Ketahui lah Salah Penggunaan Tutup Mobil bisa Menyebabkan Body Mobil Karatan

Jul 19, 2018 | Mobil | 0 comments

Saat ini banyak kita jumpai kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang menggunakan cover body sebagai pelindung. Baik pelindung dari sinar panas matahari maupun dari guyuran air hujan. Namun yang sering kita jumpai adalah cover yang digunakan atau diaplikasikan pada mobil.

Tutup mobil atau sarung mobil memang sering digunakan pada kendaraan roda empat. Tentu saja dengan banyak manfaat yang didapatkan dari penggunaan cover body mobil. Tetapi perlu anda waspadai, penggunaan cover body mobil juga bisa menimbulkan karatan pada body mobil anda.

Namun sebelum kita membahas karat pada mobil karena penggunaan tutup mobil, terlebih dahulu kita akan membahas manfaat yang didapatkan saat anda rutin menggunakan cover body mobil atau selimut mobil untuk diaplikasikan pada mobil anda yang terparkir.

Berikut Manfaat Penggunaan Tutup Mobil

  • Anti panas dan anti hujan

Seperti kita ketahui tujuan utama penggunaan cover body mobil adalah sebagai pelindung dari panas matahari dan juga hujan. Umumnya penggunaan cover mobil digunakan pada mobil yang diparkir di luar ruangan. Sehingga penggunaannya untuk tujuan rusaknya cat warna pada body atau cover mobil anda dari sinar ultra violet paparan panas matahari maupun dari guyuran air hujan.

Sinar ultra violet dari panas matahari dapat membuat cat warna pada body mobil anda mengikis. Sama halnya dengan kulit manusia yang terkena panas lama kelamaan akan menimbulkan masalah.

Oleh karena itu sebagai pengganti garasi tutup mobil dipilih cover body mobil untuk melindungi mobil dari panas matahari dan juga air hujan agar mobil tetap terjaga dan tidak memudar warna catnya dan kusam.

  • Anti debu dan anti gores

Mobil yang lama terparkir di dalam ruangan biasanya akan terlihat sangat kotor akibat debu dan juga kotoran-kotoran lain yang menempel pada body mobil anda. Namun dengan menggunakan cover body mobil, anda bisa meminimalisir jumlah debu dan juga kotoran. Karena body mobil anda tidak langsung terkena debu melainkan debu terlebih dahulu sudah menempel pada cover mobil anda.

Tutup mobil yang digunakan juga menghindarkan mobil anda dari goresan. Biasanya mobil yang terparkirĀ  akan sangat rentan terkena goresan dari benda-benda tumpul yang berada di sekitar mobil anda. Namun dengan menggunakan selimut atau cover body, mobil anda tidak langsung terkena goresan karena benda tumpul yang mengenai terlebih dahulu sudah terkena pada cover body mobil anda.

BACA LAGI  Kekurangan Menggunakan Cover Mobil Anti Air Terlalu Sering

Namun penggunaan tutup mobil juga bisa menimbulkan permasalahan lain, yakni umumnya kebanyakan kasus adalah menimbulkan karat pada body mobil anda. Hal ini bisa terjadi karena kelembapan pada body mobil sering kali tidak terkontrol. Air hujan atau sisa embun meresap ke dalam lapisan cover sehingga di body anda menimbulkan karat. Tentu saja ini menjadi masalah yang menyebalkan.

Oleh karena itu anda bisa mengikuti tips berikut ini untuk menghindari karat pada body mobil anda dengan menggunakan selimut atau sarung mobil yang tepat.

  1. Bahan yang digunakan

Sebaiknya anda cermat dalam memilih bahan material untuk cover body mobil anda. Hindari bahan yang terbuat dari 100 persen sintetis karena tidak mempunyai pori-pori sebagai jalannya udara untuk keluar masuk.

Bahan sintetis bisa menimbulkan karatan karena air yang meresap tidak bisa menguap. Oleh karena itu pilihlah cover body mobil yang terbuat dari bahan atau material yang mempunyai pori-pori besar sehingga memungkinkan udara untuk keluar dan masuk dengan lancar.

Anda tidak perlu khawatir untuk cover out door anda bisa memilih cover yang mempunyai lapisan coating. Jadi walaupun bahan berpori-pori namun air tidak bisa meresap. Selain itu pilihlah cover body mobil yang terbuat dari dua material. Yakni bahan yang luarnya tidak tembus air dan bagian dalamnya halus. Hal ini selain untuk menghindari karatan juga bermanfaat untuk menghindari goresan body mobil anda dengan bahan material dari cover mobil yang anda gunakan.

  1. Lakukan pemeriksaan secara berkala

Walaupun anda menggunakan material yang sudah pas dan sesuai namun sebaiknya anda tetap mengontrol kendaraan. Secara rutin anda bisa membuka cover body mobil anda untuk memberikan udara segar sehingga kelembapan udara bisa diatur dengan baik.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *