dan alhasil mobil Anda akan basah atau berembun seperti habis kena hujan atau covernya bocor. Atau tumbuh jamur yang merusak cat mobil.

Melipat Cover Mobil

Ketika mobil digunakan tentu pengguna juga harus memperhatikan bagaimana cara melipat cover mobil dengan benar, yaitu tarik cover mobil dari depan dan dari belakang sehingga bisa ditarik. Kumpulkan cover mobil dari berbagai sisi ke atas mobil dan hindari sebisa mungkin gesekan yang dapat merusak body mobil, setelah itu lipat menjadi satu dan digulung dengan rapi. Tidak sulit bukan?

Walaupun tampak ribet, sebenarnya melakukan perawatannya sangatlah mudah untuk dilakukan, namun sayangnya masih ada sebagian pemilik mobil yang mengabaikan hal ini. Tips-tips di atas baik untuk diterapkan dalam merawat cover mobil anda, dan perlu diingat bahwa hal ini harus rutin dilakukan mengingat daya tahan dari bahan cover mobil yang tidak lebih dari dua tahun. Selamat mencoba!

24 responses to “6 Tips Mencuci Cover Mobil Anti Air yang Baik dan Benar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − one =